Metamorfosis Tidak Sempurna – Pengertian, Jenis, Gambar, dan Contoh

Posted on

Metamorfosis Tidak Sempurna – Metamorfosis tidak sempurna merupakan salah satu dari jenis metamorfosis di mana secara teori serangga menetas dari telur kemudian melalui beberapa tahap nimfa hingga dewasa dan tidak melewati fase perubahan yang signifikan.  Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Metamorfosis Tidak Sempurna mulai dari Pengertian Metamorfosis Tidak Sempurna, Siklus Metamorfosis Tidak Sempurna, Jenis Jenis Metamorfosis, dan Contoh Metamorfosis Tidak Sempurna di bawah ini.

Metamorfosis Tidak Sempurna

Pengertian Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna merupakan salah satu dari jenis metamorfosis di mana secara teori serangga menetas dari telur kemudian melalui beberapa tahap nimfa hingga dewasa dan tidak melewati fase perubahan yang signifikan. Metamorfosis tidak sempurna terjadi pada hewan yang hanya melalui 3 fase. Adapun ke-3 fase tersebut adalah Fase telur, kemudian fase nimfa dan menjadi dewasa (imago). Karena hewan yang melalui metamorfosis ini tidak melalui fase pupa maka bentuk tubuhnya sejak menetas pun tidak jauh berbeda dengan tubuh saat dewasa.

Siklus Metamorfosis Tidak Sempurna

Siklus metamorfosis tidak sempurna yaitu hanya melewati 3 tahap yaitu ialah :

1. Fase Telur

Pada saat induk serangga menelur, telur- telur akan diletakkan ditempat yang sesuai dan aman untuk perkembangan embrio. Yang mana embrio- embrio di lindungi dengan struktur telur yang bercangkang zar kiitin. Hingga waktu yang ditetukan, telur akan menetas menjadi nimfa.

2. Nimfa

Berbeda dengan kelompok holometabola, hemimetabola (organisme yang mengalami metamorfosis namun tidak sempurna) langsung memiliki bentuk hewan yang sesungguhnya, nimfa, yang ukurannya lebih kecil. Nimfa akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan untuk kematangan pada organ reproduksi. Nimfa juga mengalami eksdisis untuk mengganti kerangka luar tubuhnya akibat pertumbuhan yang membuat ukuran tubuhnya menjadi besar.

3. Imago

Imago memiliki kematangan reproduksi dan siap untuk melakukan perkawinan. Selanjutnya siklus akan kembali terulang.

Jenis – Jenis Metamorfosis

Berikut ini adalah jenis jenis metamorfosis, yaitu ialah :

1. Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna kupu kupu

Metamorfosis Sempurna merupakan jenis perkembangan serangga yang melalui 4 tahap ayitu fase telur, larva, kepompong, dan dewasa, yang sangat berbeda dalam morfologi. Siklus hidup semut, kumbang, kupu-kupu dan tawon adalah contoh dari metamorfosis Sempurna.

2. Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna yaitu ialah perubahan bentuk atau metamorfosis yang tidak mengalami pupa. Metamorfosis jenis ini dikenal dengan hemimetabola. Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna ini tidak akan berubah bentuk saat dewasa maksudnya bentuk pada saat hewan muda tetap akan sama meskipun sebenarnya sudah dalam bentuk dewasa.ntoh

Contoh Metamorfosis Tidak Sempurna

Berikut ini adalah contoh hewan yang bermetamorfosis Tidak Sempurna, yaitu ialah :

1. Kecoa

Metamorfosis Tidak Sempurna kecoa

Kecoa mengalami proses perkembangan dan daur hidup kecoa dimana perkembangannya melalui 3 tahap yaitu mulai dari fase telur, nimfa dan imigo. Pada fase telur, telur kecoa dilindungi ootheca, telur akan menetas dalam jangka sekitar 28 hari namun ada pula beberapa jenis kecoa yang menetas pada waktu 2 bulan. Setelah telur menetas maka kecoa memasuki fase nimfa selama 60 hari yang kemudain pada fase nimfa terjadi pergantian kulit. Setelah melakukan pergantian kulit sebanyak 5 – 7 kali, maka nimfa tumbuh menjadi kecoa dewasa (imigo).

2. Belalang

Metamorfosis Tidak Sempurna Belalang

Sama seperti kecoa, belalang juga mengalami metamorfosis tidak sempurna. Telur belalang akan menetas tergantun kondisi dan keadaan lingkungan, setelah telur menetas maka terbentuk nimfa. Pada fase nimfa, Biasanya warna belalang putih dan juga belum memiliki sayap. Fase nimfa pada belalang terjadi sekitar 25 sd 40 hari dan akan melakukan pergantian kuliat sebanyak 4 sd 6 kali. Pada pergantian kulit yang ke 6 kali biasanya mulai tumbuh sayap kecil dan nimfa akan berubah menjadi belalang dewasa yang siap untuk terbang dan mencari makanan sendiri.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Metamorfosis Tidak Sempurna. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :