Sila Ke 4

Posted on

Apa itu sila ke 4 dalam pancasila? Sila ke 4 dalam pancasila adalah kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawarakan perwakilan.

Yang di lambangkan dengan kepala banteng. Ini menandakan sebuah kepemimpinan yang harusnya di jalankan dengan baik dan benar serta yang paling utama dengan bijaksana. Makna sila ke empat dalam pancasila adalah

Kekuasaan Rakyat adalah Segalanya

Seseorang yang memiliki kekuasaan seharusnya di jalankan dengan se adil – adilnya. Hal ini karena sebagaian orang yang memiliki kekuasaan di semena – menakan.

Makna Sila Ke 4

Belum lagi beberapa korupsi yang terjadi di dalam negeri itu sangat membuat negeri kita malu karena para orang yang serakah. Jika ada sesorang yang memiliki  sifat tamak demikian artinya dia tidak mengamalkan sila ke empat dalam pancasila.

Hal ini karena di dalam sila ke empat panca sila seorang yang di percayai untuk menjadi pemimpin maka dirinya harus bisa bijak dan adil kepada semua rakyatnya. Tak hanya itu hal ini juga demi kemajuan rakyat, jika rakyat yang menderita maka berdosalah mereka para pemimpin.

Untuk itu harusnya sebagai seorang pemimpin mampu mewakili aspirasi rakyat dan juga mampu membuat rakyat sejahtera. Ini menadakan bahwa pemegang kekuasaan sesungguhnya adalah rakyat. Untuk itu makna sila ke empat ini adalah kekuasaan rakyat adalah hal yang segalanya.

Demokrasi

Memiliki masukan atau aspirasi adalah suatu hal yang sangat penting untuk di miliki oleh seseorang. Orang yang  memiliki aspirasi yang tinggi tentu akan membuat dirinya ingin melakukan usulan kepada pemerintahan yang terjadi.

Demokrasi di masa sekarang ini cukup tinggi, lebih maju dari jaman dahulu. Hal ini karean kebebasan berbicara yang di lakukan oleh banyak orang di anggap terlalu bebas bahkan biasanya ada yang sampai menentang pemerintahan bahkan mengolok – olokan pemerintahan.

Sila ke 4 pancasila adalah untuk membebaskan aspirasi masyarakat sehingga negara lebih maju. Hal ini karena tujuan sebuah negara adalah untuk masyarakatnya. Namun tetap saja semua ada aturan dan etika yang berlaku sehingga tidak ada kekerasan di dalamnya.

Mufakat

Mufakat merupakan salah satu cara yang paling baik dalam menyelesaikan sebuah masalah. Selain itu berbagai masalah hharus di selesaikan dengan keputusan bersama, hal ini hanya dapat di jalankan dengan cara musyawarah. 

Makna Sila Ke 4

Musyawarah adalah salah satu cara untuk mengumpulkan pendapat banyak orang dengan aspirasinya masing – masing. pancasila pada sila ke 4 memiliki makna untuk membuat sebuah mufakat yang mampu menampung ide – ide banyak orang.

Artinya bahwa para penguasa harus menjalankan mufakat terlebih dahulu untuk menyelesaikan sebuah masalah negara barulah di tindakan. Bukan dengan kepala panas dan keputusan secara sepihak. Hal ini tidak boleh di lakukan demi mengamalkan silake 4 dalam pancasila.

Menghargai Keputusan Bersama

Keputusan yang di ambil secara bersama artinya bahwa keputusan tersebut di ambil dari pemikiran banyak orang. hal ini hampir sama dengan mufakat.

Beberapa orang biasanya hanya bisa mengolok – olok hasil keputusan yang di ambil dan sudah di musyawarahkan oleh banyak orang dan tentunya perwakilan banyak pihak.

Sebaik – baiknya orang adalah oran ang mampu menghargai orang lain. Hal ini karena jika seseorang tidak mampu menghargai orang lain maka drinyalah boomerang dalam sebuah negara.

Makna Sila Ke 4

Dalam bernegara mengharagai pendapat serta keputusam yang telah di ambil secara bersama adalah suatu hal yang sangat penting untuk membuat sebua organisasi atau negara lebih maju lagi.

Maka dari sekarang mulailah untuk menghargai sesama. Dengan cara menghargailah kehidupan akan lebih damai dan tentram. Awalnya memang sulit namun lama kelamaan akan terbiasa.

Mengalah atau menghargai keputusan orang lain bukan sesuatu hal yang sangat memalukan tetapi ini adalah sebuah pendewasaan diri.

Bertangung Jawab

Bertanggung jawab adalah perbuatan dimana kita dapat menalankan tugas dengan baik dan amanah. Bertanggung jawab artinya jika nantinya terjadi sebuah pertikaian maka orang yang bertanggung jawab adalah mereka yang menjadi pemikir ide.

Bertanggung jawab merupakan suatu tindakan yang sangat dewasa. Karena seseorang yang dewasa tidak akan mengingkari janjinya terhadap orang lain. Ini sebagai bukti bahwa dirinya dapat di percaya.

Di sebuah negara orang yang berkuasa harus memiliki tanggung jawab yang penuh dalam menjalankan kinerjanya bahkan mengenai kesejateraan rakyatnya.

Dalam sila ke 4 pancasila seorang pemimpin haruslah orang yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap kesejahteraan masyarakatnya. Hal ini  karena kesejahteraan rakyatnya adalah salah satu tujuan dari terbentuknya pemerintah yang berdaulat.

Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk lebih amanah baik para penguasa yang tinggi ataupun yang menengah.

Itulah beberapa makna yang ada pada pancasila. dengan adanya makna ini maka di harapkan seorang pemimpin mampu menjalankan tugasnya lebih bijak lagi.

Makna yang bisa diungkapkan selanjutnya dalam peranan Pancasila khususnya sila keemapt ini ialah memberikan rasa bertanggung jawab dalam melaksanakan keputusan.

Hal ini tentusaja menjadi kemutlakan mengingat tanpa adanya rasa tanggung jawab kebijikan akan menyimpang dari kebutuhan masyarakat.

F.A.Q

Apa itu sila ke 4 dalam pancasila?

Sila ke 4 dalam pancasila adalah kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawarakan perwakilan.

BACA JUGA