Sila Ke 5

Posted on

Apa itu sila ke 5 dalam pancasila? Sila ke 5 dalam pancasila adalah keadilan bagi seluruh rakyat indonesia. Artinya bahwa segala program pemerintahan yang di jalankan adalah sebagaii salah satu hal yang  mampu membuat orang lain sejahtera.

Beberapa makna dari sia kelima pancasila adalah sebagai berikut :

Keadilan

Keadilan harus tatap di tegakan, meskipun hal ini cukup sulit karena banyak kepentingan sendiri. Keadilan menjadi salah satu kunci sebuah bangsa akan menuju lebih maju lagi.

Makna Sila Ke 5

Selain itu orang yang adil akan membuat dirinya lebih di sukai oleh banyak orang. sila kelima dalam pancasila adaah bermakna keadilan. artinya keadilan bagi setiap manusia harus di jamin dengan baik di bangsanya.

Adil

Adil adalah salah satu sifat yang mulai. Karena orang yang adil membuat orang lain merasa di hargai sehingga orang lain akan merasa aman di dekatnya.

Orang yang adil bukan hanya mereka yang memiliki mampu memberikan kebijakan tetapi meyakinkan bahwa hal apa yang di lakukan adalah sesuatu yang benar. Untuk sila ke 5 pancasila memiliki maknatentang adil, maka inilah tugas bagi para penguasa untuk adil agar rakyatnya sejahtera.

Hak dan Kewajiban

Hak dan kewajiban harus berjalan dengan sebaik  mungkin. Hal ini agar rakyat merasa bahwa dirinya di hargai oleh para pemimpinnya. Selain itu dengan para pemipin menjalankan kewajibannya dengan baik maka inilah saatnya bagi mereka untuk mendapatkan apresiasi dengan baik.

Makna Sila Ke 5

Beberapa orang yang memang lebih mementingkan hak dari pada kewajiban. Ini hal yang sangat wajar namun meski demikian hal ini tidak boleh di larut – larutkan karena akan membuat negara kita akan hancur bahkan kericuhan akan susah untuk di atasi.

Tentunya hal ini juga yang harus di terima oleh rakyat yakni mengenai hak dan kewajibannya harus terpenuhi. Makna dari sila ke lima pancasila adalah kita harus mendahulukan sebuah kewajiban barulah hak yang kita peroleh.

Bekerjasama

Melakukan hal bersama tentu bukan sebuah hal yang sulit untuk di jalankan. Bekerja sama akan meringankan beban anda dan juga akan menumbuhkan rasa kekeluargaan.

Hal ini bisa anda miliki jika anda dapat bekerja sama dengan orang lain. Bekerja sama tentu hal yang mulia karena saling membantu satu sama lainnya.

Makna dari sila kelima pancasila adalah untuk selalu bekerja sama antara pemerintah dengan rakyat. Hal ini karena setiap orang memiliki kewajibannya masing – masing untuk membuat negara ini maju dan sejahtera.

Dengan salin tolong menolong maka akan terciptalah sebuah keindahan dalam bernegara. Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk bekerja sama dengan orang lain dalam menyelesaikan sebuah problematika.

Kedermawanan

Menjadi seorang yang dermawan adalah tugas palin mulia. Dirinya mampu meringankan beban orang lain karena dirinya dapat menjadi seorang yang menciptakan sebuah kedamaian dalam hidup.

Orang yang dermawan adalah seseorang yang paling di cintai  oleh banyak orang. hal ini karena menjadi seorang dermawan bukanlah sesuatu yang mudah karena harus mengorbankan tenaga dan waktu untuk menolong orang lain.

Salah satu makna dari pancasila adalah dengan kedermawanan. Kita harus menjadi seseorang yang menolong banyak orang. karena  denga menolong maka setidaknya kita akan membuat orang lain bahagia.

Menjadi seseorang yang dermawan tentu bukan hanya amteri saja tentunya bisa dengan tenaga.

Kerja Keras

Bekerja keras akan membuat hidupmu selalu sukses dan bahagia. Orang yang bekerja keras tentunya dirinya memiliki cita – cita yang kuat sehingga dirinya memiliki ambisi yang kuat dengan cara bekerja keras.

Orang yang bekerja keras seperti orang yang tak memiliki lelah bahkan dirinya memiliki semangat yang tinggi. makna sila kelima adalah bekerja keras, hal ini karena sebuah pemerintah harus berkeja keras untuk membuat rakyatnya sejahtera.

Begitupun masyarakatnya untuk mampu bekerja keras agar dapat memiliki keadilan yang sejahtera.

Penghargaan

Penghargaan atau bentuk apresiasi adalah sebuah hal yang sangat istimewa. Ini jugalah yang membuat semangat kerja keras seseorang semakin tinggi. makna dari sila ke lima adalah penghargaan. Hal ini karena untuk memicu kerja orang agar lebih baik lagi.

Makna Sila Ke 5

Tolong Menolong

Tolong menolong adalah sebuha perbuatan terpuji bahkan bisa membuat orang lain merasa senang dan bahagia. Orang yang memiiliki jiwa tolong menolong adalah orang yang sangat baik.

Menolong orang tanpa pamrih artinya kita mengamalkan sila ke lima dalam pancasila. maka dari itu mulai sekarang tolonglah orang  yang membutuhkan agar orang lain tidak memiliki beban berat.

Menjauhi Sikap Negatif

Memiliki sifat negatif tidaklah menggambarkan seseorang yang patut untuk di baikin. Hal ini karena orang demikian bukanlah orang yang patut untuk di contoh dan tidak melambangkan sila kelima. Maka dari itu hindarilah sifat  negatif anda.

F.A.Q

Apa itu sila ke 5 dalam pancasila?

Sila ke 5 dalam pancasila adalah keadilan bagi seluruh rakyat indonesia. Artinya bahwa segala program pemerintahan yang di jalankan adalah sebagaii salah satu hal yang  mampu membuat orang lain sejahtera.

BACA JUGA