Penelitian Kuantitatif

Posted on
Penelitian-Kuantitatif

Artikel makalah tentang Penelitian Kuantitatif – meliputi dari pengertian, jenis, metode, ciri, karakteristik, sistematika, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu Penelitian kuantitatif – hal ini merupakan sebuah penelitian yang tidak mementingkan dalam keadaaan suatu data karena tidak mengacu pada data tersebut supaya bisa merekam data yang banyak dan menemukan hasil.

Langsung saja simak penjelasan di bawah ini dalam penulisan artikel kami:

Pengertian Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif merupakan suatu jenis dengan penelitian yang sistematis serta terstruktur sehingga dapat tersusun dengan benar hingga awal hingga akhir penelitian dengan analisis angka statistik.

Penelitian dapat mebambah ilmu pengetahuan tentang dampak yang sangat mendalam karena mampu menguji teori yang akan memberikan sikap atas solusi dari permasalahan oleh masyarakat.

Baca Juga: Anatomi Tubuh Manusia

Karakeristik Penelitian Kuantitatif

Dari penjelasan singkat di atas maka terdapat juga karakteristik penelitian kuantitatif adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan pola berpikir deduktif – adalah bentuk rasional empiris atau top-down yang akan memahami suatu fenomena dengan konsep yang bersifat khusus.
  • Logika – adalah bentuk dan logika positivistik dengan menghundari hal yang bersifat subjektif.
  • Proses penelitian – adalah bentuk dalam mengikuti prosedur yang telah direncanakan dari awal.
  • Tujuan – adalah bentuk penelitian untuk menyususun nomotetik dengan membuat hokum dari generalisasinya.
  • Subjek – adalah bentuk yang diteliti dengan sumber data yang dibutuhkan sesuai dengan apa yang direncanakan pada sebelumnya.
  • Pengumpulan adalah bentuk yang melalui dengan pengukuran pada alat yang objektif.
  • Melibatkan – adalah untuk penghitungan angka dengan penelitian yang bersifat kuantifikasi pada data.
  • Analisis – adalah bentuk yang dilakukan setelah semua data telah terkumpul.
  • Hasil penelitian – adalah bentuk dari generalisasi yang terlepas dari konteks waktu dan situasi di dalamnya.

Jenis Penelitian Kuantitatif

Pendekatan dalam kuantitatit maka terdapat beberapa jenis yang dapat mempengaruhi tentang penelitian tersebut.

Berikut jenis-jenis penelitian kuantitatif adalah sebagai berikut:

A. Jenis Eksperimen

Eksperimen merupakan jenis dengan penelitian untuk mencari dari hubungan kausalitas dengan eksperimen yang dapat mengubah tentang besar kecilnya variabel dalam penelitian, dengan demikian jenis penelitian ini akan dapat memanfaatkan minyak atsiri dari limbah untuk pengendalian penelitian tersebut.

B. Jenis Survei

Survai merupakan suatu metode untuk memperoleh beberapa informasi tentang karakteristik karena akan mandapatkan tindakan dengan mewakili populasi yang melajui pada kuesioner dalam bentuk variabel penelitian.

C. Jenis Deskriptif Kuantltatif

Deskriptif kuantltatif merupakan suatu jenis penelitian yang menggambarkan bahwa angka yang telah diolah dengan sesuai standardisasi yang tertentu.

D. Jenis Eksplanatif

Eksplanatif merupakan suatu jenis dengan penelitian yang akan menjelaskan bentuk variabe serta memiliki kecenderungan sebagai akibat variabel dengan bebas.

E. Jenis Komparatif

Kompratif merupakan jenis penelitian yang akan membandingkan dari dua gejala atau Iebih karena memiliki bentuk variabel yang sama untuk menghasilkan penelitian dengan sampel yang sama.

F. Jenis Eksploratif

Eksploratif merupakan jenis penelian kuantitatf yang akan mengenali suatu fenomena yang bersifat sosial dengan apa yang ingin diketahui sehingga dapat menimbulkan generasi yang baik.

G. Jenis Korelasion

Korelasion merupakan jenis penelitian yang akan menyelidiki beberapa dampak variasi dari suatu faktor dengan berkaitan dari beberapa faktor yang lainnya sehingga dapat meningkatkan kemampuan Bahasa.

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi

Ciri ciri Penelitian Kuantitatif

Dari penjelasan di atas dengan beragam bentuk penelitian atau karakteristik nya.

Berikut ciri-ciri tentang penelitian tersebut adalah:

  • Etik : artinya bentuk penelitian yang akan mementingkan pada pandangan orang lain.
  • Bersifat spesifik seta jelas dan terperinci.
  • Aplikasi stafistik yang besifat instrumen dalam jenis penelitian kuantitatif ini.
  • Menunjukkan antar hubungan dari varlabel
  • Teori bersifat hipotesis dan deduktif.
  • Hubungan harus memiliki informan antara jarak dengan jangaka yang pendek.
  • Analisis dapat dilakukan setelah data sudah terkumpul dengan baik.
  • Pengumpulan data dengan adanya eksperimen dengan survei dan angket.

Teknik Penelitian Kuantitatif

Ppenelitian kuantitatif merupakan salah satu dari bagian dari populasi yang akan diperoleh dengan cara untuk menentukan hasil sampel yang akan disesuaikan dengan jumlah populasi.

Dengan demikian langkah-Iangkah dalam memilih sampel dapat juga dilakukan dengan cara menentukan besaran sampel dengan memilih sampel nya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sampel acak – yaitu teknik dengan pengambilan sampel yang akan di jadikan anggota dari populasinya dengan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadikan anggota sampel.
  • Sampel terstratifikasi – yaitu teknik dengan pengambilan sampel yang akan digunakan terhadap sampel apabila memiliki beberapa tingkatan.
  • Sampel rumpun – yaitu teknik dengan pengambilan sampel secara acak yang di lakukan dengan perbedaan bahwa dari unit sampelnya dengan mengumpulkan unsur-unsur yang tertentu.
  • Proportional samplingyaitu teknik dengan cara pengambilan tiap-tiap sampel dengan subpopulasi atau sub populasi.
  • Area probability sampling yaitu teknik dengan cara pengambilan yang berdasarkan pembagian area pada titik yang tertentu.
  • Incidental sampling yaitu teknik dengan cara pengambilan sampel yang kebetulan.
  • Quota sampling yaitu teknik dengan cara untuk menentukan sampel serta popuasi dengan memiliki kriteria yang tertentu dalam jumlah yang banyak.

Demikinalah yang dapat kami sampaikan mengenai Penelitian Kuantitatif dan beberapa teknik serta karakteristik nya, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan kita semua, dan semoga dapat berguna dan bermanfaat. Terima Kasih

Baca Juga: Manfaat Tegnologi Bagi Kehidupan