Pengertian Doa Menurut Agama Islam – Tujuan Berdoa & Waktu Mustajab

Posted on

Pengertian Doa Menurut Agama Islam – Doa merupakan bentuk memperlihatkan sikap rendah diri dan berserah diri serta membutuhkan Allah SWT, karena tidak dianjurkan ibadah selain untuk berserah diri dan tunduk kepada Sang maha kuasa serta merasa butuh kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi makalah Pengertian Doa Menurut Agama Islam, Tujuan Berdoa dan Waktu-Waktu Mustajabah. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Doa

Pengertian Do’a

Secara bahasa, Doa adalah seruan atau dengan kata lain artinya yakni memanggil, atau mengucap . Jika menurut istilah “Doa” yakni merupakan suatu permohonan atau permintaan serta ucapan yang di tujukan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagai tuhan alam semesta, adapun doa yang biasanya di lakukan oleh manusia adalah Doa memohon Ampun, Berdoa keselamatan hidup, Doa meminta pertolongan, Doa meminta rezeki yang halal dan bersyukur atas nikmat yang telah di berikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Selain itu, Doa juga merupakan permohonan / permintaan yang bersifat baik kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, adapun doa yang biasanya manusia ucapkan seperti meminta kesehatan, keselamatan, rezki yang halal dan tabahan dalam menjalani kehidupan dan lainnya.

Seharusnya memang kita senantiasa berdoa kepada Allah SWT setiap waktu, setiap saat, kapanpun dan dimanapun karena selalu karena Allah SWT suka terhadap hamba-Nya yang merendahkan diri di hadapannya dan yaknilah bahwasanya doa yang kita panjatkan tersebut akan didengar oleh-Nya.

Pengertian Do’a Menurut Agama Islam

Berikut ini merupakan pendapat dari beberapa ulama mengenai pengertian doa, adapun beliau-beliau teersebut diantaranya :

  • Syaikh Taqiyuddin Subki

Berdoa ialah sebagai yang lebih khusus dalam beribadah. Artinya barang siapa yang memiliki sifat sombong yang tidak mau melakukan ibadah, maka sudah pasti tidak mau melakukan doa.

  • Abdul Halim Mahmud

Menurut Abdul halim mahmud, doa bisa di artikan sebagai keinginan terhadap Allah Subhananhu Wa Ta’ala atas apa yang ada pada-Nya dari segala kebaikan dan mengadu kepada-Nya dengan cara memohon dan mengemis kepada-Nya.

  • Imam at-Thaibi

Menurut Imam At-Thaibi, doa merupakan bentuk memperlihatkan sikap rendah diri dan berserah diri serta membutuhkan Allah SWT, karena tidak dianjurkan ibadah selain untuk berserah diri dan tunduk kepada Sang maha kuasa serta merasa butuh kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jadi, dapat diartikan bahwa doa adalah sebuah permohonan kepada Allah Swt dan bentuk rasa membutuhkan-Nya.

  • Quraish Shihab

Menurut Quraish Shihab, Doa merupakan suatu permohonan seorang hamba kepada Tuhan-Nya agar mendapatkan anugerah pemeliharaan dan pertolongan dari-Nya, baik buat si pemohon dan juga pihak lain yang harus lahir dari lubuk hati yang terdalam disertai dengan ketundukan dan pengagungan kepada Allah Swt.

  • Muhammad Kamil Hasan al-Mahami

Menurut beliau doa berarti memohon kepada Allah SWT untuk mengharapkan kebaikan-Nya

Berdasarkan penjelasan di atas  dapat disimpulkan bahwa Doa termasuk hal penting dari beribadah, karena setiap bacaan dalam ibadah adalah doa. Sehingga, doa sendiri adalah suatu ucapan permohonan serta pengakuan bahwasanya kita sebagai hamba Allah yang lemah, tidak berdaya, tidak mempunyai kemampuan tanpa adanya pertolongan Allah SWT.

Tujuan Berdo’a / Berdoa

  • Memohon agar hidup selalu dalam bimbingan Allah Subhanahu Wa Ta’ala
  • Meminta agar selalu dalam perlindungan Allah SWT dari semua bisik dan godaan Setan yang terkutuk
  • Memohon agar diberi keseelamatan dunia dan akhirat
  • Mengungkapkan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas berkah dan rahmat-Nya

Waktu-waktu yang tepat / mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT

  1. Pada saat membaca Al-Quran
  2. Setelah melakukan Solat wajib
  3. Di tengah malam setelah sholat tahajud
  4. Saat berpuasa wajib dan puasa sunah
  5. Keika melaksanakan ibadah haji

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Doa Menurut Agama Islam. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :