Pengertian Analisis

Posted on
Pengertian Analisis

Artikel makalah tentang Pengertian Analisis pekerjaan, meliputi dari fungsi, manfaat, tujuan, jenis, langkah dan contoh nya supaya mudah untuk di pahami.

Apa Analisis Itu,,, Hal ini merupakan salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan oleh hampir semua elemen sosial dalam membuat keputusan kecil atau besar sehingga hal ini juga dapat di katakan sebagai suatu kegiatan teknik analisis data sebelum mengambil keputusan dan hal ini juga memiliki konsep dalam penggunaan dari berbagai jenis teknik analisis data.

Nah bagi anda yang masih bingung untuk memahami apa itu analisis, langsung saja simak pembahasn di bawah ini:

Pengertian Analisis

Analisis adalah suatu kegiatan yang memiliki serangkaian kegiatan untuk menganalisis dari sesuatu data untuk mengelompokkan kembali pada kriteria yang tertentu sesuai dengan maknanya.

Dengan demikian pada umumnya analisis dapat juga di artikan sebuah rangkaian aktivitas yang melibatkan banyak orang untuk melakukan kegiatan untuk dimasukkan dalam kelompok yang tertentu.

Untuk itu sebenarnya analisis juga berasal dari kata “analusis” yang berarti kata yang berbeda tetapi tergantung di mana pengunaannya dan dalam memasukkan kata itu.

Sedang Analisis menurut beberapa para ahli di antaranya adalah:

Menurut Komaruddin analisis adalah salah satu aktivitas yang menggunakan pola fikir yang kuat sehingga untuk melakukannya juga harus berfikir yang komponen yang terintegrasi.

Menurut Wiradi analisis adalah salah satu kegiatan yang dapat membedakan dalam menganalisis yang sesuai pada kriteria yang tertentu, dalam mencari makna nya.

Menurut Dwi Prastowo analisis adalah salah satu bentuk yang dapat menggambarkan dari suatu peristiwa dengan berbagai hubungan antara mendapat yang berbeda pemahaman.

Menurut Syahrul analisis adalah salah satu kegiatan analitik dalam akuntansi sehingga terdapat beberapa item atau paragraf dengan alasan yang berbeda.

Kamus besar Bahasa Indonesia Analisis adalah salah satu investigasi dari peristiwa yang dapat menentukan sebab dan akibat yang berbeda dan dapat juga menafsirkan nya.

Baca Juga: Pengertian Sosial

Fungsi dan Tujuan Analisis

Berdasarkan pemahaman di atas bahwa Analisis fungsi sebagai alat yang dapat mengumpulkan sejumlah data yang akan diperoleh dari hal yang tertentu sehingga dapat diperoleh beberapa metode dan alternatif untuk memecahkan masalah tersebut.

Dalam membangun bisnis atau pabrik di salah satu lokasi maka beberapa faktor yang dapat mendukung dan dapat juga dipertimbangkan untuk mengetahui dalam pengembangan suatu peristiwa dan dapat juga menguntungkan.

Sedangkan fungsi dasar analisis adalah untuk mengidentifikasi sekumpulan data dari hal-hal yang tertentu untuk menarik kesimpulan dan akan digunakan untuk menentukan kebijakan dan membuat keputusan untuk memecahkan masalah.

Jenis Jenis Analisis

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa jenis yang terdapat pada analisis sebagai metode yang dapay diambil dari setiap jenis nya.

Berikut beberapa jenis analisis adalah :

1. Analisis Logika

Analisis Logika merupakan sebuah analisis yang di dasari dari sutu prinsip yang tertentu atau yang di dasari dari logika yang sangat jelas pada hal yang tertentu.

Contohnya:

  • Analisis universal : adalah sebuah rincian yang sesuai dengan istilah pada ketentuan yang umum dalam menyusun komponen nya.
  • Analisis dikotomis : adalah sebuah kelompok yang di dasari dari dua kelompok yang terpisah sehinga dapat penghapusan menemukan penyelesaian pada analisis nya.

2. Analisis realis

Analisis realis adalah sebuah kata yang menggunakan urutan objek sebagai pembenaran pada saat melakukan proses analisis.

Contohnya:

  • Analisis tanah : adalah sebauh penguraian yang berdasarkan karakteristik yang melekat pada perwujudan.
  • Analisis esensial : adalah sebuah dekomposisi berdasarkan komponen dasar.

Baca Juga: Pengertian Hubungan Internasional

Langkah Langkah Teknik Analisis

Setelah mengetahui dari berbagai pembahasan di ats maka kami juga akan memberikan beberapa Langkah untuk melakukan analisis data diantaranya.

  • Periksa kelengkapan data
  • Periksa kualitas data
  • Tentukan kualitas pengukuran
  • Lakukan pengelompokan data
  • Lakukan analisis, apakah analisis data kualitatif atau kuantitatif

Contoh Analisis

Nah dari beberapa ulasn di atas maka kami juga akam beberikan contoh dari analisis diantaranya adalahs sebagai berikut.

Contoh analisis mengacu pada perusahaan

Dalam hal ini analisis dapat digunakan untuk perpanjangan dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman sehingga dapat mencakup dari berbagai elemen yang akan digunakan untuk memeriksa kinerja dan struktur perusahaan pada gilirannya.

Hanya hasil analisis SWOT yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan perusahaan dan dapat mengatasi krisis internal atau eksternal perusahaan itu sendiri.

Selain itu, hasil analisis dapat digunakan sebagai arsip dan perbandingan pengembangan perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan untuk pengembangan produk perusahaan.

Nah demikianlah yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang Pengertian Analisis dan beberapa faktornya, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Konflik