Pengertian Bisnis, Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Jenis-Jenis Terlengkap

Posted on

Pengertian Bisnis, Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Jenis-Jenis – Bisnis merupakan suatu organisasi yang mencangkup penjualan barang dan jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk memperoleh keuntungan. Untuk lebih jelasnya kami akan membahas mengenai Bisnis Mulai dari Pengertian Bisnis, Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan Jenis-Jenis Bisnis. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Bisnis

Pengertian Bisnis

Bisnis merupakan suatu organisasi yang mencangkup penjualan barang dan jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk memperoleh keuntungan. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang artinya “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, maupun masyarakat.

Fungsi Bisnis

Fungsi bisnis anatar lain sebagai berikut  :

  1. Manajemen, yakni bagaimana cara karyawan serta sumber lain misalnya seperti mesin dan peralatan dijalankan oleh perusahaan.
  2. Pemasaran, yakni bagaimana cara produk dan jasa dapat berkembang, ditetapkan harganya, didistribusikan serta dipromosikan kepada konsumen
  3. Keuangan, yakni bagaimana cara perusahaan bisa memperoleh penghasilan dan memakai dana yang sudah ada untuk kegiatan bisnisnya.
  4. Akuntansi, yakni rangkuman dan analisa kondisi keuangan sebuah perusahan dan digunakan untuk merancang macam – macam keputusan sistem informasi termasuk juga masyarakat, teknologi informasi, prosedur guna memberi informasi yang sesuai dengan karyawan perusahaan agar bisa membuat keputusan bisnis.
  5. Sistem Informasi, Sebuah perusahaan menggunakan sistem informasi untuk terus menerus melakukan perbaharuan serta menganalisa sistem informasi yang merkenaan dengan operasionalnya. Hasil dari informasi dapat dimanfaakan oleh manajer di sebuah perusahaan untuk menentukan suatu keputusan bisnis.

Manfaat Bisnis

Manfaat dari suatu bisnis untuk pelakunya daiantara lain sebagai berikut :

  1. Dapat menambah percaya diri
  2. Dapat menambah pengalaman serta wawasan
  3. Dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan
  4. Dapat mengatur waktu dengan bebas
  5. Menjadi bos
  6. Akan mendapatkan pengakuan atau penghargaan
  7. Memiliki masa depan yang baik

Tujuan Bisnis

Setiap bisnis berusaha mengolah bahan untuk bisa dijadikan produk yang dibutuhkan oleh para konsumen, baik itu produk yang berupa barang dan jasa. Tujuan perusahaan membuat produk yakni untuk mendapatkan keuntungan, yang mana imbalan yang didapat oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk untuk konsumen.
Biasanya tujuan dari didirikannya bisnis atau perusahaan tidak hanya mengutamakan keuntungan saja, namun secara keseluruhan tujuan didirikannya perusahaan meliputi :
  1. Keuntungan
  2. Pengadaan barang dan juga jasa
  3. Kemakmuran pemilik faktor produksi dan masyarakat
  4. Full employment
  5. Keberadaan perusahaan dalam jangka panjang
  6. Kemajuan dan juga pertumbuhan
  7. Prestasi
Meskipun tujuan utama dari bisnis yakni mendapatkan keuntungan, itu tidak berarti mereka tidak mempunyai tujuan lain  masih karena masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih. Adapun tujuan lain yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis diantaranya :
  1. Mencukupi berbagai kebutuhannya Hidup
  2. Memakmurkan keluarga
  3. Ingin namanya dikenal oleh orang banyak
  4. Ingin menjadi penerus usaha keluarga
  5. Mencoba hal baru atau menambah pengalaman
  6. Memanfaatkan waktu luang
  7. Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain, Dll…

Jenis – Jenis Bisnis

Tentunya bisnis memiliki banyak versi atau jenis, adapun jenis-jenis bisnis yakni sebagai berikut :

Bisnis Berdasarkan Jenis Kegiatanya

  • Bisnis Jasa
    Bisnis Jasa merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang jasa yang menghasilkan produk non-fisik seperti jasa asuransi, pariwisata, kesehatan, perbankan, pendidikan dan lain-lain.
  • Bisnis Agraris
    Bisnis Agraris merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang peternakan, perikanan, pertanian, kehutanan, dan perkebunan.
  • Bisnis Industri
    Bisnis industri merupakan sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang industri manufacturing, seperti industri pesawat terbang, kapal, mebel, kertas, rokok, garmen, tekstil, dan lain masih banyak lagi.
  • Bisnis Ekstratif
    Bisnis ekstratif merupakan kegiatan bisnis yang bergerak dalam bidang pertambangan dengan melakukan penggalian bahan-bahan tambang yang berada di dalam perut bumi. Seperti pertambangan batu bara, alumunium, tembaga, emas, besi, intan, dan lainnya.

Bisnis Menurut Kegunaannya

  • Kegunaan Waktu
    Yakni bisnis yang berupaya menyimpan dengan tujuan apabila manfaatnya kurang maka akan disimpan terlebih dahulu, ketika sewaktu-waktu barang tersebut akan bermanfaat maka barang tersebut akan di keluarkan. Seperti Bulog, pergudangan di pelabuhan dan lainnya.
  • Kegunaan Tempat
    Maksudnya bisnis yang memindahkan suatu barang dari satu tempat ke tempat yang lain yang memiliki manfaat lebih, yakni yang bergerak dalam bidang transportasi, dari angkutan umum, angkutan barang, darat, laut dan udara.
  • Kegunaan Pemilikan
    Yakni bisnis yang bergerak pada usaha membuat serta memenuhi kegunaan pemilikikan pada suatu barang dan jasa. Seperti  peradangan, pertokoan dan lainnya.
  • Kegunaan Bentuk
    Maksudnya bisnis yang berusaha mengubah benda kedalam bentuk yang berbeda sehinga lebih bermanfaat untuk manusia. Seperti bisnis meubel, genteng, roti dan lainnya.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Bisnis, Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Jenis-Jenis Bisnis. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :