Materi Safety Talk

Posted on

Materi Safety Talk – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan memabahas tentang pelajaran Bahasa Inggris yang bertemakan Materi Safety Talk untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah penjelasan yang ada dibawah ini.

Safety Talk, tool box meeting ataupun yang sering kita sebut juga dengan briefing harian ialah salah satu program untuk keselamatan serta kesehatan kerja (K3).

Yang akan dilakukan rutin setiap kita sebelum memulai sebuah pekerjaan serta diikuti oleh seorang pengawas lapangan, hse serta pekerja ataupun karyawan.

materi safety talk ringan

Yang membahas soal tata cara kerja yang sangat aman serta hal-hal yang terkait dari keselamatan serta kesehatan kerja yang entah itu sebuah prosedur kerja, rambu-rambu keselamatan, instruksi kerja, pembagian tugas ataupun yang lainnya.

Untuk memaksimalkan dari penyampaian safety talk atau tool box meeting supaya mudah untuk dimengerti serta dapat berjalan dengan baik, sebelum kita menyampaikan safety talk ataupun tool box meeting yang didepan pekerja.

Disarankan bagi menyiapkan materi yang terlebih dahulu supaya saat berbicara didepan sang pekerja kita tidak akan gugup, langsung pada inti utamanya serta diusahakan memperagakan apa yang akan disampaikan dengan kode dari tubuh, agar pekerja untuk mudah mengerti.

Banyak sekali dari kita sangat bingung agar menyampaikan tentang Safety Talk, bahkan sampai kita adalah seorang praktisi HSE yang kehabisan materi berbicara yang di depan pekerja.

mengapa seseorang praktisi HSE dapat merasa bingung disaat membawakan tentang Safety Talk? Kenapa dapat demikian? ya alasannya di banyak sekali perusahaan apalagi tentang kontraktor.

Safety Talk yang dilakukan di setiap hari, setiap memulai dari pekerjaannya kita sangat di wajibkan agar menyampaikan materi yang sangat berkaitan soal Keselamatan Kerja di pekerjaan pada hari itu yang akan kita lakukan.

Apabila kita juga akan membawa materi didepan para pekerja, pastikan kalian juga menyampaikan pesan dari safety talk ini dengan sangat tepat pada para pekerja.

Misalnya saja kita akan melakukan pekerjaan di ketinggian, sampaikanlah materi soal bekerja di ketinggian jangan sampaikan materi yang diluar dari itu, mari kita juga menyimak kumpulan materi tentang safety talk harian yang berikut ini

Pengertian Safety Talk

Safety talk ialah sebuah cara agar mengingatkan perkerja yang mengenai pentingnya kesehatan serta keselamtan kerja di tempat kerja. Materi – materi yang akan diberikan didalam safety talk.

Sifatnya spesifik yang terdapat di tempat kerja serta tak harus dilakukan di ruangan khusus. Misalnya soal peralatan, bahan, material serta proses pekerjaan yang sering sekali dilakukan pada setiap hari. Safety Talk biasanya juga dilakukan selama 5 – 10 menit.

Dan berikut ini adalah contoh-contoh dari Safety Talk.

Contoh Safety Talk

1. Safety Talk Untuk Pemakaian Alat Pelindung Diri

Alat Pelindung Diri yang berguna melindungi pekerja dari pada berbagai macam kecelakaan yang memungkin bisa terjadi.

Misalnya saja tertimpa benda yang jatuh, tertusuk sebuah benda tajam, terpotong dengan benda tajam, terjatuh dari sebuah ketinggian serta yang lainnya.

materi safety talk yang mengenai pemakaian dari alat pelindung diri atau APD penting untuk disampaikan dikarenakan teringat pentingnya sebuah peran APD didalam upaya meminimalisir terjadinya sebuah kecelakaan kerja.

2. Safety Talk Untuk Cuaca Yang Buruk

Pada akhir ini cuaca sangat buruk sering terjadi dinegara Indonesia, terutama pada kota yang sedang saya tempati yakni Bandar Lampung, angin kencang telah tak asing tiba -tiba saja datang hujan lebat pula tak jauh dari pandangan.

Safety talk yang mengenai peringatan tentang mewaspadai cuaca buruk begitu penting agar bisa disampaikan dikarenakan hal ini bisa untuk mengingatkan pekerja.

Dikarenkan resikonya yang bisa terjadi apabila kita tetap bekerja didalam situasi serta cuaca seperti itu, mungkin saja materi safety talk ini dapat bermanfaat.

3. Safety Talk Untuk Pengangkatan Secara Manual

Seringkali kita juga mendengar keluhan dari pekerja selepas dari mengangkat material yang tiba-tiba saja mengeluh badan yang terasa nyeri, sakit ataupun yang lainnya.

Itu dapat saja disebabkan karena cara pengangkatannya yang salah serta tumpuan tenaga agar bisa menopang material itu keliru.

kita sebagai seorang pengawas ataupun praktisi HSE tentu saja akan berkewajiban menjelaskan yang bertema bagaimana cara untuk pengangkatan material dengan manual yang benar.

Agar para selepas mengangkat semua para pekerja tak merasakan akan hal-hal yang seperti itu lagi, mungkin saja materi safety talk itu dapat saja bermanfaat

4. Safety Talk Untuk Keselamatan Kerja Konstruksi

Program keselamatan serta kesehatan kerja di kontraktor terutama dipekerjaan konstruksi begitu penting, terutama didalam menjalani sebuah program safety talk ini.

Kita harus juga selalu mengingatkan serta memberikan arahan pada pekerja yang sebelum memulai dari pekerjaan supaya pekerja selalu saja mengingat bahwa sanya bahaya dapat terjadi kapan saja bagi yang masih saja bingung menyampaikan sebuah pesan safety talk kepada pekerjaan konstruksi

5. Safety Talk Pengoperasian Crane

Pengoperasian crane ialah sebuah pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh operator yang ahli didalam bidang itu.

Apabila crane yang dioperasikan oleh para operaor yang tidak handal bisa-bisa bukan hanya pekerjaan yang selesai tapi akan berdampak sangat buruk bagi pekerjaan itu.

Disini kami juga menyarankan supaya kita dilapangan untuk menyampaikan safety talk soal pekerjaan pengoperasian crane.

Supaya untuk kedepannya dapat mewujudkan bekerja yang sangat aman, selamat serta selalu mementingkan dari keselamatan serta kesehatan kerja.

6. Safety Talk Bahaya Untuk Mengambil Jalan Pintas Dalam Bekerja

Tergesa-gesa dapat mencelakakan diri kita semua, dari sebuah pengalaman kita semua, terburu-buru serta tergesa-gesa dipekerjaan ternyata begitu kecil sekali pengaruhnya kepada peningkatan produksi kita saat ini.

Apapun alasannya yang terburu-buru ataupun tergesa-gesa yang akan cenderung membuat kita bisa melakukan sebuah tindakan yang tak aman yang bisa mencelakakan diri kita juga.

7. Safety Talk Bahaya Selalu Untuk Mengintai Diri Kita

Dimanapun lokasi dari tempat kita bekerja saat ini pastinya bahaya itu selalu ada, jinakkanlah bahaya itu menggunakan cara mengidentifikasi sumber dari bahaya yang terdapat serta membuat rencana untuk pengendaliannya.

Materi safety talk pada kali ini yang bertujuan bagi memberi motifasi supaya kita tak lupa untuk mengingatkan semua pekerja yang akan bahaya yang terdapat dilokasi kerja.

Dikarenakan bahaya itu dapat menimpa siapa saja, yang dimana saja serta kapan saja.

8. Safety Talk Material Safety Data Sheet (MSDS)

sebenarnya begitu penting untuk dilakukan, dikarenakan MSDS itu sendiri didalamnya ada penjelasan soal potensi bahaya apa saja yang akan terkandung dimaterial itu.

Bagaimana cara untuk pencegahan apabila bahaya itu bisa menimpa diri kita serta didalamnya ada mengenai penjelasan tentang material kimia yang berbahaya apa saja yang akan dipakai.

9. Safety Talk Yang Mengenai Bahaya Kejatuhan

Pada akhir-akhir ini kita sangat dikagetkan dengan berita tentang meninggalnya warga disebabkan kejatuhan besi dari para pekerjaan proyek.

Disaat tertimpa besi itu sebelumnya wanita itu sedang berbelanja sayur di sebuahpasar Rusunawa, dari pada kejadian ini kami mengangkat tema bahayanya kejatuhan untuk selalu bisa mengingatkan para pekerja yang ada dilapangan.

Yang melalui sebuah safety talk harian supaya pekerja yang selalu berhati-hati serta tidak gegabah didalam bekerja diketinggian sehingganya bisa saja menyebabkan terjadinya jatuhnya material ataupun yang lainnya yang dapat menimbulkan korban jiwa yang bisa menimpa rekan kerja ataupun orang lain.

10. Safety Talk Untuk Kebersihan Lokasi Kerja

Kebersihan pada lokasi kerja begitu penting di dunia industri untuk pekerja, dikarenakan dari kebersihan lokasilah kita bisa merasa nyaman disaat melaksanakan sebuah pekerjaan, berkurangnya resiko akan terjadinya kecelakaan dalam berkerja.

kita bisa untuk menyampaikan materi soal kebersihan lokasi kerja yang melalui safety talk agar bisa mewujudkan tenaga kerja yang sangat sehat serta mengurangi potensi untuk terjadinya sebuah kebakaran.

Selesai Pembahasan kita kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan bisa membantu kalian semua, kemudian kami berterima kasih sudah berkunjung dan menyimak sampai akhir.

Baca Juga Lainnya :