Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Pemabahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli – Belajar sangatlah penting untuk di lakukan sebab dengan belajar kita akan mendapat pengalaman yang sangat berharga yang mana pengalaman itu nantinya akan berguna dikemudian hari, adapun pengertian belajar itu sendiri akan kami bahas yaitu Pengertian Belajar Menurut Para Ahli. Untuk itu simaklah pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Belajar

Belajar merupakan suatu proses atau sebuah upaya yang dilakukan oleh setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam berupa pengetahuan, keterampilan, sikap maupun nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang sudah dipelajari.

Belajar juga dapat di definisikan sebagai segala kegiatan psikis yang dilakukan oleh setiap individu sehingga terjadi perubahan tingkah yang berbeda antara sebelum dan sesudah belajar. Perubahan tingkah laku atau tanggapan karena adanya pengalaman yang baru, memiliki ilmu setelah belajar, dan kegiatan berlatih.

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Untuk menambah pemahaman kita mengenai definisi maka simaklah definisi belajar menurut beberapa ahli di bawah ini :

1. Djamarah & Zain (2010)

Menurutnya mereka belajar adalah sebuah bentuk proses perubahan perilaku yang dihasilkan dari pengalaman dan latihan. Artinya tujuan kegiatan yaitu perubahan tingkah laku, baik itu yang menyangkut pengetahuan, keterampilan maupun sikap bahkan meliputi segenap aspek organisme atau individu.

Baca Juga :  Pengertian Pantai Adalah - Manfaat, Ciri-Ciri Dan Contoh

2. Hamalik (2010)

Menurut Hamalik, Belajar merupakan proses untuk mencapai tujuan. Belajar merupakan modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui berbagai pengalaman.

3. Hamzah (2006)

Menurut Hamzah, Belajar adalah sebuah bentuk proses yang sistematis yang tiap komponennya sangat menentukan keberhasilan seseorang yang belajar tersebut.

4. Hudoyo (1990)

Menurut Hudoyo, Belajar adalah kegiatan bagi setiap orang. Seseorang bisa dikatakan belajar, bilamana bisa diasumsikan dalam diri orang itu menjadi suatu proses kegiatan yang mengakibatkan suatu perubahan tingkah laku pada orang tersebut.

5. Dimyati & Mudjiono (2006) 

Belajar adalah suatu proses internal sifatnya kompleks, yang terlibat dalam proses internal tersebut yaitu ialah yang meliputi unsur afektif, dalam matra afektif berkaitan dengan sikap, nilai, interes, apresiasi, serta penyesuaian perasaan sosial.

6. Sagala (2005)

Belajar adalah sebuah bentuk proses perubahan prilaku dari seseorang berdasarkan praktek dan pengalaman tertentu.

7. Sardiman (2008)

Menurut Sardirman, Belajar adalah perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan, seperti membaca, menulis dan masih banyak lagi contoh yang lain serta belajar itu akan lebih baik jika si subjek mengalami dan mempratekannya.

8. Reber (dikutip Suprijono, 2010)

Secara singkat beliau mendefinisikan bahwa belajar adalah proses mendapatkan pengetahuan.

9. Sanjaya (2008) 

Beliau mendefinisikan bahwa belajar sebagai proses perubahan perilaku sebagai akibat dari adanya pengalaman dan latihan.

10. Riyanto (2010)

Seseorang baru dikatakan belajar apabila seseorang tersebut bisa melakukan sesuatu dengan cara latihan-latihan sehingga yang bersangkutan mengalami perubahan tingkah laku karena banyak pengalaman yang baru.

11. Sudjana (2010)

Sudjana mendefiniskan belajar merupakan sebuah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan hasil proses belajar bisa ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti penambahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, kecakapan, kebiasaan dan juga perubahan aspek-aspek lain yang ada pada individu-individu yang belajar.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan GIMP (Pembahasan Lengkap)

12. Syah (2008)

Belajar adalah tahap perubahan perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor yang terjadi dalam diri seseorang yang belajar. Perubahan tersebut bersifat positif yang artinya berorientasi ke arah yang lebih baik, maju dari  sebelumnya.

13. Skinner (dalam Mudjiono dan Dimyati, 2006)

Beliau mendefinisikan belajar sebagai suatu perilaku. Ketika seseorang belajar, maka responnya menjadi lebih baik, sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responnya akan menurun.

14. Slameto (2010)

Belajar merupakan sebuah proses usaha yang dilakukan seseorang dengan tujuan mendapatkan perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksinya dengan lingkungannya.

15. Doris Lessing

Menurut Doris, Belajar merupakan mengerti sesuatu yang telah diketahui sepanjang hidup tetapi dengan pemahaman yang berbeda.

16. Ahmad Mudzalir (1997 : 33)

Belajar merupakan syarat mutlak untuk menjadi pandai dalam segala hal baik dalam bidang ilmu pengetahuan dan keterampilan.

17. Cronbach

Belajar sebagai sebuah kegiatan yang ditampakan dengan adanya perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.

17. Thursan Hakim (2002)

Menurut Thursan Hakim, belajar merupakan proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kecakapan pengetahuan, perubahan sikap, melakukan kebiasaan yang baik, pemahaman, keterampilan, daya fikir, dan lain-lain.

18. Winkel (2009)

Belajar merupakan suatu kegiatan mental atau pzikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan sejumlah perubahan yang relatif konstan dan juga berbekas.

19. M. Ngalim Purwanto dalam buku “Psikologi  Pendidikan”

Belajar merupakan suatu perubahan didalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, dan kepandaian.

20. Wittig (Dalam Syah, 2003 : 65-66)

Belajar merupakan perubahan yang relatif menetap yang terjadi dalam berbagai macam/keseluruhan tingkah laku suatu organisme sebagai hasil dari pengalaman.

Baca Juga :  25 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli [Lengkap]

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Belajar Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli (Pemabahasan Lengkap)
5 (100%) 1 vote[s]