Pengertian Autobiografi – Ciri-Ciri, Tujuan, Perbedaan Dan Contoh

Posted on

Pengertian Autobiografi – Apa itu Autobiografi? Autobiografi adalah biografi yang ditulis oleh subjeknya atau  dalam penggunaan modern. Untuk lebih jelasnya MateriBelajar.co.id akan mengulas materi AUTOBIOGRAFI mulai dari Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Perbedaan Autobiografi Dan Biografi Dan Contoh Autobiografi. Simaklah ulasannya dibawah ini.

Autobiografi
Autobiografi

Pengertian Autobiografi

Autobiografi atau otobiografi adalah biografi yang ditulis oleh subjeknya atau  dalam penggunaan modern, dikarang bersama-sama dengan penulis lain dan disebutkan sebagai “sebagaimana diceritakan” atau “dengan”. Autobiografi berasal dari bahasa Yunani yaitu αὐτός-autos yang berarti sendiri, βίος-bios yang berarti hidup dan γράφειν-graphein yang berarti menulis.

Pengarang auto biografi biasanya mengandalkan berbagai sudut pandang dan bermacam ragam dokumentasi, Sedangkan otobiografi bisa saja didasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang. Otobiografi juga terkait dengan memoar, dan kadang-kadang agak sukar membedakan keduanya.

Secara singkat, Pengertian autobiografi adalah tulisan yang didalamnya berisi tentang pengalaman, Riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil sampai dengan sekarang ini yang ditulis oleh dirinya sendiri (sudut pandang orang pertama).

Autobiografi berisi lika-liku kehidupan seseorang melewati masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan hingga bisa mencapai keadaanya di masa kini. Penulisan Autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama (aku, saya) berbeda dengan penulisan biografi yang menggunakan sudut pandang orang ke 3.

Ciri-Ciri Autobiografi

Adapun ciri-ciri autobiografi, diantaranya yaitu:

  • Autobiografi adalah sebuah perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dengan bantuan penulis yang lain yang dibuat berdasarkan pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri.
  • Autobiografi biasanya berisi informasi mengenai masa kehidupan tokoh itu sendiri mulai dari yang sulit hingga mencapai keberhasilan.
  • Autobiografi seringkali hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja. Bahkan sering kali, autobiografi ditulis dalam rangka, pencitraan seorang tokoh politik.
  • Autobiografi biasaya ditulis, agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui tentang apa yang sudah dilakukannya selama ia hidup, sehingga bisa diambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya.

Tujuan Autobiografi

Adapun tujuan penulisan autobiografi, diantaranya yaitu:

  • Memperkenalkan diri sendiri secara lebih detail pada orang lain.
  • Memberikan gambaran, pelajaran serta kisah-kisah inspiratif bagaimana seseorang bisa sukses dalam bidang yang sedang digeluti sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik ataupun bidang lainnya.
  • Bahan pencitraan seseorang

Perbedaan Autobiografi dan Biografi

Adapun perbedaan autobiografi dan biografi, diantaranya yaitu

  • Autobiografi adalah sebuah perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dengan bantuan penulis lain, yang dibuat berdasarkan pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri. Sedangkan Biografi ditulis oleh orang lain.
  • Autobiografi umumnya berisi informasi mengenai masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari yang sulit hingga mencapai keberhasilan. Sedangkan subjek biografi merupakan tokoh terkenal dengan banyak jasa, karya maupun pemikiran yang bermanfaat bagi orang lain.
  • Autobiografi seringkali hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja. Bahkkan sering kali, autobiografi ditulis dalam rangka, pencitraan seorang tokoh politik. Sedangkan, Biografi biasanya dibuat dengan mengandalkan literatur, dokumen penting, atau bahkan narasumber, sebagai saksi dalam mengungkapkan peristiwa, dan fakta yang terjadi, di dalam perjalanan hidup (biografi) tersebut.
  • Autobiografi biasanya ditulis, agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui tentang apa yang sudah dilakukannya selama ia hidup, sehingga bisa diambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya. Sedangkan, Biografi biasanya berisikan informasi yang mengandung hikmah, motivasi dan sejarah penting yang dapat dijadikan suri teladan bagi yang membacanya.

Contoh Autobiografi

Namaku Ridwan, Umurku sekarang adalah 15 tahun. Semasa kecil aku bercita-cita ingin menjadi pemain bulutangkis hebat yang bisa membawa nama Indonesia berkibar di pentas dunia. Aku ingin sekali membanggakan orang tuaku, teman-temanku dan tentunya negaraku.

Pada saat usiaku menginjak 7 tahun. Kakek membelikanku raket sebagai hadiah karena aku mendapat rangking 2 di kelas 1 sekolah dasar. Kakekku jago sekali bermain bulutangkis, dia selalu mengajariku bagaimana cara bermain yang baik dan menemaniku bermain bulutangkis setiap libur sekolah.

Pada saat usiaku 13 tahun, aku terpilih untuk mewakili sekolahku mengikuti kejuaraan bulutangkis antar sekolah dasar se-kecamatan Cibariuk. Itulah pertama kalinya aku mengikuti kejuaraan resmi dan ternyata aku berhasil masuk ke babak final walaupun aku ternyata harus kalah dibabak tersebut dan hanya menjadi juara 2. Tapi itu adalah pengalaman berharga yang akan selalu aku kenang.

Saat ini aku bergabung dengan salah satu sekolah bulutangkis yang ada di kotaku. Aku berharap kemampuanku semakin lama semakin meningkat agar aku bisa mewujudkan mimpi yang aku idam-idamkan.

 

Demikianlah ulasan kami mengenai AUTOBIOGRAFI, Semoga dapat bermanfaat..

Artikel Lainnya :