Pengertian Energi Menurut Para Ahli dan Secara Umum Terlengkap

Posted on

Pengertian Energi Menurut Para Ahli – Energi merupakan properti fisika dari suatu objek, yang dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang bisa diubah bentuknya namun tidak bisa diciptakan maupun dimusnahkan. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Energi Menurut Para Ahli Ahli di bawah ini.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

Pengertian Energi

Dalam ilmu fisika, energi merupakan properti fisika dari suatu objek, yang dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang bisa diubah bentuknya namun tidak bisa diciptakan maupun dimusnahkan.

Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha atau melakukan suatu perubahan. Dimana kemampuan ini diukur dengan variabel waktu dan besarnya usaha yang dilakukan, Selain itu juga, energi adalah bagian dari suatu benda tetapi tidak terikat pada benda tersebut.

Seperti yang di telah di bahas di atas bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi bisa dirubah bentuknya. Energi juga disebut tenaga. Satuan energi menurut Satuan Internasional (SI) yakni joule (J).

Sedangkan satuan energi lain seperti Erg, KWh & kalori digunakan dalam bidang bidang tertentu untuk memudahkan. Konversi satuan energi bisa dilakukan melalui ketetapan bahwa 1 kalori= 4.2 Joule (J) dan 1 joule (J)=1 watt sekon.

Energi sendiri memiliki sifat yang fleksible, artinya bisa berubah dan berpindah. Berikut dijelaskan beberapa pengertian energi menurut para ahli.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

Untuk menambah pemahaman kita mengenai Energi, berikut ini adalah beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai definisi energi, diantaranya :

1. Campbell, Reece, dan Mitchell

Menurut mereka energi merupakan bentuk kemampuan dalam mengatur ulang materi. Secara ringkas energi adalah kemampuan atau kapasitas untuk melakukan sebuah pekerjaan.

2. Arif Alfatah & Muji Lestari

Menurut mereka, energi adalah sesuatu yang sangat di perlukan oleh tubuh manusia agar dapat melakukan suatu pekerjaan bisnis, karena pada kenyataannya, usaha yang dilakukan akan terjadi perubahan.

3. Sumantoro

Energi adalah bentuk kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sifatnya mendorong / memindahkan sebuah benda atau objek.

4. Aip Saripudin

Energi adalah bentuk kemampuan untuk melakukan urusan atau bisnis.

5. Alvin Hadivvono

Energi merupakan sesuatu yang bergerak, dan juga memiliki hubungan terhadap ruang & waktu.

6. Pardiyono

Energi merupakan bentuk kekuatan yang dihasilkan atau diperoleh dari suatu benda.

7. Robert L. Wolke

Energi merupakan kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi.

8. Young

Suatu pekerjaan merupakan energi yang dihasilkan. Artinya ketika ingin melakukan pekerjaan atau usaha manusia sangat memerlukan energi.

9. Einstein

Energi merupakan sebuah produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya.

10. Mikrajuddin

Energi merupapkan kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan sebuah usaha atau pekerjaan objek.

11. Michael J. Moran

Energi adalah konsep dasar dari Termodinamika yang menjadi aspek yang penting dari analisis teknis

13. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Di dalam KBBI, energi merupakan kemampuan untuk melakukan kerja (misalanya untuk energi listrik & mekanika); daya (kekuatan) yang digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya bisa merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan seperti sinar matahari ; tenaga

Macam Macam Bentuk Energi

Energi memiliki berbagai macam bentuk, adapun macam macam bentuk energi yakni diantaranya :

1. Energi Bunyi

Energi bunyi merupakan energi yang dihasilkan dari suara atau bunyi yang dihasilkan oleh benda atau sejenisnya, seperti suara halilintar, bunyi gitar, bunyi petasan dan bunyi yang dihasilkan oleh benda lainnya.

2. Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang masih tersimpan pada persenyawaan kimia berdasarkan proses kimia yang terjadi. Besar jumlah energi kimia yang dihasilkan sendiri dapat dihitung berdasarkan jumlah dan jenis reaksi pada sebuah reaksi kimia tertentu.

Sedangjan alat atau sarana untuk menghasilkan energi tersebut, contohnya yaitu baterai dan aki.

3. Energi Panas

Energi panas yakni yang dihasilkan oleh matahari, yang disebut juga sebagai energi kalor. Seperti kita ketahui, matahari atau surya adalah merupakan sumber dari energi panas yang begitu besar kapasitas nya.

Dengan adanya tenaga atau energi matahari ini dapat memenuhi kebutuhan semua makhluk hidup yang ada di dunia ini.

4. Energi Listrik

Energi yang satu ini merupakan energi yang paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga atau yang lainnya. Energi ini bisa diganti ke dalam bentuk energi lainnya, misalnya energi panas, energi bunyi, energi gerak dan lain-lain.

5. Energi Potensial

Energi potensial merupakan energi yang dimiliki oleh sebuah benda berdasarkan kedudukannya terhadap sebuah acuan tertentu.

6. Energi Mekanik

Energi mekanik merupakan energi yang dihasilkan akibat sebuah usaha yang berkaitan dengan sebuah gerakan pada benda tertentu.

Apa itu energi?

Dalam fisika, energi ialah properti fisika dari suatu objek, yang dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang bisa diubah bentuknya namun tidak bisa diciptakan maupun dimusnahkan.

Sebutkan macam macam energi?

1. Energi Panas
2. Energia Kimia
3. Energi Mekanik
4. Energi LIstrik
5. Energi Potensial
6. Energi Bunyi

Demikianlah pembahasan kam mengenai Materi Pengertian Energi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :