Manfaat Gunung Beserta Pengertian, Geologi dan Iklim

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas tentang manfaat gunung bagi kehidupan manusia serta pengertian gunung secara umum beserta geologi dan iklim yang disertai gambar. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

manfaat gunung

Pengertian Gunung

Gunung adalah sebuah bentuk tanah menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjulang tinggi jika dibandingkan dengan daerah sekitarnya”

Sebuah gunung umumnya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan bahwa gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai sebuah gunung.

gunung

Sebuah gunung umumnya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik ataupun gerakan epeirogenik. Pegunungan adalah kumpulan atau barisan gunung.

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan keindahan alam, mulai dari pantai, hutan, sungai, hingga gunung-gunungnya. Setiap keindahan itu mempunyai manfaat masing-masing dalam kehidupan. Salah satu manfaat yang disediakan alam terdapat pada gunung.

Manfaat Gunung

Gunung mempunyai manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia, berikutadalah beberapa penjelasan mengenai beberapa manfaat gunung.

gunung berapi
gunung berapi
  1. Menyuburkan Tanah

Abu vulkanik yang dikeluarkan gunung berapi mampu membuat tanah menjadi subur setelah mengalami proses bertahun-tahun. Hal ini yang membuat lahan di sekitar gunung berapi menjadi subur untuk ditanami berbagai jenis sayuran.

  1. Material yang Bermanfaat

Ketika mengalami erupsi, maka material yang dikeluaran gunung berapi akan sangat bermanfaat untuk dijual. Sepert pasir yang sangat baik digunakan sebagai bahan bangunan. Batu yang berguna untuk membangun rumah dan gedung-gedung bertingkat. Serta bahan tambang lain.

  1. Sebagai Tempat Penyimpan Air

Fungsi gunung yang lain adalah sebagai tempat penyimpan air. Gunung mengalirkan air ke daerah-daerah yang mempunyai ketinggian yang lebih rendah.

  1. Sebagai Objek Wisata

Keindahan gunung bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata. Salah satu objek wisata yaitu objek wisata Ketep Pass di Magelang dan gunung merapi sebagai objeknya. dan masih banyak lagi wisata lainya tentang gunung

  1. Pendakian

Akhir-akhir ini gunung banyak didaki oleh sebagian besar orang. Hal ini tentunya mempunyai dua dampak, dampak buruk dan dampak positif. Dampak buruknya yaitu mereka yang hanya melakukan pendakian sekadar hobi dan menjadikan gunung sebagai tempat sampah baru. Dampak positifnya yaitu orang-orang tergerak untuk mempunyai gaya hidup yang sehat dengan berolahraga melakukan pendakian ke gunung.

Geologi

Ada tiga jenis tipe utama dari gunung. Gunung api, gunung lipatan, dan gunung patahan.

Ketiga tipe ini terbentuk dari lempeng tektonik saat bagian dari kerak bumi bergerak, roboh serta tenggelam. Tenaga endogen, pengangkatan isotasi dan intrusi magma mengangkat lapisan batuan ke atas kemudian membentuk sebuah dataran yang lebih tinggi dari dataran sekitarnya.

Ketinggian dari pengangkatan ini membentuk bukit, jika bukitnya lebih tinggi dan curam maka terbentuklah gunung. Pegunungan utama cenderung terbentuk pada garis panjang yang menandakan batas dan aktivitas sebuah lempeng tektonik.

Iklim

Iklim di pegunungan menjadi lebih dingin pada setiap naiknya ketinggian. Hal ini terjadi disebabkan karna pemanasan bumi oleh matahari yang terjadi secara radiasi. Matahari memanaskan daratan secara radiasi.

Sementara itu, efek rumah kaca memiliki fungsi bagaikan selimut yang merefleksikan kembali panas ke bumi. Jika efek rumah kaca ini tak ada, maka panas itu akan kembali ke ruang angkasa. Efek rumah kaca ini yang menyebabkan udara di dataran rendah terasa hangat. Saat ketinggian bertambah, efek rumah kaca akan berkurang, sehingga temperature sekitar menurun.

Demikianlah manfaat gunung beserta pengertianya, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :