Pengertian Bahasa – Jenis, Fungsi, Ciri dan Sifat-Sifat Bahasa

Posted on

Pengertian Bahasa – Sebagai makhluk sosial tentunya kita sangat membutuhkan orang lain, Artinya kita harus memiliki hubungan yang baik dengan makhluk yang lainnya salah satu menjalain hubungan yang baik ialah berinteraksi atau berhubungan dengan orang lain dalam berinteraksi tentunya kita membutuhkan bahasa, lalu apa saja definisi tentang bahasa? simaklah Materi Pengertian Bahasa, Jenis-Jenis Bahasa, Fungsi Bahasa, Ciri-Ciri Bahasa dan Sifat-Sifat Bahasa di bawah.

Pengertian Bahasa

Pengertian Bahasa

Secara umum, bahasa merupakan alat komunikasi berupa bunyi dan ujaran. Alat ini memiliki kedudukan yang penting. Karena jika tanpa bahasa informasi tidak akan bisa tersampaikan dengan mudah. Bisa dibayangkan, apabila manusia hanya menggunakan gerakan untuk berinteraksi dengan mahkluk yang lain. Akan banyak keterbatasan yang terjadi. Ketidakbakuan akan menimbulkan makna yang berbeda dari narasumbernya.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Jika tadi pengertian bahasa secara umum, berikut ini adalah pengertian bahasa menurut para ahli. Adapun para ahli tersebut diantaranya :

  • Ferdinand De Saussure

Bahasa merupakan ciri yang menjadi pembeda dan paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok lainnya.

  • Plato

Pada dasarnya bahasa merupakan pernyataan dari hasil pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide individu dalam arus udara melalui mulut.

  • Bloch & Trager

Mereka mengemukakan bahwa bahasa merupakan sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.

  • Carrol

Menurutnya, Bahasa merupakan sistem yang berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang dapat digunakan dalam berinteraksi atau berkomunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa, dan proses dalam lingkungan hidup manusia.

  • Harimurti Kridalaksana

Menurutnya, Bahasa merupakan media bunyi yang digunakan untuk berkomunikasi atau berinteraksi oleh setiap masyarakat.

Jenis-Jenis Bahasa

Mungkin sebagian orang tidak banyak yang mengetahui mengenai jenis-jenis bahasa karena mungkin mereka hanya mengetahui bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-harinya saja yakni bahasa lisan atau bahasa yang keluar dari lisan atau mulut, padahal bahasa memiliki berbagai macam jenis, lalu apa saja jenis-jenis bahasa? berikut ini adalah jenis-jenis bahasa yaitu :

1. Bahasa Lisan

Bahasa lisan yaitu merupakan suatu komunikasi antar manusia untuk mengutarakan maksudnya melalui kata kata yang terucap dari lisan atau mulut.

2. Bahasa Tulisan

Bahasa tulisan yaitu adalah suatu bentuk komunikasi yang terbentuk dari berbagai kosa kata yang disusun sehingga terbentuk suatu kalimat yang memiliki arti dan bisa dipahami yang kemudian dituangkan kedalam bentuk tulisan.

3. Bahasa Isyarat

Bahasa Isyarat, yaitu adalah suatu bentuk komunikasi yang menggunakan anggota tubuh seperti tangan dan gerak bibir. Bahasa isyarat ini biasa digunakan oleh kaum tunarungu mereka mengkombinasikan antara gerakan tangan, gerak bibir, dan ekspresi wajah agar lawan bicaranya bisa memahami yang mereka maksud.

4. Bahasa Batin

Bahasa batin adalah suatu interaksi mental secara langsung menggunakan isi hati kita, bahasa batin tidak memerlukan sarana kata kata seperti jenis bahasa yang lainnya. Istilah yang lebih mirip dengan komunikasi bahasa batin yaitu telepati.

5. Bahasa Pemrograman

Tidak ada soal manusia, bahasa juga digunakan oleh berbagai tegnologi salah satunya komputer, yaitu bahasa pemrograman dunakan untuk memerintah komputer dengan menggunakan syntax syntax yang telah diatur oleh bahasa pemrograman itu sendiri, tujuannya supaya komputer bisa menjalankan apa yang kita perintahkan.

Fungsi Bahasa

Tentunya baik itu bahasa lisan, bahasa tulisan, bahasa isyarat, bahasa pemrograman memiliki fungsi tersendiri, adapun fungsi bahasa yaitu adalah :

  • Sebagai sarana berkomunikasi
  • Sebagai sarana pemersatu Suatu Bangsa
  • Sebagai Identitas Suatu Suku atau Bangsa
  • Sebagai sarana untuk berpikir.
  • Sebagai sarana untuk kontrol sosial.
  • Sebagai menunjukkan ekspresi.
  • Sebagai sarana untuk memahami diri sendiri dan orang lain.
  • Sebagai alat untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan dan sejarah.
  • Sebagai karakter dari seseorang.

Ciri-Ciri Bahasa / Sifat-Sifat Bahasa

Berikut ini adalah Ciri-ciri atau Sifat-sifat Bahasa yaitu ialah :
1. Bahasa sebagai system
Maksudnya bahwa terdiri dari komponen – komponen teratur dan berdasarkan oleh pola tertentu.
Contohnya seperti : bersistematis yaitu tersusun oleh polanya.
a.    Saya = sistematis dan bermakna
       Yasa = tidak sistematis dan tidak bermakna atau tidak memiliki arti
       Aasy = tidak sistematis dan tidak bermakna atau tidak memiliki arti
2. Bahasa sebagai lambang
Lambang – lambang bahasa diwujudkan dalam bentuk bunyi, yang berupa satuan – satuan bahasa seperti kata maupun gabungan kata.
Contohnya seperti : Bendera merah putih
a.    Merah = yang maknanya berani
       Putih  = yang maknanya suci
3. Bahasa adalah bunyi
Yang dimaksud dengan bunyi pada bahasa atau termasuk lambang bahasa yaitu ialah bunyi yang bukan dihasilkan dari alat ucap manusia tidak termasuk bunyi bahasa.
Contohnya seperti : suara atau Bunyi teriakan, bersin, batuk, dan  lainnya.
4. Bahasa itu bermakna
Seperti yang dijelaskma sebelumnya bahwa bahasa itu adalah system lambang , maka karena itu lambang – lambang itu mengacu pada suatu konsep , ide, atau pikiran, maka bisa dikatakan bahwa bahasa itu memiliki makna.
Contohnya seperti : kuda = berkaki empat binatang peliharaan yang menjadi alat transportasi.
5. Bahasa itu arbitrer
Arbitrer yaitu adalah sembarang, sewenang-wenang, maka suka, berubah-ubah. Maksudnya ialah tidak ada hubungan wajib antara lambang bahasa dengan konsep maupun pengertian yang dimaksud lambang tersebut misalnya kita tidak dapat menjelaskan hubungan antara lambang bunyi (air) dengan benda yang dilambangkan  yaitu benda cair yang digunakan,
Contohnya seperti : kuda yang disebut oleh orang

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Bahasa, Jenis-Jenis, Fungsi, Ciri dan Sifat-Sifat Bahasa. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :