Pengertian Gizi Menurut Para Ahli, Macam-Macam dan Fungsi Gizi

Posted on

Pengertian Gizi Menurut Para Ahli – Gizi atau Nutrisi merupakan zat yang terdapat pada makanan yang dibutuhkan oleh organisme untuk pertumbuhan serta perkembangan yang dimanfaatkan langsung oleh tubuh yang meliputi vitamin, mineral, protein, lemak maupun  air. Untuk lebih jelasnya lagi kami kan mengulas mengenai materi tentang Gizi ini mulai dari Pengertian Gizi, Macam-Macam Gizi, dan Pengertian Gizi Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Gizi Menurut Para Ahli

Pengertian Gizi

Gizi atau Nutrisi merupakan zat yang terdapat pada makanan yang dibutuhkan oleh organisme untuk pertumbuhan serta perkembangan yang dimanfaatkan langsung oleh tubuh yang meliputi vitamin, mineral, protein, lemak maupun  air. Adapun zat gizi didapat dari makanan yang diperoleh dalam bentuk sari makanan dari hasil proses pemecahan pada saat dalam sistem pencernaan.

Selain itu, Zat gizi terbagi menjadi 2 yakni zat gizi organik & zat anorganik. Adapun zat gizi organik ini yakni seperti lemak, karbohidrat, protein, dan vitamin. Sementara zat gizi anorganik yakni terdiri dari air dan mineral.

Macam-Macam Zat Gizi

Beriku ini adalah zat gizi dikelompokkan menjadi beberapa macam seperti zat gizi berdarkan sumbernya, macam-macam zat gizi berdasarkan jumlahnya & berdasarkan fungsinya.

1. Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Sumbernya

  • Nabati yakni merupakan sumber gizi yang berasal dari tumbuhan.
  • Hewani yakni merupakan zat gizi yang berasal dari hewan.

2. Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Jumlahnya

  • Zat gizi makro atau makronutrisi
    Yakni merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar dengan satuan gram. Adapun zat gizi makro ini ialah karbohidrat, protein, dan lemak.
  • Zat mikro atau mikronutrisi
    Yakni merupakan zat gizi /nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit Adapun zat gizi mikro ialah vitamin, air, dan mineral.
Baca Juga :  Metamorfosis - Pengertian, Jenis, Penjelasan, dan Contoh

3. Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Fungsinya

  • Sumber energi bagi tubuh
    Energi bagi tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti protein, karbohidrat, dan lemak.
  • Pembangunan & Penjaga tubuh
    Pembangun dan penjaga tubuh digolongkan pada jenis gizi yakni seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak.
  • Pengatur kerja dalam tubuh
    Pengatur kerja dalam tubuh ialah untuk mengatur proses metabolisme yang terdapat pada tubuh yang digolongkan pada jenis gizi seperti lemak, protein, air, dan mineral.

Fungsi Zat Gizi

Zat gizi atau nutrisi memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, fungsi-fungsi dari zat gizi ialah:

  • Menjadi sumber tenaga atau energi.
  • Memperbaiki sel-sel yangrusak.
  • Menjadi sumber pertumbuhan & perkembangan.
  • Mempertahankan fungsi dari pada organ tubuh.
  • Menjaga keseimbangan pada metabolisme.
  • Pengatur serta pendukung dari proses metabolisme.
  • Dapat membentuk sel-sel pada jaringan tubuh.

Pengertian Zat Gizi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pendapat para ahli mengenai pengertian Zat Gizi, Adapun para ahli tersebut diantaranya :

1. Harry Oxorn & William R. Forte

Menurut mereka berdua gizi meliputi pengertian yang cukup luas,  tidak hanya mengenai tentang jenis-jenis pangan dan fungsinya bagi badan, melainkan juga untuk mengenai cara memperoleh serta dapat mengolah dan mempertimbangkan agar tubuh kita semua tetap sehat.

2. I Dewa Nyoman Suparisa dkk

Mereka menjelaskan bahwa gizi ialah sebuah proses organisme yang menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui tahapan-tahapan seperti proses absorpsi, degesti, dan transportasi.

Adapun penyimpanan dan pengeluaran zat yang dianggap tidak dapat digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan, dan fungsi normal dari semua organ-organ serta menghasilkan tenaga atau energi.

3. Ida Purnomowati, Diana H, Cahyo

Meurut pendapat mereka, Gizi adalah zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pertumbuhan, mempertahankan serta memperbaiki jaringan yang ada pada tubuh tubuh, mengatur proses kerja yang ada dalam tubuh, serta menyediakan tenaga atau energi untuk fungsi tubuh, atau sebagai komponen untuk pembangun tubuh manusia.

Baca Juga :  Sistem Peredaran Darah Manusia : Gambar, Pengertian, Komponen Utma dan Mekanisme

4. Nirmala Devi

Menurut Nirmala Devi, gizi yang menjadi substansi yang bisa didapat dari berbagai makanan dan digunakan untuk membantu proses pertumbuhan, pemeliharaan serta perbaikan pada jaringan tubuh manusia.

5. Tuti Sunardi

Gizi merupakan bahan yang sangat penting yang bisa mempengaruhi proses perubahan dari semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh, yang berguna mempertahankan kehidupan kita.

6. Chairinniza K. Graha

Gizi merupakan unsur yang terdapat didalam makanan-makanan tertentu, yang mana unsur-unsur tersebut bisa memberikan manfaat bagi tubuh yang jika mengkonsumsinya dapat menjadi sehat.

7. Joyce James dan Helen Swain

Mereka mengemukakan pendapat bahwa Gizi yakni merupakan komponen kimia dalam makanan yang sudah digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi serta bisa membantu pertumbuhan, perbaikan, dan membantu perawatan pada sel-sel tubuh manusia.

8. Asep Kurnia Nenggala

Asep mendefinisikan bahwa gizi sebagai zat hara dalam makanan yang memiliki nilai dan dibutuhkan oleh makhluk hidup agar dapat bertumbuh, pemeliharaan, dan kegiatan hidupnya

9. Dr. I.K.G. Suandi, Spa

Gizi yakni merupakan salah satu bagian dari proses kehidupan, maka dalam pemenuhan kebutuhan gizi perlu secara akurat karena turut menentukan kualitas untuk tumbuh kembang, dan menjadi sumber daya manusia untuk dimasa yang akan datang.

10. Lioni Ellis H

Menjelaskan bahwa, gizi adalah komponen sangat penting yang diperlukan tubuh untuk dapat tumbuh dan berkembang.

 

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Gizi Menurut Para Ahli, Semoga bermanfaat.

Artiekel lainnya :