Pengertian Apresiasi

Posted on
Pengertian Apresiasi

Artikel makalah membahas tentang Pengertian Apresiasi secara umum, meliputi dari fungsi, tujuan, manfaat, ciri ciri, metode, proses, jenis, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa apresiasi itu,,, Hal ini merupakan salah satu proses yang memiliki bentuk suatu penghargaan sehingga terdapat penilaian di dalamnya, karna hal ini sasling berhubungan dengan karya seni. Kata Apresiasi juga salah satu kata ungkapan pada penilaian atau penghargaan yang bersifat positif.

Nah untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Apresiasi

Apresiasi adalah sebuah kata yang mempunyai arti sebagai menghargai atau dengan kata lain sebagai penghargaan untuk membuat orang lebih semangat melakukan sesuatu hal yang bermanfaat.

Dalam hal ini kata apresiasi dapat dibentuk dengan kata “penghargaan” yang memiliki pengertian untuk memberukan dukungan kepada seseorang yang memiliki akpresiasi yang tinggi.

Dengan demikian dalam terminologi apresiasi adalah sebuah proses untuk melakukan penilaian terhadap hal yang positif yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada seseorang.

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

Dari ulasan di atas supaya lebih memahami arti kata apresiasi, maka kami juga akan menjelasnkan beberapa definisi apresiasi menurut beberapa parah ahli diantaranya:

Menurut Prayogi teleh menyatakan bahwa apresiasi adalah sebuah aktivitas yang dapat memberikan penghargaan sebagai hasil penggunaan dan penilaian terhadap seseorang yang telah melakukan karya sastra atau karya seni yang baik.

Menurut S. E Effendi Teleh menyatakan bahwah apresiasi adalah sebuah aktivitas yang memiliki hasil dari cipta sastra yang sungguh-sungguh, sehingga berhak mendapatkan ucapan apresiasi atau penghargaan.

Menurut Verbeek Telah menyatakan bahwa apresiasi adalah salah satu ucapan dengan kesadaran dalam memberikan penilaian terhadap karya seni dalam melibatkan perasaan.

Menurut Hornby Telah menyatakan bahwa apresiasi adalah sebuah pengenalan dengan pemahaman secara tepat sehinga akan di pertimbangan dan akan mendapatkan penilaian.

Menurut Elliyati Telah menyatakan bahwa apresiasi adalah sebuah kegiatan yang memiliki karya sastra dan dapat di lakukan dengan sungguh-sungguh sehinga dapat menemukan penjiwaan yang baik.

Menurut Albert R. Candler Telah menyatakan bahwa apresiasi adalah sebuah proses yang dapat di artikan untuk menyadarkan seseorang menjadi sensitif sehingga akan menikmati hasil karya nya.

Baca Juga: Pengertian Analisis

Tahap Tahap Apresiasi

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa tahapan untuk mendapatkan apresiasi.

Berikut adalah tahapan apresiasi diantaranya :

  • Pengamatan adalah salah satu tahapan yang dapat diproses dalam sebuah karya seni tetapi tidak mendapatkan penghargaan
  • Aktivitas fisiologis adalah salah satu tahapan dengan aktivitas atau tindakan secara nyata dan dapat mengamati nya.
  • Aktivitas psikologis adalah salah satu tahapan dengan melakukan aktivitas sebagai peringkat yang membangkitkan interpretasi yang cerdik dan kreativitas.
  • Kegiatan apresiasi adalah salah satu tahapan dengan melakukan kegiatan secara mendalam terhadap sebuah karya seni.
  • Kegiatan penghargaan adalah salah satu tahapan denan melakukan kegiatan serta melibatkan objek dari karya seni.

Fungsi Apresiasi

Setelah mengetahui beberapa pembahasn di atas maka kami juga akan memberikan beberpa fungsi yang terdapat pada ungkapan apresiasi.

Berikut beberapa fungsi yang terdapat pada apresiasi adalah :

  • Untuk sarana sebagai meningkatkan rasa cinta pada pekerjaan anak-anak Indonesia.
  • Untuk sarana sebagai menghargai, menikmati, berempati, menghibur dan belajar.
  • Sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan manusia dalam berbagai cara.

Baca Juga: Pengertian Paragraf

Jenis Jenis Apresiasi

Secara umum yang dapat di ketahui pada apresiasi, untuk itu kami juga akan memberikan beberapa jenis ayang terdapat pada apresiasi.

Berikut beberapa jenis apresiasi adalah sebagai berikut:

Apresiasi Kritik Hal ini merupakan salah satu jenis apresisi yang menerapkan sebagai aktivitas dalam menilai atau menghargai salah satu hasil karya seni.

Apresiasi Estetis Hal ini merupakan salah satu jenis apresiasi yang menerapkan sebuah kegiatan serta dapat juga menilai dan menghargai hasil dari karya seni seseorang dan dapat menghayati.

Apresiasi Empatik Hal ini merupakan salah satu jenis apresiasi sebagai aktivitas yang dapat memberukan penilaian atau sebagai penghargaan,

Proses Melakukan Apresiasi

Dalam hal ini terdapat juga bebrapa proses untuk melakukan apresiasi serta mudah unutk melakukan perkembangannya dalam membuat karya tulis.

Berikut beberapa proses dalam melakukan apresiasi adalah:

  • Implementasi sebagai menerapkan.
  • Menghayati.
  • Memahami.
  • Menanggapi.
  • Melakukan pengamatan.
  • Melakukan penilaian.

Tujuan Apresiasi

Dari beberapa ulasn di atas maka, maki juga akan memberikan beberapa tujuan dari apresiasi terhadap orang lain.

Berikut beberapa tujuan dari apresiasi adalah sebagai berikut:

  • Unutk mengevaluasi dan mengembangkan nilai estetika seni
  • Dapat membangkan kemampuan dalam menciptakan dan membayangkan
  • Dapat menyempurnakan keindahan seni

Manfaat Apresiasi

Dari beberapa pembahasn yang telah kami sampaikan di atas, maka kami juga akan memberikan beberapa manfaat yang terdapat pada apresiasi dalam kehidupan.

Berikut beberapa manfaat apresiasi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Supaya mudah memahami seni dari berbagai sisi
  • Dapat meningkatkan kecintaan pada seni dan sesama manusia.
  • Menjadi sarana pendidikan, hiburan, empati dan hal-hal yang lainnya.
  • Untuk meningkatkan dan mengembangkan karya seni menjadi lebih baik di masa depan.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan pada Pengertian Apresiasi, semoga srtikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Lingkungan