Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli – Akuntansi adalah sebuah proses pengindentifikasian, pengukuran serta pengkomunikasian informasi ekonomi agar bisa memungkinkan pengguna untuk membuat pertimbangan dan keputusan. Untuk lebih jelasnya maka simaklah Materi makalah definisi  Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli di bawah ini.

Pengertian Akutansi Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi

Akuntansi merupakan pengukuran, pengumpulan, penjabaran, dan pemberian informasi yang dengan hal tersebut akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan yang lain untuk menciptakan alokasi sumber daya keputusan di dalam sebuah perusahaan, organisasi non-profit, serta lembaga pemerintah.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

berikut ini pendapat para ahli mengenai pengertian akuntansi, adapun para ahli tersebut dianataranya :

  • Sunyanto (1999)

Akuntansi adalah suatu  proses pengumpulan, pengidentifikasian, pencatatan, peringkasan dan penyajian atau pelaporan dari transaksi-transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya untuk pengambilan sebuah keputusan.

  • AbuBakar A, & Wibowo

Akuntansi adalah prosedur mengakui, pencatatan serta korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau dari organisasi.

  • Dr. M. Gede

Akuntansi merupakan ilmu pengetahuan terapan dan juga merupakan seni pencatatan di mana pengolahannya serta analisa catatan tersebut dilakukan terus-menerus berdasarkan aturan dan sistem tertentu, hingga tersusun suatu laporan keuangan yang menjadi bentuk pertanggung jawaban dari pimpinan dari perusahaan atas kinerjanya.

  • Wilopo (2005)

Akuntansi merupakan proses mengidentifikasikan, mengukur serta melaporkan informasi ekonomi, guna memungkinkan adanya penilaian dan juga keputusan yang jelas serta tegas bagi mereka yang memakai informasi tersebut.

  • Arnold

Arnold menjelaskan bahwa akuntansi dilihat sebagai suatu sistem untuk memberikan informasi kepada siapa saja yang harus membuat keputusan serta mengendalikan penerapan dari keputusan tersebut.

  • Mulyadi

Akuntansi didefinisikan olehnya sebagai organisasi formulir, catatan serta laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk memberikan informasi mengenai keuangan yang diperlukan oleh manajemen untuk memudahkan pengelolaan perusahaan. Dapat di tarik kesimpulan bahwa akuntansi difungsikan sebagai alat untuk mencatat dan menyajikan laporan keuangan guna mempermudah manajemen dalam mengelola perusahaan.

  • Firdaus A. Dunia

Akuntansi ialah sebagai suatu sistem informasi yang menyediakan laporan kepada berbagai pemakai atau pembuat keputusan mengenai hal yang berkenaan dengan kegiatan bisnis dari suatu kesatuan ekonomi.

  • Warren dkk

Mereka menjelaskan bahwa akuntansi sebagai suatu informasi yang menghasilkan suatu laporan yang memang dperlukan oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap suatu kegiatan ekonomi dan kondisi suatu perusahaan.

  • Financial Accounting Standars Board (FASB)

Akuntansi merupakan kegiatan jasa yang fungsinya ialah menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

  • Horngern (2000)

Akuntansi ialah sebagai proses pencatatan, pengukuran serta penyampaian-penyampaian informasi ekonomi agar bisa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan maupun kebijaksanaan.

  • Winarno (2006)

Akuntansi merupakan suatu proses mencatat, mengolah data transaksi serta menyajikan sebuah informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

  • Henry Simamora (2005)

Akuntansi merupakan sebuah proses pengukuran kegiatan ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak yang ada kaittannya dengan hal tersebut.

  • Frederich D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Akuntansi adalah sebuah proses pengindentifikasian, pengukuran serta pengkomunikasian informasi ekonomi agar bisa memungkinkan pengguna untuk membuat pertimbangan dan keputusan.

  • Sophar Lumbantoruan

Akuntansi merupakan alat yang dipakai sebagai bahasa bisnis yang mana informasi yang disampaikan hanya akan dipahami apabila mekanisme akuntansi sudah dimengerti.

  • Rudianto

Rudianto dalam bukunya, akuntansi yakni sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan yang akan dilaporkan kepada pihak-pihak berkepentingan tentang kegiatan ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

  • Sofyan Harahap (2005)

Sofyan menjelaskan, akuntansi yakni ialah sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur, serta memberikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi guna mempertimbangkan berbagai alternatif dalam mengambil sebuah kesimpulan oleh penggunanya.

  • Hans Kartikahadi, dkk. (2016:3)

Akuntansi merupakan suatu sistem informasi keuangan, yang tujuannya yakni ialah untuk menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan bagi pihak-pihak yang berkepentingan”.

  • Firdaus A. Dunia

Akuntansi merupakan sebagai suatu sistem informasi yang menyediakan laporan kepada para pengguna atau pembuat keputusan mengenai hal yang berkenaan dengan kegiatan bisnis dari suatu kesatuan ekonomi.

  • Horngern (2000)

Akuntansi ialah sebagai proses pencatatan, pengukuran dan penyediaan informasi ekonomi yang kemudian digunakan sebagai dasar pengambilan sebuah keputusan atau kebijaksanaan.

Demikaianlah ulasan kami mengenai Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya  :