Olahraga Bowling

Posted on
Olahraga-Bowling

Artikel makalah Olahraga Bowling – meliputi dari pengertian, sejarah, teknik dasar, tujuan , manfaat, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga, Bowling adalah suatu cabang olahraga yang memiliki teknin yang berbeda dengan permainan olahraga yang lainnya sehingga permainan ini terdapat di mol-mol yang besar dan dapat dimainkan dengan menggelindingkan atau membuang bola.

Sobat penasaran kan lansung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Bowling

olahraga-bowling

Bowling merupakan cabang olahraga yang menggelindingkan bola dengan memakai satu tangan serta mengarah ke pin yang berjumlah kan sepuluh buah pin sehingga hal ini termasuk olahraga permainan yang menjatuhkan seluruh dinamakan strike.

Bola bowling akan dibuang dalam dibentuk menjadi format segitiga bila disaksikan dari tempat permainan atas serta tidak bisa dijatuhkan dalam sekali gelindingan, hal ini dapat diberi peluang beberapa ulangan dalam lemparan bola.

Umum permainan ini pada tempat yang tertutup sehingga pin bowling akan tercipta dari kayu yang dibubut dengan mesin bubut dengan demikian dapat dilapisi menjadi bahan plastik yang keras dan mengkilap untuk dilihat.

Baca Juga: Lari Jarak Pendek

Teknik Olahraga Bowling

Teknik-bowling

Olah raga bowling, memang membutuhkan tenaga yang kuat untuk melakukan permainan ini maka terdapat beberapa teknik untuk melakukan Bermain Bowling ini adalah sebagai berikut:

1. Teknik Memilih Bola

Teknik Memilih Bola merupakan teknik yang mengawali pernainan dan usahakan memilih bola dengan ukuran yang sesuai dengan lubang yang pas dengan jari sehingga dapat melakukannya dengan baik.

Teknik ini usahakan tangan dapat masuk dengan pas sampai nantinya tidak terjadi kendala untuk mengeluarkan bola dengan cepat kemudian lebarkan jari dengan di sekeliling bola agar mendapatkan ayunan dengan baik.

2. Teknik Menjatuhkan Seluruh Pin

Teknik Menjatuhkan Seluruh Pin adalah teknik yang terdapat untuk meluncurlah dengan mengerjakan gerakan finishing sehingga dalam ayunkan bola dapat mengarah ke depan.

Dengan demikian bola dapat melalui pergelangan sehingga putaran bolanya dapat menunjukan ke arah depan dengan sempurna dan akan menemukan efek putaran yang lebih bertenaga lagi pada ayunan bola yang melalui pergelangan kaki.

3. Teknik Mengincar Strike

Teknik Mengincar Strike merupakan teknik yang paling penting dalam olahraga ini sehingga seluruh pemain bowling dapat menjatuhkan ke seluruh pin dengan baik.

Hal tersebut dapat juga mengincar Strike dengan memakai beberapa teknik di atas sehingga posisikan bola mengarah ke depan dan dapat juga mengambil ancang-ancang pada garis lemparan bola.

4. Teknik Persiapan Akhir

Teknik Persiapan Akhir adalah teknik untuk menentukan lemparan dengan baik dan benar sehingga dapat mengarah ke garis pin depan, teknik ini adalah hal yang paling dominan. Karena ayunan bola akan jatuh sampai-sampai pada titik garis pin yang mengarahkan pada tujuan akhir dalam melakukan permainan ini.

Baca Juga: Teknik Bola Tangan

Manfaat Olahraga Bowling

Dari beberapa penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa setip permainan akan mendapatkan manfaat yang bagus untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat dalam permainan Bowling adalah:

A. Membakar Kalori

Dari beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa permainan bowling ternyata banyak sekali manfaat nya sehingga dapat membuat tubuh lebih aktif dan membakar kalori yang jahat pada tubuh.

Karena banyak bergerak sehingga kalori yang terbakar sekitar 150 sampai dengan 300 kalori hal ini dapat melakukannya dengan olahraga tersebut sehingga dapat juga membentuk otot-otot menjadi lebih kuat.

B. Menurunkan Stres

Olahraga bowling terkadang terlihat mudah di lakukan tetapi dapat juga menghilangkan stres pada tubuh den cenderung layaknya saat kita melakukan olahraga di gym.

Manfaat yang sangat besar adalah menghilangkan stres pada tubuh manusia bahkan bisa menikmati permainan dengan kitapun akan mendapatkan sosialisasi yang akan membuat kita lebih baik dalam mengatasi stres pada tubuh.

C. Dapat Mencegah Penyakit

Olahraga bowling terdapat manfaat sebagai mencegahpenyakit yang akan terjadi pada tubuh yang membuat tubuh aktif dengan bergerak hal ini dapat memperlancar peredaran darah dan mengurangi kolesterol tinggi.

D. Dapat Memperbaiki Otak

Bermain olahraga bowling dengan benear pastinya akan dapat memperbauki perkembangan otak pada tubuh karena hal ini dapat berkoordinasi otak yang lebih baik.

Sejarah Bowling

Olahraga ini pertama kali di mainkan di Amerika olahraga seseorang yang ahli di bidang olahraga hingg bowling dipopulerkan pada orang Belanda sekitar tahun 1600-an.

Dengan demikian bowling masuk ke beberapa benua Asia pada tahun 1960-an hingga saat ini telah banyak orang yang menyukai permainan ini dan masuk ke Indonesia pada tahun 1970.

Demikian lah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa informasi tentang permainan bowling dan beberapa teknik yang harus di ketehui para pemain bowling.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan tentang dunia olahraga dan semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, Terima kasih teleh berkunjug di halaman Web kami

Baca juga: Teknik Dasar Wall Climbing