Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli [Terlengkap]

Posted on

Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli Etos Kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas serta juga keyakinan seseorang individu maupun juga sesuatu kelompok.  Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Etos Kerja

Etos Kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas serta juga keyakinan seseorang individu maupun juga sesuatu kelompok. Etos ini juga bisa diartikan ialah sebagai yang berkehendak atau juga berkemauan yang disertai semangat yang tinggi dalam mencapai cita-cita yang baik.

Adapun sikap etos ini tidak hanya dimiliki oleh individu saja, tapi juga bisa dimiliki oleh kelompok orang maupun masyarakat.

Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli

Berikut ini penjelasan etos kerja menurut beberapa pendapat para ahli, adapun para ahli tersebut diantaranya :

1. KH. Abdullah Gymnastiar

Menurut KH. Abdullah, Etos kerja yakni ialah semangat dan juga sikap mental yang selalu berpandangan bahwa kualitas kerja pada hari ini harus lebih baik daripada hari yang kemarin, dan kualitas kerja esok hari harus lebih baik dibanding dengan kualitas kerja hari ini.

2. Webber dalam Suseno (2002:64)

Menurut Webber, Etos kerja yakni ialah keyakinan yang befungsi menjadi panduan tingkah laku bagi seseorang, sekelompok atau sebuah lembaga.

3. Tanjung (2002:64)

Menurut Tanjung, Etos Kerja merupakan jiwa atau watak seseorang dalam melakukan tugasnya yang dipancarkan keluar olehnya.

4. Ndra (1999:91)

Menuru Ndra, Etos Kerja merupakan waktu atau semangat yang menunjukkan kepercayaan, kebiasaan atau perilaku seseorang individu maupun suatu kelompok masyarakat.

5. Tamara (2002:73)

Ciri ciri Etos Kerja menurut Tamara yakni seperti berikut ini tepat waktu, kejujuran, komitmen, kuat pendirian, moralitas, disiplin, percaya diri, tanggung jawab, dan kreatif.

6. K.H. Toto Tasmara

Menurut KH. Toto, Etos Kerja merupakan keseluruhan kepribadian seseorang dan juag cara seseorang tersebut mengekspresikan, memandang, meyakini dan juga memberikan makna ada sesuatu, yang mendorong seseorang dalam bertindak dan meraih amal yang optimal.

7. Geertz

Menurut Geertz, Etos kerja merupakan sikap mendasar terhadap diri dan dunia yang dipancarkan hidup.

8. Sinamo

Menurut Sinamo, Etos Kerja ialah sebuah konsep tentang kerja atau paradigma kerja yang dipercayai seseorang atau kelompok sebagai sesuatu yang baik dan benar yang diwujudkan melalui perilaku kerja mereka secara khas.

9. Usman Pelly

Menurut Usman Pelly, Etos Kerja merupakan sikap yang muncul atas keinginan dan kesadaran sendiri yang didasari sistem orientasi nilai budaya terhadap pekerjaan seseorang maupun sekelompok orang.

10. Max Weber

Menurut Max Weber, Etos Kerja yakni ialah perilaku kerja yang etis dan menjadi kebiasaan kerja yang berporos kepada etika.

11. Toto Tasmara (2002)

Menurut Toto, Etos Kerja merupakan keseluruhan kepribadian seseorang dan juga mengekspresikan, memandang, mempercayai dan memberikan makna bahwa ada sesuatu, yang mendorong seseorang tersebut untuk bertindak dan mendapatkan amal yang optimal sehingga pola hubungan antara manusia dengan seseorang itu dan antara manusia dengan makhluk lainnya dapat terjalin dengan baik.

12. Anoraga

Menurut Anoraga, Etos Kerja merupakan pandangan dan sikap suatu bangsa atau seseorang terhadap pekerjaan.

13. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, Etos Kerja merupakan semangat kerja yang menjadi karakteristik dan keyakinan seseorang maupun suatu kelompok.

14. Wp

Menurutnya, Etos Kerja yakni Etos  yang artinya pandangan hidup yang khas dari suatu golongan sosial dan Kerja dalam arti ayng umum merupakan segala bentuk usaha yang dilakukan oleh manusia, baik itu dalam hal materi, intelektual dan juga fisik, maupun hal-hal yang berkaitan dengan keduniaan maupun keakhiratan.

15. Gregory (2003)

Menurut Gregory, sejarah telah menjadi bukti bahwa negara yang dewasa ini menjadi negara yang maju dan juga berkembang, dan terus berpacu dengan teknologi ataupun informasi tinggi pada dasarnya diawali dengan etos kerja yang sangat kuat untuk berhasil. Sehingga tidak dapat diabaikan etos kerja yakni ialah bagian yang harus menjadi perhatian dalam keberhasilan pada suatu perusahaan.

16. A. Tabrani Rusyan (1989)

Beberapa fungsi Etos Kerja menurut A. Tabrani yakni sebagai berikut :

  1. Mendukung timbulnya perbuatan
  2. Semangat dalam kegiatan.
  3. Pengerak seperti halnya mesin pada mobil, maka menjadi besar kecilnya motivasi yang akan menentukan cepat atau lambatnya suatu perbuatan.

17. Mydral dalam Suseno (1999:123)

Menurut Mydral, terdapat 12 etos kerja yang dianggap penting dalam mendukung menyukseskan pembangunan yakni:

  1. Efisien (Tepat Atau Sesuai)
  2. Kejujuran
  3. Sikap tepat waktu
  4. Kerajinan
  5. Sikap Sederhana
  6. Mengikuti pemikiran atau akan sehat dalam mengambil keputusan dan tindakan
  7. Sikap saling membantu atau bekerja sama
  8. Sikap bersandar kepada kekuatan sendiri
  9. Kecepatan dan tepat dalam menggunakan kesempatan
  10. Kesediaan memandang jauh ke depan
  11. Sikap ingin bekerja sama
  12. Kesediaan untuk berubah

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :