Pengertian Database (Basisdata) Adalah Menurut Para Ahli

Posted on
Pengertian Database – Pembahasan kali ini adalah menjelaskan pengertian database menurut para ahli untuk itu marilah kita simak penjelasannya. Database atau basis data adalah berikut simak penjelasannya

1. Menurut Fathansyah (2007)

Basis data terdiri dari dua 2 kata, yakni Basis dan data. Basis kurang lebih dapat diartikan pula sebagai gudang atau markas, tempat bersarang atau berkumpul.
Sedangan Data merupakan representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (Siswa, peagawai, pelanggan dan pelanggan), hewan, barang, peristiwa, keadaan, konsep, dan sebagainya yang terekam dalam bentuk huruf, simbol, teks, angka, gambar, bunyi, atau kombinasi lainnya.

2. Menurut Indrajani (2011)

Berikut ini beberapa pengertian basis data, yakni : 
A. Sebuah kumpulan data yang berkaitan secara logis serta merupakan penjelasan dari data tersebut yang dibuat dengan tujuan agar menemukan data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan dan organisasi.
Basis data juga dapat diartikan sebagai kumpulan data yang saling terintegrasi karena basis data dibuat untuk digunakan oleh banyak pengguna, memegang data operasional dan juga penjelasan tentang data tersebut, dan menghindari duplikasi data.
B. Sebuah kumpulan elemen data yang terintegrasi serta berhubungan secara logika. Basis data menggabungkan berbagai catatan yang tadinya disimpan dalam file yang terpisah ke dalam suatu elemen data. Pendapat Connolly & Begg (2010, p65), basis data merupakan suatu kumpulan data yang saling berelasi secara logika serta dirancang untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan oleh organisasi.

3. Bambang Hariyanto (2008)

Basis Data ialah Kumpulan data (elementer) yang secara logik berkaitan dalam merepresentasikan fenomena atau fakta secara terstruktur dalam domain tertentu agar mendukung aplikasi pada sistem-sistem tertentu.

4. Abdul Kadir & Terra Ch. Triwayuni (2003)

Basis Data merupakan suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling berhubungan sehingga memudahkan aktivitas untuk mendapat informasi.

5. Linda  Marlinda  (2004)

Basis Data merupakan sebuah susunan dan kumpulan data operasional lengkap dari suatu organisasi serta perusahaan yang diorganisir atau dikelola lalu disimpan secara terintegrasi dengan memakai metode tertentu menggunakan komputer sehingga bisa menyediakan informasi optimal yang dibutuhkan oleh pemakainya.

6. Edhy Sutanta (2014)

Dalam bukunya yang berjudul Analisa Basis Data adalah sebagai berikut: “Basis  data  bisa dipahami  sebagai  suatu  kumpulan  data  terhubung (interrelated  data) yang  disimpan dengan bersama-sama  pada  suatu  media, tanpa  mengatap  satu dan yang lainnya  atau  tidak  memerlukan suatu  kerangkapan  data (meskipun ada maka kerangkapan data itu harus seminimal mungkin dan terkontrol (controlled redundancy), data disimpan dengan cara tertentu sehingganya  mudah  untuk  digunakan  dan  ditampilkan  kembali,  data bisa digunakan  satu  atau bahkan lebih  program-program  aplikasi  secara  optimal,  data disimpan  tanpa ketergantungan  dengan  program   yang  akan menggunakannya,  data  disimpan sedemikian  rupa  sehingga  proses pengambilan,  penambahan,  dan  modifikasi  data  dapat  dilakukan  dengan sangat mudah dan terkontrol.”

7. Nugroho Adi (2005)

Dalam bukunya  yang  berjudul Konsep Pengembangan  Sistem  Basis  Data mengatakan : “Basis data merupakan salah satu bagian dari sistem informasi secara keseluruhan.”

 8. C.J. Date (2010)

Basis Data merupakan sekumpulan data persisten yang dipakai oleh system aplikasi dari perusahaan. System basis data pada dasarnya adalah suatu system penyimpanan record atau data yang terkomputerisasi.

 9. Kusrini (2007)

Basis data merupakan kumpulan data yang berelasi. Data sendiri merupakan fakta mengenai obyek, orang dan lain-lain. Data dinyatakan dengan nilai ( deretan karakter, angka atau symbol).
Basis data bisa didefinisikan dalam berbagai sudut pandang seperti berikut ini:
– Himpunan kelompok data yang saling berkaitan yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga nantinya dapat digunakan dengan cepat dan mudah
– Kumpulan data yang saling berhubungan yang sudah disimpan secara bersama sedemikian rupa tanpa pengulangan(redundancy) yang tidak perlu, untuk memenuhi kebutuhan
– Kumpulan tabel/arsip/fileyang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpan elektronis.

10. Connolly dan Begg (2010)

Basis data merupakan kumpulan data yang telah terbagi dan terhubung secara logikal serta deskripsi dari data yang dirancang untuk memenuhi keperluan informasi suatu organisasi.