Metamorfosis Kupu Kupu – Siklus, Proses, Ciri, Gambar, & Penjelasannya

Posted on

Metamorfosis Kupu Kupu – Kupu-kupu merupakan hewan jenis serangga termasuk dalam Ordo Lepidoptera. Hewan yang identik dengan keindahan saat dipandang dengan mata dan menjadi simbol kecantikan ini adalah hewan diurnal. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Metamorfosis Kupu Kupu di bawah ini.

Metamorfosis Kupu kupu

Definisi Kupu-Kupu

Kupu-kupu merupakan hewan jenis serangga termasuk dalam Ordo Lepidoptera. Hewan yang identik dengan keindahan saat dipandang dengan mata dan menjadi simbol kecantikan ini adalah hewan diurnal (Aktif di siang hari) berbeda dengan ngengat yang menjadi hewan jenis nokturnal (Aktif di Waktu Malam). Kupu-kupu mempunyai jumlah Spesies yang cukup banyak yaitu sekitar 600 Spesies yang diketahui di pulau Bali dan Jawa.

Tahapan/ Siklus Metamorfosis Kupu-kupu

Tahap Metamorfosis Kupu Kupu

Setiap tahap fase perubahan tentunya mempunyai cirikhas yang berbeda-beda. Misalnya, pada saat fase ulat maka kupu kupu perlu makan banyak, dan saat menjadi kupu dewasa maka akan mengalami masa kawin yang kemudian akan berkembangbiak lagi. Tergantung pada jeniskupu-kupu, siklus hidup kupu-kupu bisa berlangsung mulai dari satu minggu bahkan beberapa spesies kupu kupu dapat hidup hingga 4 minggu atau sekitar 1 bulan. Adapun penjelasan lengkapnya mengenai fase-fase metamorfosis kupu-kupu yakni sebagai berikut :

1. Telur

Telur kupu kupu

 

Pertama kupu-kupu dewasa akan meletakkan telurnya pada ranting dan daun. Kupu-kupu dewasa akan mencari daun kesukaan yang menjadi ulat nantinya. Karena setiap kupu-kupu memiliki makanan favorit sendiri-sendiri. Biasanya kupu-kupu akan meletakkan telurnya di ujung daun atau di bawah daun. Menetaskan telur tidak memerlukan waktu yang lama hanya sekitar 3-5 hari saja.

2. Larva (ulat)

Larva (ulat)

Fase ini adalah tahap setelah telur menetas. Ulat ini merupakan proses yang sedikit menjijikan dari kupu-kupu yang indah. Setiap hari larva ulat ini akan memakan dedaunan yang ada di sekelilingnya dan memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Ulat juga mampu berganti kulit sekitar 5 sampai dengan 6 kali. Setalah larva makan dengan maksimal dan pertumbuhan maksimal maka dia akan berhenti makan. Setelah itu larva akan mencari tempat untuk melakukan proses selanjutnya berubah menjadi kepompong.

3. Pupa (Kepompong)

Pupa (Kepompong)

Tahap pupa merupakan salah satu tahap yang cukup unik dari fase metamorfosis kehidupan kupu-kupu. Setelah ulat tumbuh dan mencapai panjang penuh, mereka membentuk diri menjadi Pupa, yang juga dikenal sebagai kepompong. Dari luar kepompong, kelihatannya ulat itu mungkin hanya beristirahat dan tampak tidak melakukan aktivitas, Padahal sebenarnya di dalamnya terdapat proses perubahan yang dilakukan. Di dalam pupa, ulat selanjutnya dengan cepat berubah bentuk

4. Imago (Kupu-Kupu Dewasa)

Imago (Kupu-Kupu)

Imago adalah proses dimana kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu yang indah. Kupu-kupu ketika keluar dari kepompong bentuk sayap kupu-kupu masih kecil, kusut dan basah karena masih ada cairan. Cairan ini juga berguna membantu pembesaran sayap kupu-kupu. Cairan ini di sebut dengan hemolymph. pertama kalinya kupu-kupu akan merangkak ke atas dahan, agar tubuhnya mengering dan sayapnya bisa berfungsi dengan normal. Untuk menunjang pertumbuhannya kupu-kupu dewasa kan mencari bunga untuk menyerap sari atau nektar bunga pada siang hari.

