Pengertian Globalisasi Secara Umum – Penyebab, Dampak dan Contoh

Posted on

Pengertian Globalisasi Secara Umum – Globalisasi adalah sebuah istilah yang kemunculannya pada tahun 1980-an dan lebih sering lagi sejak pertengahan 1990-an dan kemudian populer sebagai ideologi baru sekitar tahun 2000 setelah dampak dari IMF yang mengidentifikasi empat aspek dasar globalisasi. Mengenai penjelasan lengkapnya simaklah Materi Globalisasi mulai dari Pengertian Globalisasi, Penyebab Terjadinya Globalisasi, Dampak Globalisasi, dan Contoh Globalisasi di bawah ini.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Pengertian Globalisasi

Globalisasi adalah sebuah istilah yang kemunculannya pada tahun 1980-an dan lebih sering lagi sejak pertengahan 1990-an dan kemudian populer sebagai ideologi baru sekitar tahun 2000 sesudah dampak dari IMF yang mengidentifikasi 4 aspek dasar globalisasi.

Secara umum, golbalisasi merupkan sebuah fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global. Selain itu, globalisasi adalah sebuah proses perkembangan pada masa kini (kontemporer) yang memiliki pengaruh dalam mendorong munculnya berbagai kemungkinan mengenai perubahan dunia yang akan berlangsung.

Penyebab Terjadinya Globalisasi

Salah satu yang menjadi penyebab terjadinya globalisasi yaitu adanya kemajuan atau perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama teknologi komunikasi, seperti smartphone, teknologi media cetak dan media elektronik. Media elektronik tentunya bisa menembus ruang dan waktu dan fakta informasi yang terjadi di suatu negara bisa diakses oleh negara lain yang beribu-ribu kilometer jaraknya dalam waktu yang sama. Selain dari itu ada lagi Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya globalisasi yaitu ialah :
  • Perkembangan atau kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi sehingga bisa memudahkan terlaksananya transaksi ekonomi antarnegara.
  • Kemajuan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi transportasi sehingga memudahkan dalam mentransfer barang maupun jasa antarnegara.
  • Kemajuan kerja sama ekonomi internasional yang mana hal itu membuat semakin eratya hubungan bail sehingga memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara.

Dampak Globalisasi

Berkembangnya arus globalisasi tetunya akan memberi dampak yang luar biasa dalam kehidupan manusia. Berikut ini adalah dampak Positif dan Negatif dengan ada arus globalisasi ;

Dampak Positif

Berikut ini adalah dampak positif dari ada arus globalisasi, yaitu ialah :

  • Pola hidup yang menjadi serba cepat: Berbagai teknologi memberikan manfaat waktu bagi masyarakat, misalnya dalam bidang pertanian. Penelitian bibit yang unggul, pembuatan mesin traktor, dan penggarapan sawah yang baik, membuat petani yang awalnya memanen padinya enam bulan sekali, sekarang semakin cepat yakni sudah bisa memanen padinya setiap tiga bulan sekali.
  • Perkembangan informasi dan teknologi: Perkembangan teknologi informasi memiliki manfaat yang sangat besar, mulai dari internet, televisi dan lainnya. Manfaat yang bisa diperoleh masyarakat dengan adanya perkembangan informasi sangat banyak. Misalnya, dengan adanya internet sehingga bisa memudahkan manuisa dalam mencari informasi atau bisa mencari ilmu pengetahuan secara gratis dan melimpah.
  • Pemanfaatan sumber daya alam: Teknologi memiliki peran yang sangat besar dalam usaha pemanfaatan sumber daya alam, misalnya seperti penemuan sumber daya alam potensial, pengolahan sumber daya alam, dan penggunaan sumber daya alam. Seperti pemanfaatan sumber daya emas PT Freeport di Papua akan memberikan peluang kerja bagi masyarakat Papua.

Dampak Negatif Globalisasi

Selain memiliki dampak yang baik bagi kehidupan manusia Globalisasi juga memiliki dampak yang negatif yaitu diantaranya :
  • Berkurangnya tenaga kerja yang bergerak dalam sektor pertanian: Banyak industri modern yakni pabrik atau yang sejenisnya yang berdampak pada kebutuhan tenaga kerja yang sangat banyak sehingga masyarakat yang awalnya berkerja sebagai petani beralih propesi menjadi buruh pabrik.
  • Kurangnya kebersamaan karena lebih memilih kehidupan secara individualis: Perubahan ini tentunya terjadi karena kesibukan masyarakat yang sudah bersifat materialistis dan melupakan kehidupan sosialnya. Gejala ini sudah mulai terjadi di daerah perkotaan yang menjadi pusat dari perkembangan teknologi. Dengan jadwal pekerjaan yang padat, masyarakat perkotaan menjadi jarang berinteraksi dengan tetangganya.
  • Masuknya pola hidup budaya barat: Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan transportasi mempercepat terjadinya pertukaran budaya antar negara. Masuknya budaya barat yang banyak ketidakcocokan atau bahkan dapat dibilang sangat bertolak belakang dengan budaya timur.

Contoh Globalisasi

Berikut adalah contoh globalisasi dalam kehidupan sehari – hari  :

1. Banyak produk asing beredar luas di Indonesia

Di zaman yang serba ada ini kita sudah tidak sulit lagi menemukan produk-produk asing di Indonesia. Mulai dari busana, alat elektronik, hingga makanan-makanan luar negeri. Bahkan ada pula produsen dari negara lain yang membangun pabriknya di Indonesia dengan tujuan memenuhi permintaan pasar Indonesia.

2. Persebaran informasi yang sangat cepat

Cepatnya persebaran informasi yang dengan adanya hal itu tentunya memudahkan kita dalam mendapat informasi dan hal ini sebagai perwujudan dari  globalisasi tentu saja tidak lepas dari peranan teknologi. Saat ini banyak sekali hal kecil yang bisa dengan mudah viral di dunia maya. Orang bisa terkenal dalam dalam waktu singkat. Peristiwa di satu daerah, bisa jadi buah bibir di seluruh penjuru negeri dalam karena kejadiannya bisa dengan mudah beredar. Kesemuannya itu adalah contoh globalisasi dalam kehidupan sehari – hari.

3. Banyak tenaga ahli dalam dunia kerja Indonesia

Seiring dengan semakin banyaknya lapangan kerja di Indonesia. Banyak bidang-bidang baru dalam dunia pekerjaan. Namun sayangnya tenaga kerja ahli di Indonesia kurang menguasai bidang – bidang baru tersebut. Oleh karena itu, banyak tenaga ahli dari bangsa lain yang digunakan demi kemajuan di Indonesia.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Globalisasi. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

5.0
02