Materi Pramuka Siaga : Makalah, Pengertian, Rangkuman dan Permainan

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan menjelaskan secara lengkap tentang matei pramuka siaga yang meliputi pegertian, makalah, rangkuman dan permainan. untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

materi pramuka siaga
materi pramuka siaga

Pengertian Pramuka Siaga

Siaga merupakan sebutan anggota Pramuka yang memiliki umur 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan pada masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu saat rakyat Indonesia mensiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan ditandai berdirinya Boedi Oetomo tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

Satuan Satuan terkecil pada Pramuka Siaga disebut Barung dan satuan-satuan dari beberapa barung disebut Perindukan.Setiap Barung beranggotakan 5-10 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung yang dipilih anggota Barung itu sendiri.

Masing-masing Pemimpin Barung ini nanti akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama yang disebut dengan Sulung. Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang dipimpin Sulung.

Dalam Pramuka Siaga terdapat tiga tingkat, yaitu:

  1. Mula
  2. Bantu
  3. Tata

Setiap anggota Barung yang sudah menyelesaikan SKU ( Syarat Kecakapan Umum ) berhak mengenakan TKU ( Tanda Kecakapan Umum ) sesuai tingkatannya yang dikenakan pada lengan baju sebelah kiri dibawah tanda barung berwarna dasar hijau. TKU untuk Siaga memiliki bentuk sebuah janur atau disebut Mancung yakni bunga pohon kelapa yang baru tumbuh

Kode Kehormatan Pramuka Siaga

Kode Kehormatan bagi Pramuka Siaga, terdiri dari:

1. Janji Dwisatya, selengkapnya berbunyi:

Dwisatya

  • Demi kehormatanku aku berjanji akan bersunguh-sungguh:
  • Menjalankan kewajiban Tuhanda Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menurut aturan keluarga.
    Setiap hari akan berbuat kebaikan.
Baca Juga :  Pengertian Narkoba, Jenis-Jenis dan Dampak (Lengkap)

2. Ketentuan moral yang disebut Dwidarma, yang berbunyi:

Dwidarma

  • Siaga patuh pada ayah dan ibunya.
  • Siaga berani dan tak putus asa.

Materi Pramuka Siaga

Sementara pada materi latihan Pramuka Siaga merupakan sekumpulan standar kompetensi yang wajib dipenuhi oleh setiap anggota pramuka siaga. Materi-materi itu disiapkan dalam latihan pramuka yang diolah dengan sebuah permainan.

Materi yang dibungkus pada bentuk permainan ini mengandung unsur pendidikan serta nyanyian yang menarik dan menyenangkan. pelaksanaannya, materi latihan materi latihan diharapkan memiliki sifat modern, bermanfaat dan taat pada asas-asas.

jumlah materi pramuka siaga dibagi pada beberapa area yaitu :

Area Pengembangan Sosial :

Pramuka Siaga Mula : Mengenal anggota keluarga, teman dalam satu barung, dan mengenal teman satu perindukan.
Pramuka Siaga Bantu : Mengenal lingkungan dan mengetahui aturan-aturan sosial yang berlaku lingkungannya.
Pramuka Siaga Tata : Taat pada peraturan sosial yang berlaku di lingkungannya. Serta melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab juga mengetahui wawasan kebangsaan.

Area Pengembangan Intelektual :

Pramuka Siaga Mula : Mengenal pengetahuan, teknologi dan keterampilan kepramukaan dengan baik.
Pramuka Siaga Bantu : Bisa melaksanakan pengetahuan teknologi dan keterampilan kepramukaan serta dapat memanfaatkannya.
Pramuka Siaga Tata : Bisa menceritakan pengetahuan dan teknologi serta keterampilan kepramukaan yang dimilikinya pada barung dan perindukan

Permainan Pramuka Siaga

Berikut adalah beberapa permainan yang bisa dimainkan  pramuka siaga dan beberapa fungsinya

Permainan Rebut dan Rampas

Nama permainan ini yaitu Rebut dan Rampas. Dalam permainan ini kamu perlu mempersiapkan peralatan, tongkat atau sapu lidi yang dibagikan pada setiap anggota dalam regu. Tujuan dari permainan rebut dan rampas ini yaitu melatih kecekatan dan kekompakan tiap regu.

Teknis bermainnya yaitu diawali dengan semua peserta kemudian membentuk lingkaran, jarak antar orang kira-kira 1 meter. Setiap peserta memegang tongkat hingga bisa berdiri tegak di lantai.

Baca Juga :  Pengertian Teluk Adalah - Manfaat, Contoh Dan Gambar

Jika sudah ada kode instruksi “Ya”, tongkat harus dilepas dari pegangan dan peserta secepat mungkin menangkap tongkat teman yang ada di sebelah kanannya. Peserta bisa mendapat diskualifikasi jika tongkat lebih dulu jatuh.

Permainan Pramuka Mudah Petani dan Pencuri

Permainan berikutnya yang tak kalah seru yaitu Petani dan Pencuri. Kamu perlu mempersiapkan alat yang tak sulit untuk didapatkan, hanya sebuah karet gelang, kantong kacang atau potongan kain, dan sebuah apel.

Permainan ini dimainkan untuk melatih kecepatan. Mulanya peserta membentuk sebuah lingkaran dan salah satu peserta menjadi pencuri harus menyingkir terlebij dahulu atau keluar dari ruangan. Saat pencuri itu di luar, harus ada seorang peserta yang ditunjuk sebagai petani.

Jika sudah siap, maka dimulailah permainan ini. Letakkan sebuah benda di tengah lingkaran. Lalu si pencuri datang dan berjalan mengitari lingkaran. Untuk mencuri benda itu, si pencuri bisa melalui dari sudut lingkaran mana saja. Lalu tugas petani menangkap si pencuri saat sudah menyentuh benda tersebut.

Yang harus pencuri lakukan yaitu berusaha untuk keluar dari lingkaran tersebut, melalui jalan masuk yang ia lewati tadi, dan pencuri dianggap berhasil dan selamat jika bisa keluar tanpa tertangkap. Jika pencuri tertangkap, maka petani tersebut menjadi pencuri, kemudian dipilihlah seorang petani baru.

Permainan Pramuka Outdoor Loncat Berantai

Loncat berantai, permainan loncat berantai dilakukan untuk melatih kekuatan, kecepatan, dan kekompakan regu. Teknisnya, tiap-tiap peserta dalam satu regu membentuk barisan vertikal ke arah depan, dengan jarak antar orang yang berada di depannya yaitu satu lengan. lalu semua peserta membungkuk.

Garis finish ada di 15 meter dari garis start atau dari posisi peserta yang terdepan. Jika permainan sudah dimulai, peserta paling belakang harus melompati teman-temannya sampai semua terlewati.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Tegnologi Komunikasi Pembahasan Lengkap

Saat sudah terlewati semua, peserta membungkuk kembali, kemudian peserta yang paling belakang berikutnya juga melakukan hal yang sama. Lompatan terus berantai sampai ada yang sampai di garis finish lebih dahulu, dan itulah pemenangnya.

Demikianlah pembahasan tentang artikel ini, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :

 

Materi Pramuka Siaga : Makalah, Pengertian, Rangkuman dan Permainan
5 (100%) 1 vote[s]