Pengertian Diplomasi Menurut Para Ahli, Fungsi dan Tujuan

Posted on

Pengertian Diplomasi Menurut Para Ahli – Diplomasi ialah seni & bernegosiasi oleh seseorang yang biasanya mewakili suatu negara atau organisasi. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi makalah mengenai diplomasi mulai dari Pengertian Diplomasi Menurut Para Ahli, Fungsi, dan Tujuan Diplomasi. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Diplomasi

Pengertian Diplomasi

Diplomasi ialah seni & bernegosiasi oleh seseorang yang biasanya mewakili suatu negara atau organisasi. Diplomasi sendiri langsung terkait dengan diplomasi internasional yang mengurus berbagai hal seperti budaya, ekonomi, dan perdagangan dan lainnya.

Pengertian Diplomasi Menurut Para Ahli

Berikut ini pendapat para ahli mengenai pengertian diplomasi, adapun para ahli tersebut dainataranya :

  • Suwardi Wiriaatmadja (1970)

Menurut Suwardi Wiriaatmadja, diplomasi adalah prosedur hubungan antar negara yang bebas dan dengan bergantung pada kemampuan serta kecakapan dari mereka yang melakukannya.

  • Geoffrey McDermott

Menurut Geoffrey McDermott, diplomasi merupakan pertimbangan dalam manajemen hubungan internasional, dan Negara, seberapapun kaiber & ukurannya, selalu ingin menjaga dan meningkatkan prosisinya dalam kancah Internasional, seperti itulah adanya, kendati faktanya akan lebih baik apabila lebih sedikit negara nationally minded di dunia ini.

  • Ellis Briggs

Menurut Ellis Briggs, dipolamsi merupakan sebuah kegiatan urusan official dengan cara mengirim seseorang untuk mewakili pemerintahan. Tujuan diplomasi yaitu untuk menciptakan persetujuan dalam kacamata kebijakan.

  • David W Ziegler (1984)

Menurut David W Ziegler, Diplomasi merupakan alat dari politik luar negeri sebuah negara, diplomasi sangat vital dalam mengkomunikasikan anatar negara-negara dunia untuk menjalin perdamaian dunia. Karena memang salah satu faktor terjadainya pecahnya perang dikarenakan tidak adanya komunikasi antar negara-negara yang bertikai seperti kasus perang dunia.

  • Clausewitz

Menurut Clausewitz, diplomasi merupakan alat untuk mencegah terjadi peperangan. Jika diplomasi gagal, yakni artinya melalui cara damai tidak berhasil, maka perang menjadi jalan terakhir.

  • Earnest Satow, Burke

Menurut Earnest Satow & Burke, diplomasi adalah yakni diplomasi menunjukkan keahlian atau keberhasilan dalam melakukan hubungan internasional dan perundingan.

  • Adam Watson (1982:33)

Menurut Adam Watson, diplomasi ialah negosiasi antara perangkat politik yang keduanyabersifat independen.

  • KM Panikkar dalam buku The Principal and Practice od Diplomacy

Menurut KM Panikkar, diplomasi yakni adalah diplomasi dalam hubungannya dengan politik internasional yaitu seni yang mengedepankan kepentingan suatu negara dalam hubungannya dengan negara lain.

  • Svarlien

Menurut Svarlien,  diplomasi adalah seni dan ilmu perwakilan negara serta perundingan.

  • Oxford Dictionary

Menurut Oxford Dictionary, diplomasi merupakan manajemen hubungan internasional melalui negosiasi; yang mana hubungan ini diselaraskan dan diatur duta besar dan para wakil; bisnis / seni diplomat

  • S.L Roy

Menurut S.L Roy, diplomasi merupakan suatu seni yang mengedepankan kepentingan suatu negara melalui negosiasig dengan cara-cara damai dalam hubungan dengan negara lain, apabila cara damai tidak berhasil, cara ancaman untuk kekuatanyan yang nyata diperbolehkan.

  • The Hamber’s Twentieth Century Dicitionary

Menurut The Hamber’s Twentieth Century Dicitionar, diplomasi merupakan seni berunding, khususnya hal yangberkenaan denagn perjanjian di antara-antara negara; keahlian politik.

  • W.W Kulski

Menurut W.W Kulski, diplomasi merupakan sinonim dengan kebijaksanaan ataupun politik Luar Negeri yang memiliki dua sisi utama yaitu perumusan politik Luar Negeri dan juga para pejabat yang menerapkannya.

  • R.W Sterling

Menurut R.W Sterling, diplomasi merupakan politik mengenai hubungan internasional; dalam batasan yang paling tepat, diplomasi ialah politik internasional

  • Charles Burton Marshall

Menurut Charles Burton Marshall, diplomasi merupakan alat yang gunanya untuk mengumpulkan informasi yang sehubungan dengan pandangan & kebijakan dari negara lain serta untuk mengkomunikasikan pandangan negeri sendiri terhadap pemerintah negara lain dengan kesopanan serta beberapa batas tertentu, namun juga dengan ketepatan dan kepastian.

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, diplomasi merupakan urusan penyelenggaraan perhubungan yang resmi antara satu negara dengan negara yang lain. Selain itu bisa juga diartikan sebagai urusan kepentingan suatu negara dengan perantaraan wakil-wakilnya di negara lain.

Fungsi Diplomasi

Fungsi diplomasi menurut Norman dan rekannya Howard c parkins (1957), adapun fungsi dari diplomasi menurut mereka sebagai berikut :

  • Representasi
    Wakil negara asalnya dalam melakukan perundingan dan sebagainya dengan membawa nama negara asal dari wakil negara tersebut.
  • Negosiasi
    Adanya negosiasi dengan negara lain berhubungan dengan permasalahan negara asal
  • Reporting
    Perlindungan kepentingan bangsa & warga negaranya di tanah-tanah sebelumnya

Tujuan Diplomasi

Menurut S L Roy (1991) diplomasi memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Tujuan Politik

    Hal ini berkenaan dengan kebebasan poitik dan juga integritas teritorialnya, dalam konteks Indonesia yakni ialah mempertahankan kemerdekaan yang sudah diperoleh dan juga menjaga kedaulatan wilayah NKRI

  • Tujuan Ekonomi

    Hal ini berkenaan dengan pembangunan ekonomi nasional

  • Tujuan Kultur

    Melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan nasional pada dunia internasional

  • Tujuan Ideologi

    Mempertahankan keyakinan dan kepercayaan oleh suatu bangsa dalam konteks Indonesia adalah Pancasila.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Diplomasi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :