Pemasaran Jasa – Pengertian, Karakteristik Dan Strategi

Pemasaran Jasa – Apa itu pemasaran jasa? Pemasaran Jasa adalah suatu kegiatan yang tidak bisa dianggap sebagai fungsi tersendiri. Agar lebih jelas kami kan mengulas materi mengenai Pemasaran Jasa mulai dari Pengertian, Karateristik Dan Strategi. Jadi, Simaklah ulasannya di bawah ini.

Pemasaran Jasa
Pemasaran Jasa

Pengertian Pemasaran Jasa

Pemasaran Jasa adalah suatu kegiatan yang tidak bisa dianggap sebagai fungsi tersendiri. Adanya konsumen berpotensial yang mempunyai kebutuhan dan keinginan tertentu, serta mau dan mampu berpartisipasi dalam pertukaran yang sudah disepakati untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya disebut pasar.

Sedangkan, pengertian pemasaran jasa ialah suatu proses kegiatan yang memiliki manfaat lalu ditawarkan atau dijual dan diberikan oleh suatu pihak pada dasarnya ialah bersifat tidak berwujud (intangible).

Pengertian Pemasaran Jasa Menurut Para Ahli

  • Kotler

Menurut Kotler, Pemasaran ialah suatu proses perencanaan atau pelaksanaan dari perwujudan, pemberian harga, promosi dan distribusi dari barang/jasa serta suatu alasan untuk bisa mengadakan pertukaran dengan kelompok yang menjadi sasaran untuk memenuhi tujuan konsumen atau organisasi.

  • Payne

Menurut Payne, Jasa ialah suatu kegiatan ekonomi yang mempunyai sejumlah unsur yang tidak berwujud atau intangible namun saling berkaitan, adanya interaksi dengan konsumen. Jasa merupakan suatu aktivitas, manfaat, dan kepuasan yang ditawarkan kepada konsumen. Contohnya adalah yaitupenjahit dan lain sebagainya.

  • Christoper Lovelock & Lauren K Wright

Menurut Christoper Lovelock & Lauren K Wright, Pemasaran jasa ialah bagian dari sistem jasa secara keseluruhan yaitu dimana perusahaan tersebut memiliki suatu kontak atau pelanggannya, mulai dari pengiklanan hingga penagihan, hal itu mencakup kontak yang dilakukan pada saat pemaserahan  jasa.

  • Rismiati

Menurut Rismiati, Pemasaran jasa ialah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak yang lain dan merupakan barang tidak berwujud suwatu intangible serta tidak berakibat pada kepemilikan akan sesuatu.

 Karakteristik Pemasaran Jasa

Karakteristik Pemasaran Jasa

Menurut Kotler dan Armstrong, ada 4 (empat) karakteristik pemasaran jasa yaitu:

  • Tidak Berwujud (Intangibility)

Jasa merupakan suatu hal yang tidak bisa dilihat, diraba, dirasa, dan didengar, dicium, atau menggunakan indra lainnya sebelum jasa tersebut dibeli. Hal tersebut membedakan jasa dengan hasil produk  barang dari perusahaan.

Wujud suatu produk jasa seperti perbuatan, penampilan atau usaha lainnya yang tidak bisa disimpan, dipakai atau diletakan di sebuah tempat yang diinginkan. Wujud dari produksi jasa ini bisa memberikan pengalaman dan  bisa mempengaruhi kepuasan konsumen.

Hal tersebut merupakan hal sulit untuk mengevaluasi atau suatu produk jasa. Untuk itu, tugas perusahaan yaitu memberikan atau pelayanan atau jasa yang nyata dalam satu yaitu lebih cara dan mengirim isyarat yang tetap mengenai kualitas perusahaan.

  • Tidak Terpisahkan (Inseparability)

Jasa tidak bisa dipisahkan dari penyedia  pelayanan atau jasanya, baik  orang dan mesin. Jika seorang karyawan itu memberikan jasa atau pelayanan, maka karyawan itu menjadi bagian dari proses atau  pelayanan tersebut karena konsumen juga hadir pada saat jasa diberikan.

Jasa diberikan dan dikonsumsi secara bersamaan. Tidak sama dengan barang fisik dan yang diproduksi dan disimpan dalam persediaan, lalu didistribusikan lewat dari berbagai penjualan, baru bisa dikonsumsi, Biasanya jasa itu ditawarkan terlebih dahulu lalu diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan atau sering disebut tidak terpisahkan.

  • Bervariasi (Variability)

Jasa memiliki banyak variasi karena jasa selalu tergantung pada siapa yang menyediakan dan kapan hal tersebut terjadi serta dimana jasa itu dilakukan.

Contohnya jasa yang ditawarkan suatu hotel. Meski setiap hotel memiliki standar yang sama, Tapi jasa yang diberikan akan bervariasi. Hal ini menerangkan bahwa kualitas pelayanan karyawan bervariasi tergantung dengan energi dan pemikiran yang dimilikinya saat melayani konsumennya.

  • Tidak Tahan Lama (Perishability)

Suatu jasa tidak dapat disimpan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tidak tahan lamanya jasa tidak jadi masalah apabila permintaan tetap. Sedangkan, Apabila permintaan akan jasa tersebut berfluktuasi, maka perusahaan jasa tersebut bisa menghadapi masalah.

Strategi Pemasaran Jasa

Strategi Pemasaran

 

Adapun strategi pemasaran jasa, diantaranya yaitu:

  • Memberikan pelayanan secara efisien

Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai sesuai keinginan konsumen, secara tidak langsung hal tersebut bisa saja mempengaruhi konsumen untuk kembali  menggunakan jasa yang ditawarkan. Karena pada biasanya konsumen tidak suka jika menunggu terlalu lama akan pelayanan yang mereka butuhkan.

  • Peran karyawan dalam melayani konsumen

Pelayanan yang dilakukan karyawan dengan baik pada dasarnya konsumentermasuk daya tarik tersendiri untuk konsumen. Karena citra perusahaan dan ditentukan oleh kinerja karyawan.
Penentuan harga yang sudah ditawarkan sebaiknya disesuaikan dengan manfaat yang diperoleh konsumen dari produk jasa yang diberikan.

  • Penggunaan perkembangan teknologi serta inovasi

Untuk bisamenghasilkan produk jasa dan yang mampu memberikan suatu kepuasan yang lebih bagi konsumen. Jika teknologi itu yang digunakan semakin canggih, maka semakin cepat pula pelayanan  akan diberikan untuk konsumen.

  • Menyesuaikan dengan budaya yang berkembang

Karena budaya yang berkembang pada saat ini akan sangat mempengaruhi peluang akan pasar jasa.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pemasaran Jasa, Semoga bermanfaat…

Artikel Lainnya :