Membaca Ekstensif – Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis dan Cara Membaca

Posted on

Membaca Ekstensif – Apa itu yang di maksud dengan membaca ekstensif ?-yaitu merupakan teknik membaca dalam hati. untuk lebih jelasnya kami akan mengulas materi makalah pengertian, tujuan, jenis-jenis, dan cara membaca kalimat ekstensif. Jadi, Simaklah penjelasannya di bawah ini.

membaca ekstensif

Pengertian Membaca Ekstensif

Membaca Ekstensif merupakan teknik membaca dalam hati dimana pembaca harus bisa membaca wacana panjang dalam waktu yang terbatas Membaca ekstensif disebut juga dengan membaca sekilas atau membaca dangkal.

Pengertian membaca ekstensif yang lain yaitu, membaca ekstensif adalah membaca wacana dengan cepat dan menyeluruh untuk memeroleh isi atau makna dari teks atau wacana. Hal yang perlu perhatikan dalam membaca cepat atau membaca ektensif ini yaitu teks yang akan dibaca biasanya beragam dan luas dan waktu untuk membacanya harus singkat.

Tujuan Membaca Ekstensif

Dalam saat-saat yang mendesak dimana kita dituntut untuk mengetahui suatu isi wacana, maka kita dapat menggunakan teknik membaca ekstensif. Membaca menggunakan teknik ini selain untuk mengetahui gambaran suatu wacana, juga memiliki tujuan lain, antara lain:
  1. Dapat mengetahui gambaran atau isi suatu wacana secara keseluruhan (umum).
  2. Mengetahui isi buku secara umum dalam waktu yang singkat.
  3. Mengetahui kesan orang lain terhadap suatu karya (wacana).
  4. Mendapatkan bahan (referensi) yang diinginkan.

Jenis-Jenis Membaca Ekstensif

Membaca Ekstensif.
Membaca Ekstensif.

1. Membaca Sekilas

Membaca sekilas merupakan teknik membaca cepat untuk mengetahui informasi yang ada dalam teks dengan mencari melalui poin yang ada dalam teks. Membaca sekilas juga disebut dengan skimming atau scaning. Menurut pendapat Soedarsono, skimming berfungsi mengetahui informasi teks berupa tema atau isi wacana, opini atau pendapat orang dan informasi lainnya.

2. Membaca survey

Tipe ini adalah jenis membaca ekstensif yang bertujuan untuk mengetahui hal-hal umum mengenai suatu teks. Misalnya anda hanya membaca dari judul, daftar isi, nama pengarang, ruang lingkup bacaan, testimoni, dan lain-lain. Pada umumnya kita melakukan membaca survey dalam pencarian bahan referensi untuk menunjang karya yang kita susun.

3. Membaca dangkal

Membaca dangkal atau dikenal dengan ( superficial reading ) adalah jenis membaca ekstensif yang hanya bertujuan untuk mengetahui informasi secara dangkal (bersifat umum) dari teks atau wacana yang hendak dibaca. Jika membaca ekstensif, pembaca hanya dapat mengetahui hal-hal yang bersifat umum.

Teknik dan Cara Membaca Ekstensif

Teknik membaca ekstensif
Teknik membaca ekstensif

Dalam membaca Ekstensif ada beberapa teknik dan cara , yakni :

1. Teknik Baca-Lompat (Skipping)

Teknik membaca ini dlakukan dengan cara melompati bagian bacaan atau buku yang dianggap tidak berisi informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.

2. Teknik Baca-Pilih (Selecting)

Teknik membaca ini dilakukan dgengan cara yakni memilih bagian dari suatu bacaan atau buku yang berisi informasi yang dibutuhkan dan tidak harus membaca bacaan atau buku tersebut secara keseluruhan.

3. Teknik Baca-Tatap (Scanning)

Teknik membaca ini merupakan teknik membaca sekilas dan cepat namun teliti. Dengan menggunakan Teknik membaca ini kita dapat mengetahui informasi khusus dalam sebuah bacaan seperti mencari arti kata dalam kamus, mencari istilah dalam ensiklopedia dan lain sebagainya.

4. Teknik Baca-Layap (Skimming)

Teknik ini adalah cara membaca sekilas suatu bacaan atau buku secara menyeluruj untuk mengetahui gambaran secara umum dari bacaan tersebut misalnya mencari topik bacaan, isi buku dan hal penting lainnya.

Sedangkan,Untuk memudahkan membaca ekstensif agar mendapatkan informasi dalam waktu yang terbatas, maka kita dapat mengubah informasi yang kita inginkan menjadi bentuk pertanyaan. Maka dengan demikian, kita dapat menggunakan rumus 5w + 1 H. Yaitu:
  • What = apa? Untuk menyakan apa yang menjadi topik, atau apa yang menjadi permasalahan dalam sebuah wacana atau isu.
  • When = Kapan? Untuk mengatahui perihal waktu dari wacana yang ingin diketahui.
  • Where = Dimana? Untuk mengetahui perihal tempat.
  • Why = Mengapa? Untuk mengetahui perihal alasan dari sebuah tindakan.
  • Who = Siapa? Untuk mengetahui subjek atau pelaku.
  • How = Bagaimana? Untuk mengetahui cara, prosedur, atau metode yang ingin diketahui.

Demikianlah pembahasan kami kali ini, Semoga Bermanfaat..

Artikel Lainnya :