Sila Ke 3

Posted on

Apa sila ke 3 dalam pancasila? Sila ke 3 dalam pancasila adalah kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Yang di lambangkan dengan pohon beringin yang berati masyarakat indonesia menjadi satu kesatuan meskipun dari suku yang berbeda – beda. Sila ke 3 ini memiliki makna sebagai berikut :

Menghormati Perbedaan

Setiap perbedaan tentu menjadi hal yang lumrah apalagi jika memiliki daerah asal yang berbeda – beda. Namun sebuah perbedaan tentu membuat hidup kita semakin berwarna.

Makna Sila Ke 3

Hal ini dapat anda rasakan saat anda merasa sendiri tentu anda merasa sepi namun jika banya orang maka akan ramai meskipun dari wilayah yang berbeda – beda. Sila ke 3 pancasila sangat menjujung tinggi untuk menghormati nilai perbedaan.

Sebuah negara dengan berbagai macam suku dan budaya serta bahasa bukan berarti kita tidak dapat bersatu. Cara yang paling mudah untuk membuat kita bersatu adalah dengan menghormati lainnya. untuk itu hormatilah segala perbedaan dalam hidup demi negara yang lebih maju dan berkembang.

Kebersamaan

Sebuah kebersamaan memang sangat mengasikan, apalagi jika berasal dari berbagai maam karakter tentunya akan semakin ramai. Hal ini juga berlaku untuk anda yang senang dengan kebersamaan.

Hal ini di karenakan banyak orang yang menyukai sesuatu keramaian maka dirinya akan mudah untuk ceria. Pancasila pada sila ketigapun demikian.

Makna Sila Ke 3

Hal ini karena kebersamaan sangat di butuhkan untuk mengembangkan bangsa dan mempertahankan kemerdekaan. Segala sesuatu yang di kerjakan dengan bersama maka dirinya akan mudah lebih enteng dalam menghadapi masalah.

Kebersamaan akan membangun jiwa dan rasa kasih sayang yang tinggi. hal ini karena kebersamaan akan membuat seseorang lebih bahagia dan mudah stress. Kebersamaan juga membuat terjadinya goton royong.

Persatuan Bangsa

Segala sesuaatu yang berbeda tidak akan membuat kta berjauhan. Hal ini karenaberbeda itu warna baru yang indah. Persatuan bangsa bisa di kembangkan dan di ciptakan dengan cara menerima sebuah perbedaan.

Persatuan bangsa adalah salah satu bentuk adanya nilai bangsa yang sempurna. Bisa di katakan bahwa tanpa adanya persatuan maka tidak ada kemerdekaan. Sesuatu yang berbeda tidak berarti harus di blok – blokan.

Hal ini malah akan menimbulkan sebuah persatuan. Nah untuk sila ke tiga panca sila memiliki makna yang demikian. Artinya bahwa perebadaan akan memperindah sebuah persatuan. Hal ini yang harus di pegang teguh oleh banyak orang.

Kepentingan Pribadi dan Golongan

Memiliki kepentingan pribadi tentu hak semua orang. hal ini karena setiap orang memiliki haknya masing  – masing dalam menjalankan hidupnya semakin indah. Kepentingan pribadi tentu menyangkut hal yang pribadi.

Namun anda harus bedakan mana keentingan pribadi dan mana kepentingan golongan. Kepentingan pribadi tidak bisa di campurkan dengan kepentingan golongan karena ini sesuatu yang berbeda.

Makna Sila Ke 3

Setiap orang yang mencampurkan kepentinganpribadi dan kepentingan golongan maka dirinya bukanlah orang yang profesional. Sila ke 3 dari pancasila adalah mengenai persatuan bangsa yang tentu hal ini mengenai kepentinganpribadi dan golongan.

Kepentingan golongan karena demi perdamaian tumbuh dan berkembang sedangkan jika pribadi maka tentunya mereka memiliki kepentingan pribadi untuk menjadikan hati mereka damai.

Rasa Nasionalisme

Nasionalisme yang ada pada diri manusia harus di tumbuhkan agar mereka bis mencintai negaranya sendiri tanpa mengolok – olokan negara lain. Selain itu rasa nasionalisme juga akan membuat anda semakin memiliki rasa kasih dan sayang terhadap kesejahteraan negaranya.

Menjadi seseorang  yang memiliki jiwa nasionalis memang tidaklah mudah apalagi jika orang tersebut masih merasa susah di berbagai bidang di bidang ekonomi misalnya. Hal ini akan membuat seseorang merasa acuh terhadap negaranya.

Namun inilah yang keliru karena sebenarnya bukan apa yang negara telah beikan tapi apa yang telah and aberikan untuk negara anda. inilah sebuah rasa nasiomalisme yang tinggi.

Bahkan beberapa orang yang merasa bahwa dirinya lebih nasionalis di bandingkan orang lain maka artinya orang tersebut masih kurang bisa mencintai dirinya dan negaranya.

Selain itu rasa nasionalisme juga akan membuat anda semakin memiliki rasa kasih dan sayang terhadap kesejahteraan negaranya. Menjadi seseorang  yang memiliki jiwa nasionalis memang tidaklah mudah apalagi jika orang tersebut masih merasa susah di berbagai bidang di bidang ekonomi misalnya.

Hal ini akan membuat seseorang merasa acuh terhadap negaranya. Namun inilah yang keliru karena sebenarnya bukan apa yang negara telah beikan tapi apa yang telah and aberikan untuk negara anda.

Inilah sebuah rasa nasiomalisme yang tinggi. bahkan beberapa orang yang merasa bahwa dirinya lebih nasionalis di bandingkan orang lain maka artinya orang tersebut masih kurang bisa mencintai dirinya dan negaranya.

Patriotisme

Memiliki jiwa yang patriotisme adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam bernegara. Hal ini karena seseorang yang memiliki jiwa patriotisme akan berkorban apa saja demi negaranya.

Pasalnya drinya tak ingin nantinya indonesia di jajah kembali. Bahkan beberapa orang yang memiliki jiwa patriotisme yang tinggi maka orang tersebut akan merasa bahwa dirinyalah yang akan mengorbankan nyawa untuk negara tercinta indonesia raya.

Itulah makna dari sila ke 3 pancasila yang bisa anda amalkan di kehidupan sehari – hari. Persatuan indonesia menjadi salah satu kunci utama negara ini merdeka.

Karena jika terbelah dan di blok – blokan maka akan menyebabkan kemerdekaan akan sulit untuk di capai oleh banyak suatu bangsa. Bersatulah meski tak sama karena perbedaan itu lambang keindahan.

F.A.Q

Apa sila ke 3 dalam pancasila?

Sila ke 3 dalam pancasila adalahkerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

BACA JUGA