Olahraga Push Up

Posted on
Olahraga-Push-Up

Artikel makalah Olahraga Push Up – Meliputi dari pengertian, teknik, manfaat, tujuan, tips, peringatan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga, Pada push up merupakan salahsatu cabang olahraga yang tidak begitu menguras tenaga untuk melakukan olahraga ini sehingga siapa saja dapat melakukan dengan cara yang berbeda dan tempatnya di mana saja, sehingga posisi badan hingga kaki haruslah berbentuk garis lurus maka dapat melakukan gerakan ini.

Untuk lebih jelasanya dapat meperhatikan penjelasan di bawah ini :

Pengertian Push Up

Gambar-Olahraga-push-up

Push up adalah kegiatan olahraga yang berguna untuk melatih otot yang mudah hingga dapat dilakukan oleh semua orang mulai dari kalangan anak-anak dan orang dewasa untuk menjaga kebugaran dalam melakukan push up.

Push up sendiri sangat terkadang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta dapat juga melatih otot tangan dan otot dada yang menjadikan lebih kuat dan tahan dari serangan penyakit karena hal ini tidak memerlukan bantuan alat apapun.

Push up juga dapat dilakukan dengan cara menumpukan tubuh pada kekuatan tangan dan dapat juga pengencangan pada otot lengan sehingga akan telihat lebih libih signifikan jika rutin melakukannya, Selain bisa mengencangkan otot lengan olahraga ini juga dapat membantu mengecilkan otot perut

Baca Juga: Teknik Dasar Wall Climbing

Teknik Olahraga Push Up

Teknik-push-up

1. Tengkurap di atas lantai

Tengkurap di atas lantai merupakan salah satu teknik dasar supaya tetap berdekatan dengan lantai dan badan harus dibebankan pada bagian dada sehingga dapat melakukan dengan gerakan yang maksimal.

Selanjutnya lakukan dengan telapak tangan yang di atas lantai dengan lebar bentangan sebahu sehingga posisi siku akan mengarah pada jari kaki dan harus menyentuh lantai.

2. Angkat tubuh menggunakan lengan dengan kuat

Angkat tubuh menggunakan lengan dengan kuat merupakan salah satu gerakan dalam latihan push up hingga posisi tubuh harus lurus mulai dari ujung kaki sampai ke kepala dan hingga akhir melakukan push up.

3. Pilih gaya push up

Pilih gaya push up merupakan suatu teknik yang pada dasarnya dapat melakukan push up dengan benar sehingga gayanya dengan menggunakan otot yang berbeda.

Dengan demikian otomatis otot-otot akan semakin besar apabila sering melakukan olahraga ini denga teratur dan benar serta di dasari dengan istirahat yang teratur dan konsumsi makanan yang bergizi.

4. Turunkan tubuh membentuk sudut 90 derajat

Turunkan tubuh membentuk sudut 90 derajat merupakan teknik yang bertujuan untuk menghasilkan resistensi yang lebih besar sehingga dapat membentuk dan menurunkan tubuh kamu

5. Angkat tubuh dengan mendorong lantai

Angkat tubuh dengan mendorong lantai adalah teknik yang di lakukan dengan hembusan nafas ketika mengangkat tubuh serta menjauh dari lantai karena hal ini dapat menambah kekuatan untuk mendorong tubuh yang lebih maksimal.

Dengan demikian Otot trisep juga akan lebih mudah terbentuk dan terkontraksi dengan gerakan pada gerakan yang utama sehingga dapat dilakukan dengan dorongan pada posisi awal sampai mengunci.

6. Ulangi kedua cara diatas

Ulangi kedua cara diatas adalah setiap melakukan gerakan naik atau turun dengan hitungan atau dengan menggunakan hitungan menit dalam gerakan push up makan akan semakin sebanyak dalam satu set nya dengan kemampuan yang maksimum.

7. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup adalah teknik melakukan latihan push up hingga benar-benar kelelahan maka lakukan untuk beristirahat setidaknya satu jam yang berguna untuk pemulihan optimal.

Baca Juga: Teknik Lari Maraton

Manfaat Push-Up

Deri beberapa penjelasan di atas tentang pengertian push up dan teknik nya maka olahraga ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan pada tubuh.

Berikut beberapa manfaatnya dengan melakukan olahraga push-up adalah sebagai berikut :

Mengencangkan otot – Melakukan push up yang baik serta dengan aturan yang teratur akan dapat mengencangkan otot terutama pada bagian lengan.

Meningkatkan percaya diri – Dengan melakukan push up yang rutin akan meningkatkan rasa percaya diri yang lebih nyaman sehingga dapat juga meningkat dalam setiap penampilanmu.

Membakar kalori – Tentunya dengan melakukan push up dengan benar dan teratur dapat menambah energi yang banyak serta dapat membakar kalori pada tubuh.

Tips Olahraga Push Up

Beberapa penjelasan yang telah di sampaikan dalam penulisan materi di atas maka teps harus di ketahui bagi orang yang suka melakukan olahraga push up ini.

Berikut tips yang terdapat dalam melakukan olahraga ini adalah:

  • Pastikan mengambil posisi yang benar dan posisi tubuh lerus ke depan.
  • Saat sudah meraih tujuan harus mengulanginya dari awal lagi.
  • Jangan melakukan push up secara berlebihan yang akan mengakibatkan cedera.

Peringatan Olahraga Push Up

  • Jika melakukan latihan secara berlebihan akan terasa sakit yang luar biasa maka hentikan latihan beberapa hari karna itu proses bembentukan otot pada tubuh.
  • Apabila terjadi cedera yang akan di alami segera lakukan konsultasi ke dokter atau melakukan refleksi.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan tentang olahraga push up dan beberapa tenik dan contohnya, semoga dengan adanya atikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih telah berkunjung di halaman Web kami

Baca Juga: Teknik Lari Estafet