Pengertian Negara Federal dan Ciri-Ciri Negara Federal [Lengkap]

Posted on

Pengertian Negara Federal dan Ciri-Ciri Negara Federal – Negara Federal atau Negara Serikat. Negara Federal merupakan negara yang di dalamnya terdapat bagian Pemerintah pusat, provinsi daerah dan lainnya, Negara Federasi ini terdapat di suatu kawasan yang sangat luas, dengan beragam suku budaya dan tingkat ketimpangan ekonomi yang lumayan tajam. Untuk lebih jelasnya lagi kami kan mengulas materi makalah mengenai Negara federal mulai dari Pengertian negara Federal dan Ciri-Ciri Negara Federal. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Negara Federal

Pengertian Negara Federal

Negara Federal atau Negara Serikat. Negara Federal merupakan negara yang di dalamnya terdapat bagian Pemerintah pusat, provinsi daerah dan lainnya, Negara Federasi ini terdapat di suatu kawasan yang sangat luas, dengan beragam suku budaya dan tingkat ketimpangan ekonomi yang lumayan tajam.

Menurut C.F. Strong lumayan sulit untuk merumuskan karena negara federal yakni merupakan konsep yang digabungkan diantara negara kesatuan serta negara konfederasi. Hal ini menurutnya merupakan sebuah konsep yang bertentangan namun bergabung menjadi apa yang disebu juga sebagai negara federal.

Akan tetapi berdasarkan pelaksanaannya bahwa penyelenggaraan kedaulatan yang keluar dari negara bagian yang kesemuannya diserahkan kepada pemerintah federal sementara kedaulatan kedalam yang dibatasi.

Sedangkan menurut pendapat tentang Negara federal K.C. Wheare bahwa negara federal  merupakan negara yang mana kekuasaan dibagi sedemikian rupa sehingga pemerintah federal dan juga pemerintah negara bagian dalam pada bidang-bidang tertentu bebas dengan yang lainnya .

Ciri-Ciri Negara Federal

Pada negara federal tentunya terdapat ciri-ciri yang harus memenuhi syarat-syarat serta memenuhi definisi dari suatu negara federal itu sendiri. Adapun ciri-ciri tersebut yang telah di kemukakan oleh para ahli sebagai berikut ;

Menurut C.F Strong untuk bisa membentuk suatu negara federal membutuhkan dua syarat antara lain.

  1. Memiliki perasaan sebangsa antara kesatuan dari politik yang ingin membentuk federasi tersebut.
  2. Memiliki keinginan pada suatu kesatuan politik yang hendak mengadakan federasi supaya bisa mengadakan ikatan terbatas. Hal tersebut tentunya menjadikan syarat yang penting dari terbentuknya suatu negara federal. Apabila persatuan yang diinginkan ialah kedaulatan maka yang terbentuk adalah negara kesatuan bukan negara federal.

Sedikit berbeda dengan C.F Strong, R. Kranenburg juga mengemukakann pendapatnya mengenai pengertian negara federal bahwa negara federal ialah yang dapat membedakannya dengan negara kesatuan yakni sebuah negara yang dapat mencakup 2 ciri-ciri, Adapun ciri-ciri itu sebagai beriku ini :

  1. Negara dari suatu bagian federasi memiliki wewenang didalam pembentukan undang-undang dasar serta wewenang untuk bisa membentuk UUD sendiri dan juga wewenang untuk mengatur negara kesatuan organisasi dari beberapa bagian negara yakni adalah pemerintah daerah yang secara garis besar telah ditetapkan oleh pembentukan dari undang-undang terpusat.
  2. Dalam negara federal atau negara serikat suatu wewenang yang membentuk undang-undang pusat dalam mengatur beberapa hal tertentu yang telah terperinci satu per satu didalam konstitusi. Sementara didalam negara kesatuan wewenang dalam pembentukan undang-undang pusat yang ditetapkan didalam suatu rumusan umum dan juga wewenang pembentukan undang-undang lokal yang tergantung kepada badan pembentukan undang-undang pusat tersebut.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Negara Federal dan Ciri-Ciri Negara Federal. Semoga dapat menambah wawasan, semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :