Olahraga Dayung

Posted on
Olahraga-Dayung-1

Artikel makalah Olahraga Dayung – meliputi dari pengertian, sejarah, teknik, manfaat, tujuan, peraturan, contoh dan gambar supaya mudah di mengerti.

Sobat olahraga, Kali ini kami akan membagar tentang olahraga dayung tentunya hal ini sudah tidak asing di kalangan masyarakat karena kegiatan ini dilakukan yang pada umumnya di atas laut atau sungai, Namun olahraga yang satu ini dapat dilakukan dengan beregu atau dapat juga di lakukan sendiri.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak penjelasan di bawah ini yang akan kami terangkan secara detail:

Pengertian Dayung

Olahraga-Dayung

Mendayung merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan dayung dan perahu yang berlangsung di atas sungai danau atau laut sehingga hal ini juga memiliki macam-macam kayuhan untuk melakukan olahraga ini.

Konsep dayung terdapat juga seperti maju atau mudur untuk membelokkan perahu ke kanan dan ke kiri pastinya hal ini dapat menguras tenaga yang sangat banyak untuk mencapai tujuan garis finis.

Dengan demikian olahraga dayung merupakan tes ketahanan tubuh yang diselesaikan dalam kecepatan jarak tempuh hingga 10 matau dapat juga dengan hitungan menit yang akan menempuh jarak 1000 m hingga mencapai garis finis.

Baca Juga: Teknik Lari Estafet

Sejarah Olahraga Dayung 

Olahraga ini memang sudah popular dari zaman dahulu kala karena pada zaman kuno masyarakat banyak menggunakan hal ini sebagai jenis olahraga sendiri dan dalam aktifitas sehari-hari.

olahraga ini di dirikan pada tahun 1980-an oleh seorang ahli di bidang olahraga W.P Stephens dan didefinisikan sebagai sebuah perahu yang berukuran panjang dengan memiliki proporsi yang sempit.

Pada kedua ujung perahu yang dibuat runcing dengan genggaman tangan sehingga dapat di gunakan untuk menggerakkan perahu dengan awak perahu diseluruhnya menghadap ke depan.

Teknik Olahraga Dayung

Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas dan sedikit sejarahnya maka Olahraga beregu air ini terdapat juga teknik yang harus di ketahui dalam olahraga dayung.

Berikut beberapa macam teknik mendayung sebagai olahraga adalah sebgai berikut :

1. Teknik Dayung Maju

Teknik Dayung Maju merupakan teknik yang dinamakan dengan dayung maju hal ini sebagai gerakan kayuhan dayung dengan mengarah kedepan dan kemudian juga dapat melakukan beralur dengan lurus pada bagian pinggir lambung perahu, sehingga waktu melakukannya menynggu aba-aba dari komando khusus pada utamanya pendayuh dengan mengarah kedepan.

2. Teknik Dayung Mundur

Teknik Dayung Mundur merupakan pula teknik dayung dengan gerakan kayuhan yang dilakukan dari belakang sampai ke depan dan pastikan melakukan teknik dayung ini perahu terlihat mundur yang ditentukan oleh komandonya.

3. Teknik Dayung Pancung

Teknik Dayung Pancung merupakan teknik dayungan yang biasa dan dapat digunakan oleh para pendayung pada bagian depan apabila ingin menggeser perahu dengan gerakan kesamping untuk mencapai tujuan garis finis.

4. Teknik Dayung Tolak (Pry Stroke)

Teknik Dayung Tolak (Pry Stroke) merupakan teknik untuk membantu dengan melengkapi dayung atau tarik untuk mengendalikan perahu dengan baik sehingga dapat memasukkan dayung ke dalam air dan dapat mencapai garis finis dengan baik.

5. Teknik Dayung C” Stroke

Teknik Dayung C” Stroke merupakan teknik dengan membelokkan perahu dengan cepat sepaya dapat membentuk huruf “C” dengan baik, dan dapat juga membetuk dayungan yang sangat efektif.

6. Teknik Berhenti

Teknik Berhenti merupakan teknik penentuan di mana peserta dapat memberhentikan perahu dengan baik sehingga para pendayung mampu menciptakan gerakan pada perahu secara kompak

Baca Juga: Olahraga Surfing

Peraturan Olahraga Dayung pada Olimpiade

Setelah mengintip beberapa teknik yang di jelaskan di atas dan hal yang wajib diketahui oleh para pendayung maka terdapat juga peraturan yang harus di ketahui dan dipahami dengan baik sehingga pandayung dapat melakukannya dengan baik.

Berikut beberapa peraturan yang terdapat dalam perlombaan Olimpiade tentang olahraga dayung adalah sebagai berikut:

  • Perahu didayung dengan jarak tempuh 2000 m
  • Perahu yang digunakan untuk mendayung dengan diameternya 4 cm sampai dengan 6 cm
  • Perahu scull mempunyai panjang 13,4 m dan berat mencapai 52 kg
  • Perahu single scull mempunyai panjang 8,2 m dengan berat mencapai 14 kg
  • Perahu double scull akan mempunyai panjang 10,4 m dengan berat mencapai 27 kg
  • Pemenang akan berhasil mencapai atau dapat melewati garis akhir paling cepat
  • Panjang dayung pada tiap kategori mencapai 3,78 m tiap kategori sweep

Manfaat Olahraga Dayung

Dari beberapa penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa olahraga ini akan menguras tenaga yang sangat banyak maka manfaat dari olahraga ini adalah sebagai berikut:

  • Dapat menjaga kesehatan terhadap tubuh
  • Dapat menurunkan berat badan
  • Dapat membantuk membakar lemak jahat pada tubuh
  • Dapat menghilagkan menyakit stres
  • Dapat mambantu mencerdaskan otak

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai penjelasan tentang olahraga dayung dan beberapa teknik serta contohnya semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Baca Juga: Olahraga Berkuda