Perilaku Kupu-Kupu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kupu-kupu adalah hewan yang aktif di siang hari. Maka dari aitu jarng menemukan kupu-kupu di malam hari. Setelah berubah menjadi kupu-kupu organisme ini dapat terbang, namun  berbeda dengan burung yang bisa terbang sangat tinggi, kupu-kupu bisa terbang hanya sekitar 2 sampai dengan 3 meter saja, cukup rendah.

Kupu-kupu juga terbang untuk mencari makan, Jika kalian pernah melihatnya bergerompol, itu artinya mereka sedang mengalami fase reproduksi. Pada fase reproduksi ini kupu-kupu jantan akan membuahi kupu-kupu betina, kemudian kupu-kupu betina yang akan bertelur untuk membentuk organisme baru. Kubu-kupu umumnya memulai fase kawin atau reproduksi setelah 5 atau 6 hari keluar dari kepompong.

Ciri-Ciri Kupu-Kupu

Ciri dari kupu kupu yang mudah dilihat, ialah memiliki sayap yang indah serta warna warni. Sebenarnya sayap kupu kupu selain  berguna sebagai alat untuk terbang, yaitu untuk mengelabui para predator. Selain itu, kupu kupu memiliki berbagai macam jenis . Di Indonesia sendiri terdapat 2.500 jenis kupu kupu.

Dalam klasifikasi ilmiah kupu kupu adalah hewan yang termasuk kedalam kerajaan animalia, memiliki ordo lepidoptera serta kelas insecta. Meskipun tidak sulit membedakan kupu-kupu dengan hewan yang lain, namun ada baiknya kita mengenali ciri-ciri kupu, Adapun ciri-ciri kupu-kupu yang harus kalian ketahui yaitu sebagai berikut :

  • Kupu kupu merupakan jenis hewan yang bersayap, dengan sayap transparan, warna yang dihasilkan sayap sehingga menjadi terlihat indah merupakan dari sisik.
  • Ada 2 jenis kupu kupu, pertama kupu-kupu yang aktif pada siang hari, dan kupu kupu yang aktif pada malam hari.
  • Kupu kupu adalah hewan dengan metamorfosis sempurna yaitu mulai dari telur, ulat, kepompong hingga menjadi kupu kupu dewasa yang indah.
  • Kupu kupu mempunyai ciri khusus, jika sedang hinggap di daun atau tempat lainnya ia selalu membentangkan sayap indahnya. Berbeda dengan kupu kupu yang hidup dimalam hari seperti ngengat, memiliki warna sayap yang lebih kelabu dan kusam, serta cendrung kurang menarik. Kupu kupu dan ngengat ini masih bersaudara.
  • Kupu kupu memiliki kaki sebanyak 3 pasang. Kupu kupu memiliki kaki yang begitu halus, sehingga tumbuhan yang ia hinggapi takan mungkin rusak.
  • Dalam hal pernapasan kupu kupu menggunakan atau memanfaatkan trakea yang terdapat pada bagian dada. Trakea sendiri adalah sejenis rongga tempat masuk oksigen, kupu juga membutuhkan oksigen dalam kadar banyak.
  • Memiliki sepasang sayap yang lebar melebihi besar tubuhnya, terdiri dari sayap bagian atas serta bawah. Dengan adanya dua sayap tersebut, Memudahkan kupu kupu untuk terbang.
  • Berkembang biak dengan cara bertelur.
  • Makanan kupu kupu yaitu yang bersifat cair, semisal serbuk, nektar dan sari dari lumpur.
  • Kupu kupu mempunyai belalai yang berguna sebagai alat penghisap nektar atau bunga.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Metamorfosis Kupu Kupu. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :