Pengertian Brosur, Cara Membuat, Desain, Fungsi, Tujuan dan Contoh

Posted on

MateriBelajar.co.id – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Brosur. Pembahasan Brosur dimulai dari pengertian, cara membuat brosur, desain brosur, fungsi, Tujuan dan Contohnya. Berikut ini akan dibahas secara lengkap mengenai brosur. Silahkan anda baca sampai tuntas penjelasan dibawah ini.

pengertian brosur

Pengertian Brosur

Brosur adalah salah satu media yang digunakan untuk promosi. Brosur juga berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu produk yang di tawarkan kepada orang lain. Bentuk umum dari brosur adalah selembar kertas yang berisi gambar dan kata-kata. Ada beberapa brosur yang sering ditemukan dikehidupan sehari-hari ,antara lain brosur peneriman siswa/mahasiswa baru, mengenai makanan, kursus bahasa inggris, dll.

Penerbitan brosur tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman. Jika brosur leboh dari 1 lembar, maka brosur atau juga pamflet akan dicetak pada kedua sisi, serta dapat dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga dapat membentuk panel yang terpisah. Informasi yang dalam sebuah brosur biasanya ditulis dalam bahasa yang ringkas dan mudah dipahami. Biasanya untuk desain brosur lebih menarik dan berwarna warni untuk menarik minat pembacanya.

Menurut definisi UNESCO, brosur merupakan terbitan tidak berkala yang tidak dijilid lengkap (dalam satu terbitan), mempunyai paling sedikit 5 halaman namun tetapi tidak lebih dari 48 halaman, diluar perhitungan sampul.

Tujuan Brosur

Ada beberapa tujuan dari pembuatan brosur, antara lain adalah :
1. Media informasi (Information)
2. Media Promosi (Promotion)
3. Untuk meningkatkan suatu produk (To increase attractiveness for a product)
4. Menampilkan identitas suatu produk (As an identy for a product)

Ciri-Ciri Brosur

Berikut ini merupakan ciri-ciri atau karakteristik brosur, adalah :

  • Pada umumnya mempunyai pesan tunggal yang ingin disampaikan.
  • Bertujuan untuk dapat meniformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk atau juga mempengaruhi orang/pelanggan untuk membeli suatu produk yang ditawarkan
  • Penerbitannya hanya sekali.
  • Desain yang dibuat semenarik mungkin supaya menarik perhatian publik.
  • Pendidistribusiannya dengan secara tersendiri oleh pembuat brosur tersebut.
  • Memiliki isi yang jelas dan ringkas.

Fungsi Brosur

Fungsi utama dari sebuah brosur adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai suatu produk yang ingin ditawarkan kepada konsumen secara detail dan penyampainnya secara lisan dan juga sebagai alat iklan atauppun juga alat promosi, yang menarik

Cara Pembuatan Brosur

Media untuk untuk pembuatan brosur itu sendiri sangat banyak software yang bisa digunakan, misalnya menggunakan template dari microsoft word, atau software desain lainnya.

Menggunakan Desain atau Templat Brosur

  1. Buka Microsoft Word.
  2. Tikkan brochure pada bilah pencarian yang ada di atas jendela program, kemudian tekan tombol Enter.
  3. Kemudian silahkan anda desain brosur akan dicari di basis data program. Pada Microsoft Word versi Mac, jika
  4. Anda tidak melihat halaman templat, klik pilihan “File” pada bilah menu yang ada di atas layar dan pilih “New from Template…” dari menu drop-down.
  5. Pilih desain brosur. Carilah brosur yang ingin digunakan dan klik desainnya. Setelah itu, halaman pratinjau brosur akan ditampilkan.
  6. Klik tombol Create. Tombol ini berada di sisi kanan pratinjau brosur. Setelah itu, Word akan memuat desain brosur. Proses ini biasanya hanya memakan waktu selama beberapa detik saja.
  7. Masukkan informasi pada brosur. Langkah yang diambil akan beragam, tergantung kepada desain yang Anda pilih.
  8. Simpan brosur yang sudah dibuat. Untuk menyimpannya: Windows – Klik “File”, klik “Save As”

Contoh Brosur

Berikut ini adalah beberapa contoh brosur yang bisa anda jadikan sebagai reverensi anda.

brosur kursus
Contoh Brosur Kursus

 

brosur makanan
Contoh Brosur Makanan

 

brosur wisata
Contoh Brosur Wisata

 

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Brosur, Cara Membuat, Desain, Fungsi, Tujuan dan Contohnya. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan anda tentang brosur. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Artikel Lainnya :