Metode Penelitian Kuantitatif – Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Contoh

Posted on

Metode Penelitian Kuantitatif – Untuk lebih jelasnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Metode Penelitian Kuantatif mulai dari Pengertian, jenis, Tujuan, dan Contoh di bawah ini.

Metode penelitian kuanitatif

Pengertian Kuantatif

Penelitian Kuantitatif adalah metode penelitian yang lebih menuju kepada pada aspek pengukuran secara objektif terhadap fenomena sosial. Untuk melakukan pengukuran, Tiap-tiap fenomena sosial dijabarkan dalam beberapa komponen masalah, variabledan indikator.

Tujuan

Tujuan penelitian kuantitatif yakni untuk mengembangkan dan menggunakan cara-cara matematis, teori-teori serta hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam.

Proses pengukuran adalah bagian sentral dalam penelitian kuantitatif, karena hal itu memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif.

Penelitian kuantitatif banyak juga digunakan baik itu dalam ilmu-ilmu alam, maupun ilmu-ilmu sosial, seperti pada ilmu fisika dan biologi sampai ilmu sosiologi dan jurnalisme.

Metode penelitian

Jenis Metode Penelitian

Menurut beberapa ahli dalam bidang penelitian kuantitatif terdapat metode dan beberapa jenis penelitian yang digunakan, diantaranya sebagai berikut :

1. Metode Deskriptif

Pendapat Whitne (1960), metode deskriptif adalah suatu pencarian fakta yang menggunakan interprestasi yang tepat. Dalam penelitian ini mempelajari mengenai masalah-masalah yang ada didalam lingkungan masyarakat serta  tata cara yang digunakan dalam masyarakat di dalam situasi-situasi tertentu.

Penelitian deskriptif adalah jenis metode yang menggambarkan suatu objek dan subjek yang sedang diteliti tanpa adanya rekayasa. Termasuk juga mengenai hubungan tentang kegiatan-kegiatan, pandangan, sikap dan proses-proses yang berpengaruh dalam suatu fenomena yang terjadi.

2. Metode Komparatif

Metode komparatif sering dilakukan pada jenis-jenis penelitian yang menuju pada perbedaan variabel dalam suatu aspek yang diteliti. Dalam penelitian tersebut tidak terjadi sebuah manipulasi dari peneliti, Sehingga datanya benar-benar tepat.

Penelitian ini dilakukan selama mungkin dengan melakukan pengumpulan data dengan suatu perintah. Dan hasilnya dapat dianalisa dengan cara statistik untuk menemukan suatu perbedaan variabel yang sedang diteliti.

3. Metode Korelasi

Metode kolerasi yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan dua atau lebih fakta dan juga sifat-sifat objek yang sedang diteliti.

Dalam penelitian ini dilakukan untuk membandingkan antar persamaan serta perbedaan atau fakta berdasarkan kerangka pemikiran yang sudah ada agar hasilnya dapat terlihat jelas.

4. Metode Survei

Pendapat Zikmund (1997), metode survei adalah metode dalam penelitian yang informasinya akan dikumpulkan dari beberapa sampel.

Pendapat Gay dan Diel (1992), metode survei adalah metode yang digunakan sebagai kategori umum dalam penelitian yang langsung menggunakan kuesioner dan wawancara.

Pendapat Bailey (1982), metode survei adalah suatu metode penelitian yang memiliki teknik pengambilan keputusan berupa data pertanyaan secara tertulis dan lisan.

5. Metode Ex Post Facto

Metode ini adalah metode yang sering kali digunakan untuk penelitian yang sedang meneliti hubungan antara sebab dan akibat yang dapat dimanipulasi oleh peneliti itu sendiri.

Adapun hubungan sebab dan akibat berdasarkan atas kajian teoritis, jika suatu variabel tertentu dapat mengakbitakan variabel tertentu lainya.

6. Metode True Experiment

Dinamankan sebagai Metode True Experiment karena kita bisa mengontrol semua variabel luar yang ada, dan dapat mempengaruhi jalannya suatu eksperimen.

Ciri utama dari Metode True Experiment yakni suatu sampel yang dipergunakan untuk melakukan eksperimen yaitu dapat diambil secara acak dari populasi tertentu.

7. Metode Quasi Experiment

Desain serta rancangan dalam Metode Quasi Experiment memiliki kelompok kontrol yang dapat membantu proses penelitian,Namun tidak berfungsi sepenuhnya karena untuk mengontrol variabel-variabel luar yang masih mempengaruhi pelaksanaan eksperimen.

8. Metode Subjek Tunggal

Metode Subjek Tunggal sering juga disebut dengan “single subject experimental”  yakni eksperimen ini biasa dilakukan terhadap subjek dengan jumlah tunggal saja.

Demikianlah Penjelasan Mengenai Pengertian Penelitian kuantitatif Dan Jenis-Jenis Metode, Semoga Bermanfaat …

Artikel Lainya :