Pandawa Lima

Posted on
Pandawa-Lima

Artikel makalah Pandawa Lima – meliputi dari pengertian, kisah, anggota, sejarah, tujuan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Dalam dunia seni dan dongeng Jawa sering mendengar tentang seni pewayangan yang menghasilkan cerita cerita dari beberapa tokoh yang mencerminkan sifat dasar pada diri manusia yaitu tentang pandawa lima dalam cerita cerpen wayang Jawa. Maka materi pokok yang akan kami bahas adalah mengenai cerita Pandawa Lima yang akan kami kutip secara jelas.

Berikut cerita pandawa lima berdasarkan bahasa Sansekerta simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Pandawa Lima

gambar-pandawa-lima

Pandawa Lima merupakan salah satu sebutan bagi putra Pandu dalam pemain wayang yang bernama Yudistira Bima Arjuna Nakula dan Sadewa.

Meskipun para pangeran tersebut dekenal sebagai lima bersaudara mereka sama yang sering di sebut dengan Dewa Pandu, karena cerita ini mengenalkan tokoh-tokoh pemain wayang dalam bahasa jawa.

Karakter pewayang yang dapat di jadikan panutan dalam kehidupan sehari-hari tentunya memiliki berkarakter yang baik dan santun dalam berbicara sehingga dapat di kenang dalam kisah nya sebuah tokoh sentralnya bersama dengan Kurawa.

Baca Juga: Pengertian Referensi

Kisah Pandawa Lima

Pandawa yang berasal dari bahasa sansekerta, yang berarti anak Pandu dalam salah satu raja Hastinapura Mahabharata dengan putra mahkota dari kerajaan tersebut pulau jawa yaitu lima pangeran Yudistira, Menurut susastra yang terdapat dalam agama Hindu (Mahabharata) yang menjelmah atau penitisan dewa.

Berikut kisah yang terdapat tentang lima pewayang tersebut adalah :

  • Yudistira – merupakan penitisan sebagai penjelmaan dari Dewa Yama
  • Bima – merupakan penitisan sebagai penjelmaan dari Dewa Bayu
  • Arjuna – merupkan penitisan sebagai penjelmaan dari Dewa Indra
  • Nakula dan Sadewa – merupakan penitisan sebagai penjelmaan dari dewa kembar Aswin.

Para lima pandawa tersebut adalah tokoh yang sangat penting dalam wiracarita kisah Mahabharata dalam sebuah pertempuran yang dahsyat di daratan Kurukshetra dengan para Kurawa.

Baca Juga: Sejarah Netbeans

Anggota Pandawa Lima

Dari penjelasan di atas tentang beberapa tokoh yang di ceritakan dalam kisah sejarah mahabrata.

Berikut angggota pewayang pandawa lima adalah sebagai berikut:

1. Yudistira

Yudistira merupakan saudara dari pewayang para Pandawa yang paling tua yudistira sebagai penjelmaan dari dewa yama yang di kenal memiliki sifat yang sangat bijaksana dan terkenal juga dia tidak memiliki musuh dimasa seumur hidupnya.

Yudistira salah satu sosok orang yang sangat dermawan serta suka mema’afkan atau mampu mengampuni musuh dalam peperangan kepada musuh yang sudah menyerah, sehingga memiliki sebutan sebagai Dhramasuta.

Yudistira menjadi seorang Maharaja di dunia setelah perang akbar di Kurukshetra yang berakhir dan mengadakan beberapa kegiatan dalam upacara Aswamedha demi menyatukan kerajaan-kerajaan India.

Yudistira dapat melakukan perjalanan suci nya ke gunung Himalaya bersama dengan lima saudara-saudaranya yang lain untuk tujuan akhir kehidupan mereka.

2. Bima

Bima merupakan penjelmaan putra kedua dari Kunti dengan Pandu yang memiliki arti “mengerikan” sehingga bima memiliki nama julukan Bayusutha bima dekenal orang yang sangat kuat dan memiliki tubuh yang besar sehingga dia sangat di takuti para musuh dalam peperangannya.

Bima paling sangar di antara lima saudara-saudaranya dan pandai memainkan senjata gada sehingga bima dijuluki Werkodara karena sering melakukan kemenangan dalam pertempuran akbar di Kurukshetra.

Bima memiliki akhirnya melakukan perjalanan suci bersama para lima pandawa ke gunung Himalaya untuk melakukan tapa beratanya untuk menyucikan dirinya dari peperangan yang sengit dan banyak memakan korban.

3. Arjuna

Arjuna merupakan penjelmaan anak bungsu dari raja Pandu dengan Dewi Kunti yang terkenal dengan ketampanannya sehingga dikatakan arjuna pandai dalam memainkan panah dalam peperangan.

Arjuna mempunyai banyak nama panggilan yang telah diberi mahkota indah oleh Dewa Indra karena telah berhasil mengumpulkan upeti saat upacara rajasuya dan menjadi pemimpin Madukara.

Arjuna dianggap sebagai ksatria yang terbaik dari lima saudaranya dan sangat mahir dalam ilmu peperangan sehingga arjuna menjadi tumpuan para Pandawa yang lainnya saat perang besar di Kurukshetra karena memiliki karakter sangat tampan dan gagah.

4. Nakula

Nakula merupakan penjelmaan dari salah satu putra kembar dari raja Pandu dengan istrinya bernama Dewa Aswin yang sering di kenal dalam pengobatan.

Nakula adalah ksatria yang sangat gagah dan tangguh sehingga mahir dalam memainkan senjata pedang karena nakula pria yang paling tampan ksatria berpedang yang tangguh. Nakula di kenal seorang yang sangat jujurdan pandai menjaga rahasia.

5. Sadewa

Sadewa merupakan salah satu tokoh pandawa lima yang bijaksana dan rajin sehingga sadewa juga memiliki sifat dan kareakter yang serupa dengan kakaknya Nakula setia dan taat kepada orang tua.

Dengan demikian tokoh pandawa Lima yang terakhir adalah Sadewa ini putra kembar dari Dewi Madrim dan Raja Pandu yang sering deikenal sebagai menguasai ilmu ilmu dalam bidang astronomi.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang Pandawa Lima dan beberapa kisahnya yang dapat kami perkenalkan serta beberapa peranan anggotanya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih telah berkunjung ke halaman Web kami

Baca Juga: Sejarah Perjanjian Linggar Jati Lengkap