Pengertian Fabel

Posted on

Artikel makalah membahas tentang Pengertian Fabel dalam cerita dongeng meliputi dari jenis, ciri-ciri, struktur, manfaat, tujuan, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Apa Fabel itu,,, Hal ini merupakan salah satu bentik dari carita dongeng yang menceritakan tentang hewan di mana hewan ini dapat berperilaku seperti manusia. Dalam cerita ini juga dapat menggambarkan sebuah kisah yang nyata dan memiliki perasaan seperti orang pada umumnya.

Untuk lebih jelasnya lagi langsung saja simak pembahasn di bawah ini:

Definisi Fabel

cerita-fabel

pengertian fabel adalah salah satu jenis dongeng yang dapat menceritakan tentang kehidupan hewan dengan kisah yang lucu dan sedih sehingga hal tersebut dapat di perankan oleh manusia.

Dalam hal ini juga dapat menggambarkan tentang sebuah cerita dongeng yang memiliki perasaan dan berperilaku yang baik dalam cerita dongeng sehingga membentuk moral dan prilaku.

Maka dalam pengertian fabel dapat juga mengandung pesan moral kepada pembaca dan dapat untuk mendidik anak-anak karena mereka biasanya menyukai tokoh-tokoh binatang sehinga anak-anak dapat meniru karakter yang baik dan tidak mengikuti karakter yang buruknya.

Baca Juga: Pengertian Novel

Struktur Dan Bahasa Fabel

Ulasn di atas bahwa fabel memiliki struktur yang sangat unik dan terdapat juga berbeda dalam bentuk dongeng yang lainnya.

Adapun struktur fabel adalah :

  • Orientasi, adalah bagian dari cerita dongeng yang memperkenalkan karakter ke dalam cerita dengan adanya, lingkungan, waktu. ke dalam bentuk fase yang berikutnya.
  • Komplikasi, adalah bagian cerita dongeng yang menceritakan tentang tokoh utama yang menangani suatu masalah.
  • Resolusi adalah bagian dari cerita dongeng yang menjelaskan pemecahan masalah dengan karakter utama.
  • Koda, adalah salah satu bagian dari cerita dongeng yang menjelaskan perubahan pada setiap karakter.

Ciri Ciri Fabel

Dari beberapa ulasan di atas maka, kami juga akan memberikan beberapa cici-ciri yang sering di jumpai dalam penulisan fabel.

Berikut ciri-ciri fabel diantaranya adalah:

  • Menggunakan hewan sebagai tokoh utama dan dapat bertingkah seperti manussia
  • Menunjukan penggambaran moran dan kritik tentang kehidupan di dalam ceritanya.
  • Penceritaan yang pendek dan menggunakan kata yang mudah di pahami
  • Menceritakan antar karakter yang lemah dan kuat
  • Menggunakan settingan alam
  • Memuat informasi berdasarkan kyayalan dan fiksi

Baca Juga: Struktur Novel

Jenis-Jenis Fabel

Dari pengertian fabel yang sudah kami sampaikan di atas,, maka di sini juga kami akan memberikan beberapa jenis fabel diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Fabel Klasik

Fabel Klasik adalah salah satu cerita yang telah ada sejak jaman dahulu dan tidak ada yang tahu kapan mereka muncul sehingga dapat diteruskan secara lisan atau tulisan.

Ciri-ciri fabel klasik:

  • Cerita dongeng klasik biasanya sangat singkat.
  • Tema dongeng klasik sangat sederhana.
  • Dongeng klasik penuh dengan pesan moral atau nasihat kepada pembaca mereka.

2. Fabel Modern

Fabel modern adalah salah satu cerita yang muncul belum lama ini, di mana tujuannya memiliki tujuan sebagai karya sastra dari penulis.

Ciri-ciri fabel modern

  • Cerita dongeng modern bisa panjang atau pendek.
  • Tema ceritanya biasanya lebih rumit.
  • Karakter setiap karakter dalam dongeng modern dibuat unik.
  • Dongeng modern terkadang epik atau hikayat.

Baca Juga: Pengertian Prolog 

Contoh Fabel

Dari beberapa pembahasn di atas maka kami juga akan memberikan cotoh faberl yang sering di temui dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah.

Keluarga Baru Pupu Kerapu

Di sebuah lautan yang sangat luas hiduplah seekor ikan kerapu yang bernama pupu, pupu baru saja baru saja kehilangan rumah dan semua keluarga nya akibat bom yang di lemparkan oleh nelayan untuk menangkap ikan. pupu merasa sedih atas semua kejadian itu, tatapi pupu tidak menyerah pada keadaan, pupu tetap bangkit dan bersiap unutk menjalani kehidupan barunya tanpa keluarha dan orang -orang yang sangat di cintainya.

Pupu lalu bergegas meninggalkan rumah lamanya yang sudah hancur dan mencari tempat yang baru untuk menjadi tempat tinggal nya,,,”

“Kemana harus kucari, aku pergi seorang diri, tanpa tau arah ,,, batin pupu dalam hati sambil terisak,,,

” Tak lama kemudian pupu telah sampai di suatu tampat yang terdapat banyak sekali jenis ikan, dan hewan laut lainnnya pupu menatakan unutk tinggal di tempat it..

