Motif Ekonomi – Pengertian, Macam-Macam, dan Contohnya

Posted on

Motif Ekonomi – Motif ekonomi artinya alasan/keinginan yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi Motif Ekonomi ini mulai dari Pengertian Motif Ekonomi, Macam-Macam Motif Ekonomi, dan Contohnya. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Motif ekonomi

Pengertian Motif Ekonomi

Motif Ekonomi terdiri dari dua kata yang masing-masing dari kata tersebut memiliki arti tersendiri adapun Artinya yakni “Motif ” berasal dari bahasa inggris yaitu “Motive” yang artinya alasan/penggerak dan “Ekonomi” berasal dari bahasa Yunani Kuno “οἰκονόμος” yang artinya “Pengelolaan rumah tangga”. Jadi, motif ekonomi artinya alasan/keinginan yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi.
Upaya yang dilakukan manusia dalam kegiatan ekonomi ini beraneka ragam. Setiap alasan dapat memacu seseorang untuk melakukan suatu tindakan, perbuatan atau kegiatan, kegiatan seseorang didorong oleh suatu keingingan atau motif untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
Contoh sederhananya adalah Deni Krisna bekerja sangat keras agar bisa mendapatkan banyak uang untuk memenuhi segala keiinginan atau kebutuhan hidupnya. Dicky berangkat ke sekekolah memakai sepeda agar dapat menghemat ongkos.

Macam-Macam Motif Ekonomi

Berikut ini merupakan macam-macam motif ekonomi, diantaranya yaitu:

1. Motif Dalam Memenuhi Kebutuhan

Motif memenuhi kebutuhan yakni merupakan tindakan manusia yang didorong oleh keiinginan memenuhi kebutuhan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, setiap manusia tentunya memiliki kebutuhan, baik berupa barang maupun jasa. Biasanya kebutuhan dari manusia tersebut sifatnya tidak terbatas, namun alat untuk memenuhinya terbatas.

Oleh karena itu, setiap manusia harus dengan perhitungan yang tepat dan matang agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan. Kecenderungan manusia yakni senantiasa mencapai kemakmuran bagi kehidupannya. Adapun kemakmuran tersebut diartikan sebagai kondisi dimana manusia dapat memenuhi sebagian besar kehidupannya.

Contoh: Aryanto bekerja keras untuk mendapatkan uang yang mana nantinya uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhannya sehari hari.

2. Motif Memperoleh Laba

Motif untuk memperoleh laba yakni ialah segala sesuatu yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi untuk mendapatkan laba(Keuntungan). Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dilatar belakangi oleh motif atau harapan untuk mendapatkan laba.

Motif ini ialah dorongan yang muncul dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan manfaat, baik berupa barang ataupun uang. Dengan ia memperoleh keuntungan diharapkan kekayaan orang tersebut bertambah dan ia dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan lebih baik dari yang sebelumnya.

Contoh : seorang pedagang sepatu menjual sepatunya dengan segi kualitas yang sangat baik dan dengan harga yang cukup murah dan pedagang tersebut melayani pelanggan dengan sangat ramah. Dari sebab itu banyak orang yang membeli sehingga ia memperoleh keuntungan yang banyak.

3. Motif mendapatkan kekuasaan ekonomi

Motif iini merupakan suatu keinginan manusia yang sudah makmur, namun ia masih untuk melakukan suatu tindakan ekonomi dikarenakan dorongan untuk mendapatkan kekuasaan di berbagai suatu kegiatan usaha dalam sebuah perekonomian.

Contohnya : Di suatu tempat yang sedang terjadi dalam suatu pemilihan RT baru. Pak amir yakni salah seorang calon RT, Ia memodali perbaikan jalan yang rusak didaerahnya, dan juga ia mengadakan pengobatan gratis kepada masyarakat di kampungnya dengan harapan mendapat suara yang banyak atau dukungan dari masyarakat sekitar.

4. Motif Sosial

Motif sosial yakni ialah segala sesuatu yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi karena ingin menolong sesama. Karena manusia merupakan makhluk ekonomi sekaligus makhluk sosial. Selain memperhatikan kepentingan diri pribadi, manusia harus peduli terhadap sesamanya.

Motif sosial adalah dorongan bahwa dengan tindakan ekonomi yang dilakukannya akan memberikan manfaat bagi orang banyak.

Contoh: Seorang pengusaha yang sudah suskses dengan usahanya lalu ia membangun sebuah yayasan  anak yatim dan panti jompo.

5. Motif Mendapatkan Penghargaan

Motif mendapatkan penghargaan merupakan tindakan manusia yang muncul karena didorong untuk mendapatkan penghargaan. Karena dengan dia mendapat penghargaan dari orang lain akan memberikan kepuasaan tersendiri bagi pelaku kegiatan ekonomi. Penghargaan yang dimaksud disini bukan hanya sekedar mendapat pujian atau piagam akan tetapi ingin status sosial yang lebih tinggi dari masyarakat yang berada sekitarnya.

Contoh: Seorang manager tetap melakukan kegiatan ekonomi dengan kerja keras meskipun keuntungan dan kemakmuran sudah ia dapatkan. Ini dilakukannya agar ia tampil sebagai manager yang handal dan juga disegani. Prestasi tersebut tidak jarang menghasilkan penghargaan dari pemerintah maupun dari kalangan pengusaha. Misalnya manager tersebut dikategorigan kedalam Top Manager versi sebuah majalah ekonomi dan perusahaan yang ia dikelola menerima penghargaan dari pemerintah.

 

Demikianlah ulasan kami mengenai materi Pengertian Motif ekonomi Dan Macam – Macam Motif Ekonomi Berserta Contohnya. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :