Olahraga Berkuda

Posted on
Olahraga Berkuda

Artikel makalah Olahraga Berkuda – Meliputi dari Pengertian, sejarah, jenis, teknik, manfaat, tujuan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobar olahraga, Berkuda/pacuan kuda hal ini merupakan salah satu cabang olahraga yang telah eksis sejak dulu karena permainan ini dapat dilatih secara khusus dan dapat berpacu pada sjang perlombaan yang bersaing dengan peserta lainnya untuk menuju garis akhir secara sempurna.

Namun memang benarkah itu semua, lansung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Berkuda

Olahraga-Kuda

Berkuda adalah cabang olahraga dalam istilah yang mengacu untuk keterampilan dalam menunggangi kuda hal ini cabang olahraga yang populer di dunia karena dalam aktifitasnya pada tempat yang khusus para pecinta olahraga ini.

Berkuda juga tidak lepas dari keterlibatan dalam kekuatan fisik dan keterampilan dalam menungangi kuda karena olahraga ini sebenarnya cabang olahraga yang melibatkan binatang salah satunya adalah Kuda.

olahraga berkuda terdapat juga peraturan dan teknik yang harus di kuasai bagi peserta sehingga dapat melakukannya dengan baik dalam mengendarai hingga dapat melakukan lompatan dengan memakai kuda.

Baca Juga: Teknik Dasar Wall Climbing

Sejarah Olahraga Berkuda

Olahraga berkuda memiliki sejarah yang panjang dan sangat terhormat di berbagai belahan dunia banhkan olahraga ini dapat dipraktekkan dalam peradaban di seluruh dunia sejak zaman kuno.

Olahraga ini di dirikan di masyarakat Yunani Kuno pada tahun 1976 oleh seorang ahli yang perneh meneliti hwean kuda, hal ini bertujuan untuk melestarikan olahraga yang dianggap sebagai hewan ternak bagi manusia purba.

Dengan perkembangannya zaman binatang berkaki empat ini telah mendapatkan tempat yang tersendiri di hati para bangsawan dan kaum ningrat yang memiliki kuda.

Baca Juga: Teknik Dasar Lompat Kijang

Jenis Olahraga Berkuda

Objek permainan ini memasukkan setiap pemain berada diatas kuda sehingga terdapat beberapa jenis yang ada pada olahraga berkuda tersebut.

Berikut jenis-jenis olahraga berkuda adalah sebagai berikut :

Jenis Polo Berkuda – permainan polo berkuda dapat dan dikenal dengan nama Manopur Sejak tahun 1850 dan disukai sehingga olahraga ini dapat di kembangkan menjadi olahraga yang populer di berbagai negara.

Gymkhana Berkuda – Gymkhana adalah permainan berkuda yang dilaksanakan oleh penunggang remaja dalam kecepatan yang tinggi untuk melewati atau mengitari rintangan menunggang kuda.

Equestrian (ketangkasan berkuda) – ketangkasan adalah dapat melibatkan dua mahluk yang berinteraksi supaya terjalin kerja sama yang kuat untuk mencapai garis yang sudah di tetapkan.

Teknik Olahraga Berkuda

Olahraga Kuda dapat diperlombakan dalam tunggang yang serasi untuk menjalani latihan yang intensif dan memiliki hubungan dengan penunggangnya maka terdapat beberapa teknik dalam melakukan olahraga ini.

Diantara beberapa teknik tersebut adalah sebagai berikut :

1. Teknik Tunggang Serasi

Teknik Tunggang Serasi merupakan teknik dasar dalam olahraga berkuda untuk menjaga keserasian baik dari penunggang maupun dari hewan kudanya pada saat melakukan suatu gerakan.

Hal ini mungkin akan menjadi salah satu sebab untuk melakukan dalam kompetisi dressage yang resmi karena penunggangnya harus bisa menunjukkan pengalaman penunggang yang baik terhadap hewannya.

2. Teknik Lompat Rintang

Teknik Lompat Rintang adalah salah satu teknik yang bertujuan untuk melakukan lompat rintang dalam menyelesaikan sebuah lintasan yang telah ditentukan.

Hal ini untuk menjatuhkan rintangan yang berbeda-beda dengan tingkat kesulitan maupun dan tipe pertandingan sehingga dapat mengacu pada standar yang telah ditetapkan.

Lompatan ranting ini juga dapat digunakan dengan terpisah dan masing-masing kombinasi dalam gerakan kuda yang terdiri dari dua sampai tiga rintangan dengan jarak rintangan yang berbeda.

3. Teknik Trilomba

Teknik Trilomba adalah teknik dengan berkuda yang mengkombinasikan beberapa jenis nomor berkuda sehingga dapat melakukan nya dengan baik dalam lintasan alam satu kompetisi.

Teknik ini juga sangat menuntut durabilitas pada daya tahan dan kekutan fisik hewan dan penunggannya yang mengikuti lomba untuk mencapai level kebugaran yang memungkinkan.

Dengan demikian penilaian yang menganut sistem penalty points dan bisa juga sebagai prinsipnya dengan fault points dalam satu kali putaran pada peserta dengan jumlah pemenang.

4. Teknik Endurance

Teknik Endurance adalah sebuah teknik dengan kompetisi maraton untuk para penunggang kuda dengan menguji ketahanan fisik kuda serta penunggang nya dalam melintasi berbagai permukaan dengan jarak yang jauh.

Teknik ini terdapat beberapa aturan dalam perlombaan yang sangat menguras fisik tersebut hewan dan penunggangnya maka kuda yang akan mengikuti perlombaan harus sehat dan kuat.

Dengan demikian hewan yang berkualifikasi harus standby di saat perlombban di mulai untuk mengevaluasi dengan kondisi kuda-kuda yang menjadi peserta sehingga dapat mengikuti nya dangan memeriksa kondisi kuda-kuda yang di anggap pantas mengikutinya.

Demikian lah yang dapat kami sampakan mengenai sedikit informasi tentang teknik dalam menunggang kuda dan beberapa jenisnya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan beramanfaat untuk kita semua. Terima kasih teleh berkunjung di halaman Web kami

Baca Juga: Teknik Dasar Permainan Golf