Olahraga Air

Posted on
Olahraga-Air

Artikel makalah Olahraga Air- yang mencakupi dari pengertian, manfaat, macam-macam, cara, contoh dan gambar supaya dengan mudah dalam memahami nya.

Di dalam kehidupan sehari-hari sebagian besar masyarakat senang dengan berolah raga karena dengan berolah raga tubuh menjadai sehat dan badan kelihatan lebih ideal, sesuai dari topik materi yang akan kami bahas adalah mengenai Olahraga Air.

Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa faktor tentang olah raga air simak penjelasan di bawah ini:

Pengertian Olahraga Air

Gambar-olah-raga-air

Olahraga Air merupakan salah satu bentuk olahraga yang dilakukan pada air baik secara beregu maupun individu sehingga olah raga ini dapat dilakukan di kolam renang ataupun pada sungai dan laut.

Aktivitas fisik dengan melakukan olahraga ternyata berguna untuk menjaga dan meningkatkan daya kesehatan pada tubuh sehingga dapat menghilangkan stres, metabolisme yang dapat menghasilkan sistem kekebalan tubuh dianjurkan melakukan kegiatan ini secara rutin dan dengan teknik yang baik.

Baca Juga: Gaya Lompat Tinggi

Macam-macam Olahraga Air

Setelah mengetahui penjelasan di atas maka terdapat pula beberapa pola dan macam-macam dalam melakukan olahraga ini.

Diantara macam-macam olahraga tersebut adalah:

A. Berenang

Berenang

Renang adalah salah satu olahraga yang dimana menggerakan tubuh dengan beberapa teknik dan sangat dianjurkan karena untuk menjaga kesehatan tubuh.

Adapun dengan olah raga ini menggunakan tangan dan kaki yang bertujuan untuk berpindah tempat saat kita berada di dalam air sehingga olah raga ini disebut sebagai renang.

B. Polo Air

Polo-Air

Polo air adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan dengan beregu seperti hal pertandingan sepak bola, sehingga olahraga ini belum begitu dikenal oleh sebagian masyarakat umum.

C. Snorkeling

Snorkeling

Snorkeling adalah olahraga air sama halnya dengan melakukan renang untuk melakukan harus menguasai kemampuan menyelam dan memiliki perlengkapan menyelam seperti kacamata renang dan lain sebagainya.

Snorkeling ini biasa dilakukan di perairan yang dangkal dan di perairan sungai yang mengalir dengan air yang jernih sehingga dalam melakukan menyelam akan terasa tentang keindahan laut.

Baca Juga : Peraturan Tenis Meja

D. Scuba Diving

Scuba-Diving

Scuba diving atau dengan kata lain Selam Scuba hal ini merupakan salahsatu olahraga untuk penyelaman dengan rekreasi dan penyelaman yang profesional sehingga untuk melakukan pernafasan di dalam air tidak terjadi kesalahan.

Berenang di bawah air sudah pasti tidak terdapat propulsi dalam penyelam karena SCUBA merupakan sebuah akronim untuk “Self Contained Underwater Breathing Apparatus”.

E. Urfing

urfing

Surfing merupakan olahraga yang di gunakan di atas permukaan air dan mengikuti mata angin serta gelombang hal ini dimana sang atlit yang disebut surfer.

Walaupun istilah tidak banyak orang yang gemar dengan melakukan yang semacam ini karena surfer mengendarai ombak secara langsung dan hampir semua peselancar akan surfing menggunakan papan selancar yang terbuat dari beberapa bahan pembuatan.

F. Arum Jeram

Arum-Jeram

Arum jeram adalah suatu kegiatan olahraga dengan cara petualangan dan edukasi dari atas gunung dengan mengikuti arus air hal ini di lakukan karena termasuk dapat menguji nyali kita.

Dengan demikian permainan pastinya cara melakukannya dengan beregu masing-masing regu terdiri dari empat orang peserta dan satu orang pemandu.

Sehingga dapat menjaga kekompakan disaat melakukan permainan yang semacam ini, karena dengan kekompakan bisa mencapai keberhasilan serta mampu melewati berbagai rintangan yang ada di sungai.

G. Ski air

Ski-air

Ski air adalah olahraga yang di mana kegiatannya di lakukan di dalam air serta seseorang ditarik di belakang kapal dengan menggunakan papan selancar dan di tarik dengan tali yang panjang.

Sehingga dapat menciptakan gelombang yang cukup besar dan dapat ditunggangi dengan satu atau dua papan instalasi ski menelusuri permukaan pada idealnya.

Surfing air ini cukup menantang karena diharuskan mempunyai otot tubuh dengan kuatnya otot tubuh bagian bawah sehingga dapat konsentrasi dan fokus yang baik.

F. Kano

Kano

Kano adalah seperti hal nya perlombaan perahu yang harus didayung diatas air dengan jarak yang tertentu dan dengan putaran waktu yang sudah di tentukan dalam ajang perlombaan.

Adapun watu dan jarak dalam permainan kano ini adalah dengan jarak 200 m sampai 1000 m dan waktu nya sekita 30 sampai dengan 60 menit sehingga permainan kano memerlukan alat tambahan berupape lampung renang dan kaca mata.

Demikian yang dapat kami berikan informasi mengenai macam-macam olahraga air yang terdapat dalam penulisan artikel kali ini semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kita semua.

Semoga dengan membaca artikel tentang olahraga air ini supaya teman-teman lebih semangat untuk berolahraga dan semoga berguna serta bermanfaat untuk kita semua terutama buat penulis sendiri.

Terima Kasih

Baca Juga : Permainan Rounders