Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran – Definisi, Ciri dan Contoh

Posted on

Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran – Paragraf merupakan sebuah susunan dari beberapa kalimat yang mengandung sebuah gagasan. Dimana biasanya penempatan gagasan pada sebuah paragraf terbaituagi menjadi tiga yaitu paragraf deduktif, induktif dan campuran. Lalu apa definisi dari ketiga paragaf tersebut? Apa saja ciri-ciri khususnya? Nah, maka simaklah pembahasan kami mengenai Materi Paragraf Deduktif, Paragraf Induktif, dan Paragraf Campuran di bawah ini.

Kalimat Deduktif dan Induktif

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan sebuah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal Paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan yang bersifat umum yang kemudian dilengkapi oleh beberapa penjelasan-penjelasan khusus yang berupa contoh-contoh, rincian khusus, bukti dan lain sebagainya. Karena Paragraf deduktif dikembangkan dari suatu pernyataan yang umum, maka paragraf dedukatif ini pola kalimatnya adalah dari umum ke khusus.

Ciri-ciri kalimat deduktif

  1. Kalimat utama terletak pada awal paragraf.
  2. Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan-penjelasan seperti contoh, rincian, dan lain-lainnya.

Contoh Paragraf Deduktif

Kemacetan sudah menjadi hal yang biasa di Ibu kota Indonesia yakni Kota Jakarta. Terjadinya kemacetan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti jumlah kendaraan yang terlalu banyak yang artinya tidak seimbang dengan luas jalan yang ada. Kurangnya kedisiplinan bagi pengendara ataupun pengguna jalan raya. Adanya tempat-tempat yang menganggu lalu lintas seperti pasar, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Yang terakhir, Kurang tegasnya aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas.

2. Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah kalimat yang terletak di bagian akhir Paragraf. Paragraf ini diawali dengan kalimat-kalimat yang berupa penjelasan seperti fakta, contoh-contoh, rincian khusus dan bukti-bukti yang kemudian disimpulkan atau digeneralisasikan ke dalam satu kalimat pada akhir Paragraf. Paragraf Induktif ini dikembangkan dari pola khusus ke umum.

Ciri-ciri kaliamat Induktif

  1. Kalimat yang terletak di bagian akhir Paragraf
  2. Kalimat iawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.

Contoh Kalimat Induktif

Kita harus membiasakan diri hidup sehat.Hidup sehat dimulai dari sikap cermat dalam segala hal. Salah satunya, kita harus cermat dan teliti ketika mengkonsumsi suatu Produk. Sebagai konsumen, kita harus teliti membaca petunjuk penggunaan atau aturan pakai yang ada dalam kemasan tersebut. Apalagi yang menyangkut dengan kesehatan. Karena kesehatan sangat penting dalam hidup kita. -Karena kesehatan sangat penting dalam hidup kita adalah kalimat utamanya.

3. Paragraf Campuran

Paragraf campuran merupakan Paragraf yang diawali dengan kalimat yang mengemukakan gagasan utama kemudian yang disusul oleh kalimat-kalimat pendukung atau kalimat penjelas dan diakhiri juga oleh kesimpulan yang berisi gagasan utama pada kalimat di akhir Paragraf. Atau dengan kata lain, paragraf campuran ialah paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan di akhir paragraf atau campuran dari paragraf induktif dan deduktif.

Ciri-ciri Paragraf campuran

  • Memiliki kalimat utama pada kalimat di awal Paragraf dan kemudian diberi penekanan atau penegasan kembali pada kalimat di akhir paragraf.
  • Memiliki kata kunci yang bersisfat variatif atau bisa di ulang-ulang dan juga diganti dengan kata kunci yang lain.

Contoh Paragraf Campuran

Manusia merupakan makhluk majemuk yang bersifat sosial. Artinya segala kegiatan yang kita lakukan atau yang ingin kita  lakaukan dalam kehidupan kita memerlukan manusia lainnya. Seperti contoh yakni dalam memenuhi kebutuhan pokok yang mendasar seperti makan, tentunya kita membutuhkan orang lain seperti petani yang menanam beras di sawah untuk kita jadikan nasi nantinya, peternak yang berternak sapi atau ayam yang bisa kita ambil dagingnya, nelayan yang menangkap ikan di laut dan laiin sebagainya. Semua kegiatan yang kita lakukan setiap harinya tidaklah luput dari campur tangan orang lain.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Paragraf Deduktif, Paragraf Induktif, dan Kalimat Campuran. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :