Pembukaan Pidato

Posted on
Pembukaan-Pidato

Artikel makalah Pembukaan Pidato – Melipiuti dari pengertian, teknik, etika, salam, kalimat, teks, sipat, contoh dan gambar supaya mudah di mengeti.

Apa itu Pembukaan Pidato – pembukaan pidato adalah sebagian besar dari kita pasti tidak asing lagi dengan istilah pidato karena dapat di pastikan seseorang yang masih sekolah atau yang menekuni pendidikan di bidang agama pasti akan berpidato atau tepatnya pada saat ucapcara bendera.

Nah lansung saja simak penjelasan di bawah ini :

Daftar Menu Artikel

Pengertian Pidato

Pidato adalah salah satu kegiatan dalam bentuk berbicaca di depan orang banyak atau dapat juga untuk mengemukakan pendapat serta memberikan informasi atau gambaran mengenai suatu hal.

Pidato dapat disusun dengan rapi dan baik dalam rangka kegiatan sehingga enak untuk didengarkan oleh orang banyak dan dapat memberikan kesan positif bagi yang mendengarkan pidato tersebut. 

Pidato biasanya dapat disampaikan oleh pemimpin atau orang yang dianggap penting dalam memberikan arahan atau sebuah nasehat kepada para pendengarnya.

Baca Juga: Pidato Perpisahan Kelas 6

Jenis Jenis Pidato

Dari penjelasan singkat di atas maka terdapat beberapa jenis pidato jika yang berdasarkan dari isi pidato tersebut adalah.

  • Jenis pidato pembukaan
  • Jenis pidato sambutan
  • Jenis pidato laporan
  • Jenis pidato pertanggung jawaban
  • Jenis pidato pengarahan
  • Jenis pidato peresmian

Contoh Pembukaan Pidato

Untuk melakukan pidato dengan baik dan benar setidak nya harus menguasai kosa kata dengan benar sehingga bagi yang mendengarkan di merasa bosan dan pendengar pun nyaman dengan isi pidato.

Berikut beberapa contoh pembukaan dalam berpidato :

Baca Juga: Cara Membaca Berita Yang Baik

Contoh 1

Contoh pembukaan pidato tentang kabar dan perkenalan

Hai teman-teman Bagaimana kabar kalian semua, pastinya dalam keadaan sehat dan baik kan.

Ada sebuah pepetah yang menyatakan bahwa tak kenal maka tak sayang?

Maka dari itu berdirinya saya disi sini akan berkenalan dengan kalian semua

Nama saya adalah dadang saputra saya biasanya dipanggil dadang dan saya lahir di palembang pada tanggal 02 september 1989 dengan pekerjaan tidak jelas, Apakah kalian ini seperti saya tentu tidak kan

Kalau begitu saya akan membagikan sebuah cerita tentang pengalaman pada saat saat menjadi blogger sangat banyak sekali kejadian yang saya alami tentang kesalahan dalam melakukan penulisan.

Nah itulah semoga kedepanya pembukaan ini dapat berguna dan mudah di pahami.

selanjutnya bagian Isi pidato

Contoh 2

Contoh pembukaan pidato Salam dan doa

Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Semua puji untuk Allah yang maha esa sehingga kita masih menjadi jiwa yang sehat dan kuat dan mampu berbuat baik yang di dasari kepercayaan diri.

Dengan demikian marilah kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita ke pada alloh SWT, agar kita bisa berbakti kepadanya dengan keimanan yang kokoh.

Sehingga itulah penyebab kita memiliki badan yang lebih kuat dalam menyampaikan betapa pentingnya kita bertakwa kepada alloah SWT.

Terkadang untuk mendapatkan kedudukan yang tinggi harus di awali dengan perjalanan dan pengalaman yang sulit dan pahit.

supaya nantinya kita menjadi seorang yang sukses. Amin

Selanjutnya isi dari pidato

Contoh 3

Pembukaan Pidato dengan Bersyukur kepada Tuhan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja serta puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dan berkat rahmat dan hidayahnya lah kita dapat berkumpul di ruangan ini

Dan dalam keadaan yang sehat walafiat dan tidak kekurangan suatu apapun. Amin

Selalu tercurahkan dan tersanjung anjungkan kepada suri tauladan kita kepada baginda nabi kita, Nabi Muhammad SAW


Para hadirin yang terhormat izinkanlah saya pada kesempatan yang mulia ini untuk menyampaikan pidato mengenai.

Dilanjutkan dengan tema dan isi Pidato

Contoh 4

Pembukaan Pidato dengan Bumbu Humor

Hadirin yang berbahagia

Pernahkah dalam hidup kita menyadari mengapa para pengusaha memiliki tubuh yang lebih subur, jika kita dibandingkan dengan para pegawai dan para petani.

Hal ini di karenakan maslah yang misteri bagi saya pribadi, mengapa hal itu akan terjadi, Namun setelah saya selidiki atau bertanya kepada teman-teman.

Ternyata pengusaha tersebut kerjaannya hanya makan dan tidur saja,
Sedangkan para pegawai harus bekerja siang dan malam sehingga mengurasa waktu dan tenaga untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
Akibatnya karyawan akan menjadi kurus

Melalui pembyukaan pidato ini saya akan menyampaikan pentingnya menjadi jiwa wirausaha di dalam diri agar memiliki perut yang subur juga.

Dilanjutkan isi dari pidato

Contoh 5

Contoh Bahasa Jawa

Asalamualikum warrahmatullahi wabarakatuh

Dhumateng bapak/ibu sedaya

Dhumateng tamu undangan sedaya

Lan dhumateng rencang sedaya Monggo sedaya bebarengan ngaturaken puja lan puji marang Gusti Allah SWT ring maringi kita sedaya.

kasehatan lan rezeki seng katah Ingkang kapindon kita haturaken marang kanjeng nabi sedaya yaiku Nabi Muhammad Saw, mugi-mugi kita sedaya kalebet lan umati pun ingkang angsal syafaatipun mangke lan akhirat.

Dilanjutkan ini dari pidato

Penutup

Demikian yang dapat kami sampikan mengenai pembahasan kalimat pemukaan pidato dan beberapa contoh nya semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih

Baca Jaga: Pidato Perpisahan Kelas 9