Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Terlengkap – Pengawasan merupakan proses guna memastikan bahwa segala aktifitas yang terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahsan kami mengenai Materi Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli di bawah ini.

Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli

Pengertian Pengawasan

Pengawasan merupakan sebuah proses dalam menetapkan ukuran kinerja dan pengambilan tindakan yang bisa mendukung dalam pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan kinerja atau sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan tersebut. Selain itu, pengawasan merupakan proses guna memastikan bahwa segala aktifitas yang terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli

Agar menambah pemahaman kita mengenai Pengawasan maka simaklah definisi pengawasan dari beberapa ahli berikut ini ;

  • Siagian (1990:107)

Pengawasan merupakan sebuah proses pengamatan daripada pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin agar supaya semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.

  • Newman

Beliau menjelaskan dengan singkat bahwa pengawasan adalah sesuai dengan rencana.

  • Jusuf Juhir, SH & Victor M. Situmorang, SH

Pengawasan merupakan bentuk upaya dan tindakan dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tugas yang dilaksanakan menurut ketentuan dan sasaran yang ingin dicapai.

  • Soekarno K.

Pengawasan merupakan proses yang menentukan mengenai hal agar apa yang harus dikerjakan, dan supaya apa yang diselenggarakan bisa sejalan sesuai dengan rencana.

  • Sarwoto

Pengawasan merupakan sebuah kegiatan dari manajer yang mengusahakan supaya pekerjaan bisa terlaksana sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan ataupun hasil sesuai dengan apa yang menjadi keinginan.

  • George R. Tery (2006:395)

Pengawasan yakni sebagai mendeterminasi apa yang telah dilaksanakan, maksudnya mengevaluasi prestasi kerja dan menerapkan tidankan-tindakan korektif sehingga hasil pekerjaan sesuai dengan keinginan dan sesuai dengan apa yang sudah di tentukan.

  • S.P. Siagian

Pengawasan merupakan proses pengamatan pelaksanaan dari seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin seluruh aktivitas pekerjaan yang sedang dilakukan dapat sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.

  • M. Manullang

Pengawasan merupakan upaya dalam menentukan pekerjaan apa yang telah dilaksanakan, menilainya dan juga mengoreksinya dan bila perlu dengan sebuah maksud agar pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

Baca Juga :  Jenis - Jenis Validitas Beserta Penjelasannya [Lengkap]
  • Henry Fayol

Pengawasan yakni terdiri dari pengujian apakah aktivias pekerjaan berlangsung sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan dengan instruksi yang sudah digariskan.

  • Dale

Beliau mengatakan bahwa pengawasan tidak hanya melihat sesuatu dengan seksama dan melaporkan hasil kegiatan mengawasi, tetapi juga mengandung arti memperbaiki dan meluruskannya sehingga mencapai tujuan yang sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya.

  • Admosudirdjo

Pengawasan merupakan bentuk dari keseluruhan kegiatan yang membandingkan atau mengukur apa yang sedang atau sudah dilaksanakan dengan kriteria, norma-norma, standar atau rencana yang telah ditetapkan.

  • Robbin

Pengawasan merupakan proses aktivitas yang sangat mendasar, sehingga membutuhkan seorang manajer untuk menjalankan tugas dan pekerjaan dari perusahaan ataupun organisasi.

  • Kertonegoro (1998:163)

Pengawasan merupakan proses melaui manajer berusaha memperoleh kayakinan bahwa kegiatan yang dilakukan sesuai dengan apa yang telah di rencanakan.

  • Terry

Pengawasan yakni ialah untuk menentukan apa yang telah dicapai dari hasil pekerjaan pekerja, mengadakan evaluasi atasannya, dan mengambil tindakan-tindakan yang korektif apabila diperlukan untuk menjamin agar hasilnya sesuai dengan rencana.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (100%) 2 vote[s]