Organisasi Pencak Silat

Posted on
Organisasi Pencak Silat

Artikel makalah Organisasi Pencak Silat – Dari beberapa pengertian, definisi, sejarah, kegunaan, tujuan, manfaat, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga, Organisasi Pencak silat merupakan gabungan dari beberapa cabang olahraga dalam seni beladiri yang berasal dari bangsa Melayu dengan jumlah beberapa perguruan pencak silat yang sangat banyak yang berdasarkan dari beberapa gabungan perguruan pencak silat di Indonesia.

Apa itu organisasi, untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Definisi Organisasi dan Pencak Silat

organisasi-pencak-silat

Organisasi (Pencak silat) adalah salah satu gabungan dari beberapa perguruan ilmu seni bela diri hingga saat ini beberapa pencak silat menjadi monopoli Indonesia semata.

Beberapa negara dan wilayah masing-masing memiliki gabungan yang di namakan organisasi sebagai wadah dalam sebuah negara masing-masing dalam gabungan organisasi pencak silat di Indonesia maupun luar Indonesia

Hal ini adalah seni bela diri dan terdapat di beberapa wilayah bahkan telah ttelah terdapat juga di negara-negara Asia Tenggara bahkan sampai wilayah Eropa atau Amerika.

Baca Juga: Teknik Dasar Judo

Sejarah Organisasi Pencak Silat

Sejarah Organisasi terkadang memiliki beberapa keunikan yang tidak bisa dilupakan begitu saja karena bentuk dan keanekaragaman serta budaya yang terdapat dalam organisasi yang menaunginya.

Persilat induk organisasi di dunia dan akan menjadi kepanjangan dari Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa dalam bahasa inggris dengan menggunakan nama International Pencak Silat Federation kebudayaan.

Baca Juga: Teknik Dasar Kung fu

Kumpulan Organisasi Pencak Silat

Tedapat beberapa kumpulan atau persatuan pencak silat yang ada di indonesia bahkan dunia adalah

1. Kmpulan Pesilat- Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa

Persilat atau Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa yang telah didirikan di Jakarta pada tanggal 12 Maret 1980 dan pesilat ini satu-satunya organisasi yang internasional di dunia.

Pesilat ini juga dei kenal memiliki presidium yang terdiri dari dari hampir 1000 anggota dan ditetapkan sebagai Ketua Presidium dalam menyelenggarakan Kongres PERSILAT yang kuat dalam antar bangsa pada tahun 1983 yeng terletak di Kuala Lumpur.

Pesilat ini banyak persaudaraan nya dari kekeluargaan dalam persatuan dan menghormati serta tidak dapat membeda-bedakan kebangsaan dan agama dalam anggotanya.

2. Kumpulana IPSI – Ikatan Pencak Silat Indonesia

Ikatan Pencak Silat Indonesia ini disingkat sebagai IPSI dalam organisasi resmi pencak silat di Indonesia dalam naungan KONI atau Komite Olahraga Nasional Indonesia yang merupakan olahraga seni beladiri.

Jumlah perguruan pencak silat ini sangat banyak di temukan dengan berdasarkan catatan pada IPSI pada tahun 1993 telah mencapai 800 perguruan pencak silat yang terdapat di Indonesia dalam ikatan pada tanggal 18 Mei 1948.

3. Kumpulan FP2STI – Pecinta Atau Pelestari Silat Tradisional Indonesia

Fp2STI merupakan kumpulan dari suatu wadah silahturahmi pada orang-orang yang menjalankan terhadap perkembangan Silat Tradisi ini yang di landasi dari berbagai jurus peslatnya.

Dalam hubungan FP2ST dalam wadah yang bersifat informal yang tidak berafiliasi dengan organisasi manapun sehingga mewadahi semua golongan.

4. Kumpulan PESAKA – Malaysia – Persekutuan Silat

Persekutuan Silat dengan Kebangsaan PESAKA yang didirikan pada tanggal 23 September 1983 dalam usaha dapat mewujudkan satu organisasi pesilat pada golongkan sebagai Seni Silat yang Lincah.

5. Kumpulan PERSISI – Persekutuan Silat Singapore

Singapore Silat Federation dapat bekerja dengan Olimpiade Nasional Singapura dengan hubungan Pencak Silat Federation untuk mempertahankan kesadaran olahraga yang lokal dan yang internasional.

Pesilat ini akan terlihat lebih kuat dikenal sebagai Persekutuan Silat dengan Lembaga Karakter yang umum sejak April 2012 yang lalu.

6. Kumpulan EPSF – European Pencak Silat Federation

Federation atau EPSF merupakan hal yang resmi untuk perwakilan dalam organisasi pesilat badan dunia yang berbasis karena didirikan Pada tanggal 21 September 2001 Kedutaan Besar Republik Indonesia dan delegasi dari pesilat yang ada di negara anggota Eropa.

Dari beberapa penjelasan di atas dan sekumpulan pesilat yang terdapat dalam sebuh golongan organisasi cukup jelas bahwa beragam kebudayaan bangsa telah menyatuhkan dalam sebuah organisasi pesilat-pesilat yang tangguh dalam perlombaan di negara.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang sebuag organisasi dan beberapa kumpulannya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih teleh berkunjung di halaman Web kami

Baca Juga: Teknik Bola Tangan