” Haloo kalian semua perkenalkan nama ku pupu,, boleh aku tinggal di sini,, sapa pupu kepada hewan laut yang berada di tampat itu,,,”

” Hewan lau di tempat itu hanya terdiam,,, tidak tahu harus menjawab apa,,

” Ehm rumah lama ku sudah hancur akibat bom yang di jatuh kan oleh nelayan,, keluarga ku semua seudah tiada,, jadi boleh kah aku tinggal di sini,, terang pupu amat sangat memohon,,, “

” Ohh sungguh kasihan sekali ikan kecil itu,,, mari kita bantu dia,, ucap ikan yang ada di tempat itu,,”

” tidak jangan biarkan dia tinggal di tampat ini,, dia hanya akan merusak kehidupan kita,, bantah kiki kepiting,,,”

” Ya betul itu,, dia hanya akan merusak kehidupan kita,, seru hewan laut lainnya,, tiba-tiba datang lah kakek penyu..

” Ada apa ini,,, kanapa ribut-ribut seperti ini,, ucap kakek penyu,,
” ini kek ada seekor ikan kerapu yang ingin tinggal di sini,,, kita melarangnya, kita takut akan merusak kehidupan kita semua,,, jawab mimi cumi-cumi,,,”

“Apa benar kerapu kau akan tinggal di sini,,, jawab kakek panyu itu,,,
“Betul kek,, rumah saya sudah hancur akibat bom nelayan, keluarga ku sudah tidak ada semua,, jawab pupu sambil menangis,,,”

“Kakek penyu merasa iba kepada pupu,, tapi bagai mana pun juga ia akan megambil keputusan ,,
Kerupu maaf kau tidak boleh tinggal di sini,, kerupu ikan yang paling sering di cari oleh nelayan,, kita semua takut jika nelayan nanti akan mengebom tempat ini,,, sebaiknya kamu mencari tempat lain saja, berenanglah ke arah selatan cobalah cari tempat yang baru,, ujar kakek penyu itu,,,”

” Baik kek,,, terima kasih,, jawab pupu dengan berat hati,,,

“Pupu lalu berlari ke arah selatan,, meskipun berenang sudah cukup lama pupu tetap tidk menemukan tempat beru untuk menjadi tempat tinggal nya,,,

“Tak lama kemudian,, dia melihat ada perahu nelayan,, pupu berusaha mendekati dan lari kepermukaan dan berusaha unutk mendengarkan percakapan para nelayan,,, Mari kita melakukan penangkapan beser-besaran hari ini,, ku dengar bagian utara terdapat banyak ikan yang bisa di tangkap, kita akan menjadi kaya, hahahahahaha seru nelayan kepada teman-temannya,,,

” Betul daerah bagian utara banyak ikan -ikan yang bisa memberi kita kekayaaan,, siapkan bom-bomnya dan kita akan kaya,, jawab teman nelayan itu,,,

” Pupu mendengar hal itu merasa kaget,, daerah utara adalah tempat tinggal kakek penyu,,,,

” Aku harus menyelamatkan meraka semua,,, tehad pupu dalam hati,,
pupu lalu berenang secepat-cepatnya, ke daerah bagian utara setelah mendekati bagian utara pupu lalu menyayikan sebuah lagu yang terlintas di benak nya,,,

” ” Bum bum, bunyi benda berdebun,
di jatuhkan seorang dari atas kapal, Bum bum bunyi berdebun,, mereka akan datang,, membuat kehidupan kita berubah,,,

” Bum bum bunyi berdebun mari waspada,, selamatkan semua,, bum,, bum, bumm,,”
” Suara pupu mengejutkan meraka semua,, kakek penyu pun menyadari suara itu,, suara pupu yang memberikan isarat bahwa akan terjadi pengeboman dan terhadap ikan – ikan besar,, tanpa berfikir panjang kekek penyu segera memperingatkan semua penghuni lautan bagian utara itu untuk segera meninggalkan tinggal mereka,,,

” Perhatian kepada semua penghuni lautan utara,,, segerah pergi dari sini,, akan ada bahaya besar yang akan menghadang kita,,,, ucap kakek penyu dengan bijak sana,,”

” Tidak itu hanya suara nyayian pupu kerapu karena defresi kehilangan keluarganya, pupu kerapu kerapu sudah gila jangan percaya padanya,,, tegas mimi cumi-cumi,,,”

“Tiba tiba datang lah pupu kerapu dengan wajah cemas dan panik,,”

“teman-teman segerah tinggalkan tempat ini,, para nelayan kejam itu akan segerah datang kemari untuk menghacurkan tempat ini,, segerah tinggalkan tempat ini,, ucap pupu dengan panik,,”

” Mereka semua mempercayai ucapan pupu dan kekek penyu itu,, denga terpaksa kecuali mimi cumi-cimi,, ia membangkang dan tidak pergi dari tempat itu,, karena menganggap kekek penyu dan pupu sudah gila,,,”

” Daur,, daur,, Suara bom ,,,”

“Cepat tinggalkan tempat ini,,, selamatkan diri kalian,, ucap kakek penyu dengan panik, akhirnya mereka semua meninggalkan tempat itu,, akan tetapu mimi cumi-cimi yang tidak meninggalkan tempat itu,, mimi cimi-cimi hampir terkena bom,, tatapu pupu menyadari hal itu segera berenag ke lautan utara,, dan menyelamatkan mimi cumi-cimi..”

” Mimi cumi-cumi merasa bersalah telah menganggap pupu kerapu gila,, mimi cumi-cumi pun memintak maaf kepada pupu kerapu, dan ia berhutang budi padanya,, mimi cumi-cumi berjanji tidak akan mengulanginya kembali kejahatan nya itu,, dan akhirnya pupu kerapu mendapatkan tempat tinggal yang baru bersama ikan dan hwean laut yang lainnya,, dan mereka hidup dengan damai…”

TAMATTTT…

” TERIMA KASIH”

Nah demikian lah yang dapat kami sampaikan mengenai ulasan tentang pengertian Fabel, jenis, manfaat contohnya, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Contoh Majas