Sila Ke 2

Posted on

Apa itu sila ke 2 dalam Pancasila? Sila ke 2 dalam pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab, artinya kita harus menyayangi sesama saudara setanah air.

Mencintai sebangsa dan setanah air adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan bernegara tentunya dengan adab yang berlaku. Setiap sila dalam pancasila memiliki makna tersendiri, begitupun dengan sila ke 2 dalam panca sila yakni :

Mengembangkan sikap tenggang rasa

Tenggang rasa adalaah sikap sensitif yang harus di miliki oleh seseorang untuk mengtahui keadaan sekitar. Orang yang memiliki tegang rasa yang tinggi maka dirinya memiliki kasih sayang terhadap lainnya yang tinggi pula.

Makna Sila Ke 2

Hal ini dapat di lihat dari bagaimana mereka dalam menjalankan segala sesuatu, jika merka mampu memiliki toleransi yang tinggi maka tentu dirinya memiliki sifat tenggang rasa yang baik. Sila ke dua memiliki makna harus mengembangkan tenggang rasa.

Maka sebelum rasa itu berkembang terlebih dahulu di tanamkan dalam hati kemudian barulah di kembangkan. Hal ini agar setiap warna negara tidak ada yang mengintimidasi golongan lain yang akan meyebabkan pertikaian antar golongan manusia.

Sila ke dua memiliki makna harus mengembangkan tenggang rasa. Maka sebelum rasa itu berkembang terlebih dahulu di tanamkan dalam hati kemudian barulah di kembangkan. Hal ini agar setiap warna negara tidak ada yang mengintimidasi golongan lain yang akan meyebabkan pertikaian antar golongan manusia.

Saling mencintai sesama manusia

Mencintai sesama manusia adalah hal yang sangat penting dalam bernegara. Orang yang memiliki rasa cinta yang tinggi terhadap manusia lain. Maka dirinya tidak akan tega untuk membuat hati manusia lain terluka.

Banyak orang yang belum bisa mencintai manusia lain hal ini bisa di lihat dari beberapa kasus yang terjadi di negara ini. banyak kekerasan antar masyarakat dengan masyarakat  lain ini sungguh tidak mengamalkan sila kedua dalam panca sila.

Karena jika seseorang  mengamalkan sila kedua dalam panca sila maka dirinya akan mampu mencintai sesama manusia sehingga tidak ada pertikaian yang dapat membuat golongan lain terluka dan membuat pertikaian sesama manusia.

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan bernegara. Nilai kemanusiaan di muka bumi ini harus di tinggikan agar tidak ada satu golonganpun yang terluka.

Makna Sila Ke 2

Maka semua akan damai. Dengan menjujung tinggi nilai kemanusiaan maka kita akan menjalankan hidup dengan cara yang sangat damai. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan tentunya dengan cara toleransi setinggi mungkin dan menghargai orang lain.

Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan

Kegiatan kemanusiaan sangat penting di galakan demi menjaga kesejahteraan manusia yang kekurangan. Hal ini juga berlaku terhadap hal lainnya. seseorang yang sangat menyukai kegiatan kemanusiaan maka dirinya akan mudah untuk melakukan banyak hal.

Kegoatan kemanusiaan ni tentunya di adakan untuk membuat orang lain sejahtera dan sebagai bantuan terhadap orang yang hidupnya kurang beruntung. Sila kedua panca sila pun demikian di maka maknanya harus mampu menyebarkan kebaikan dengan kegiatan kemanusiaan.

Tidak semena-mena terhadap orang lain

Memperlakukan orang lain dengan cara semena – mena akan membuat orang lain merasa sakit hati. Maka dari itu anda harus memiliki rasa hormat dan menghargai terhadap orang lain sehingga tidak melukai hati orang lain.

Makna Sila Ke 2

Inilah juga yang menjadikan anda semakin mudah  dihargai orang lain. Sila kedua juga bermakna untuk memperlakukan orang lain sebaik mungkin tanpa melukainnya sedikitpun.

Berani membela kebenaran dan keadilan

Kebenaran dan keadilan memang harus di tegakan oleh banyak orang dan tentunya setiap orang harus memiliki hal tersebut.  setiap orang yang hidup harus mmapu mengekan kebenaran setinggi mungkin serta harus bersikap adil seadilnya terhadap orang lain.

Sila kedua pancasila bermakna bahwa kebenaran harus di tegakan berseta keadilan hal ini demi diri kita yang tenang.

Mampu melakukan yang baik demi kebenaran

Keebaikan dan kebenaran harus beriringan dalam menjalankan hidup. Hal ini karena setiap kebenaran yang ada tentu menjadi salah satu hal yang harus di egakan dengan baik. Jika anda seseorang yang benar maka anda tak perlu takut dalam berbuat baik.

Kebaikan adalah jalan kita untuk lebih maju lagi. sila ke dua pancasila adalah bermakna demikian makna anda harus menjalankan keduanya dengan benar.

Menjaga kepercayaan orang

Mendapat kepercayaan dari orang lain adalah hal yang sangat istimewa untuk kita semua. Hal ini pasalanya seseornag ang percaya terhadap kita adlaah orang yang mengerti betul tentang sifat baik kita.

Dalam hal ini menjaga kepercayaan orang lain juga tak kalah pentingnya. Setiap orang harus menjaga kepercayaan orang lain karena demi menjalankan hidup yang baik. Inilah bentuk amalan sila kedua dari pancasila.

Ramah dalam bermasyarakat

Ramah adalah salah satu bentuk amalan pancasila, karena dengan ramah artiinya kita dapat memanusiakan manusia dengan adab yang benar. Ini sangat penting dalam kehidupan bernergara. maka tetaplah menjadi seseorang yang ramah agar diri karena ini merupakan hal yang baik dalam hidup bernegara.

F.A.Q

Apa itu sila ke 2 dalam Pancasila?

Sila ke dua dalam pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab, artinya kita harus menyayangi sesama saudara setanah air.

BACA JUGA