Pengertian Pantai Adalah – Manfaat, Ciri-Ciri Dan Contoh

Posted on

Pantai Adalah – Bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan ada di wilayah pesisir laut. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pantai yang meliputi pengertian, manfaat, ciri-ciri dan contoh pantai. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan kami dibawah ini

pantai

Pengertian Pantai

Pantai adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai sebagai batas antara daratan dan perairan laut. Pantai merupakan daerah yang luasnya dimulai dari daerah pesisir sampai jauh ke daratan. Tidak ada batasan yang pasti atau jelas terkait seberapa jauh wilayah sebuah pantai namun yang jelas sebuah wilayah pesisir merupakan bagian dari wilayah pantai.

Bentuk-bentuk pantai ada berbagai macam sebagai akibat dari beberapa proses geologi yang membentuknya dan batuan serta struktur geologi yang mengendalikannya. Adapun pantai yang berbentuk dataran yang landai baik yang sempit maupun yang lebar, atau pantai yang bertebing terjal dan berbatu-batu, dan berteluk-teluk.

Panjang garis pantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara. Terjadnya pantai ini karena adanya gelombang yang menghantam tepi daratan tanpa henti, sehingga mengalami pengikisan. Gelombang penghancur tersebut dinamakan gelombang destruktif. Bentuk dari permukaan pantai tidak selalu tetap, tetapi senantiasa mengalami perubahan, yang disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut.

  • Gelombang, arus dan pasang surut merupakan tenaga pengikis, pengangkut dan pengendapan material di pantai.
  • Perubahan ketinggian relatif permukaan laut, karena pembekuan atau pencairan es dan penaikan atau penurunan bagian litosfer.
  • Pengaruh kegiatan manusia seperti pembuatan pelabuhan, pengeringan rawa-rawa, dan pengerukan muara sungai.

Manfaat Pantai

  1. Sebagai Tempat Rekreasi
  2. Lokasi berfoto
  3. Sumber ketenangan batin
  4. Pemasukan kas daerah
  5. Sebagai lokasi tempat tinggal para nelayan
  6. Untuk usaha pengolahan garam
  7. Mencegah air pasang langsung membanjiri daratan
  8. Sebagai Habitat dari Hewan-Hewan yang Hidup di Air
  9. Pelepas Stress
  10. Pemanfaatan pasir

Ciri-Ciri Pantai

  1. Terdapat garis pantai yang permanen dan juga terjaga dengan baik. Garis pantai yang dimaksud ini merupakan wilayah atau batas antara daratan dan lautan.
  2. Terdapat tanah yang berpasir. Hal ini terjadi akibat ekosistem batu yang menyebabkan tanah tersebut memiliki kandungan unsur hara yang minim. Biasanya tanah memiliki pori-pori yang besar serta memiliki permeabilitas yang sangat baik.
  3. Pantai biasanya terdapat tumbuhan yang mempunyai akar napas yang berguna untuk beradaptasi di daerah pasang laut yang berlumpur. Misalnya: Bakau.
  4. Terdapat tumbuhan-tumbuhan yang memiliki akar napas yang berfungsi untuk beradaptasi sebab didaerah pasang laut itu berlumpur.
  5. Terdapat kerang dan mutiara, ada juga terumbu karang
  6. Memiliki ekosistem mangrove di sekitar pantai dengan fungsinya sebagai penahan ombak laut yang dapat mengikis pesisir dari pantai tersebut.
  7. Ada juga yang mengemukakan bahwa pantai memiliki ciri-ciri terdapat hewan laut, ombak dan pastinya air laut.

Contoh Pantai

Sebagai negara kepulauan, Indonesia sudah dianugerahi jutaan lautan dan pantai yang begitu sangat memesona. Kita sebagai orang Indonesia, seharusnya bisa menjelajahi keindahan bahari yang ada didalam negeri, sebelum ke luar negeri. Dari sekian banyak pulau yang indah, berikut adalah beberapa di antaranya

  • Pulau Weh, Aceh

Pantai

Pulau ini menjadi titik paling barat Tanah Air kita, atau yang kerap disebut Sabang. Pulau yang sangat kecil ini memiliki tiga pantai yang luar biasa indahnya: Anoi Itam, Gapang, dan Iboih. Sudah pernah ke sana, belum?

  • Raja Ampat, Papua Barat

Pantai Raja Ampat

Keindahan Raja Ampat telah kesohor hingga level dunia. Pesonanya memang luar biasa. Sepertinya tak perlu dijelaskan lagi keindahan tempat ini.

  • Tommini Bay, Sulawesi Utara

Pantai Tomini bay

Kejernihan air di sini membuat pantai ini sangat cocok untuk diving dan snorkeling. Tempat ini belum banyak dijamah. Pas banget untuk mencari inspirasi dan membuat pikiran jadi refresh.

  • Pantai Ora, Maluku Tengah

Pantai Ora

Pantai ini disebut sebagai Bora-Boranya Indonesia. Gak perlu jauh-jauh ke Bora-Bora, Polinesia Perancis, dan Maldives, Maluku Tengah punya pulau yang kalah indah dari semuanya.

  • Pantai Sawarna, Banten

Pantai sawarna

Pantai ini terletak di sebuah desa kecil di Provinsi Banten. Buat kalian yang suka berpetualang, Pantai ini juga memiliki berbagai bukit berbatu, goa, dan hutan-hutan. Dijamin seru banget, deh!

Demikianlah ulasan kami mengenai Pantai, Semoga Bermanfaat…

Artikel Lainnya :

 

5.0
02