Pengertian Hotel Menurut Para Ahli – Karakteristik dan Jenis-Jenis

Posted on

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli – Hotel adalah suatu tempat yang sengaja dibuat dengan tujuan pelayanan pengianapan, makan, minum, dan pelayanan lainnya. Untuk lebih jelasnya kami kan mengulas materi mengenai Pengertian Hotel ini mulai dari Pengertian Hotel, Pengertian Hotel Menurut Para Ahli, Karakteristik Hotel, dan Jenis-jenis Hotel. Maka simaklah pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Hotel

Pengertian Hotel

Hotel adalah suatu berbentuk bangunan, dan memiliki lambang perusahaannya atau sebuah badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, menyediakan makanan dan minuman serta menyediakan fasilitas jasa lainnya seperti refleksi, dan dari semua pelayanan tersebut berlaku untuk semua pengunjung  yang menginap di hotel ataupun yang menggunakan fasilitas tertentu yang disediakan oleh hotel.

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

  • Keputusan Menteri Parpostel No Km 94/HK103/MPPT 1987

Mengatakan bahwa Hotel adalah  Salah satu jenis akomodasi yang mengunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman, refleksi serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang diolah dengan cara komersil.

  • Lawson (1976)

Hotel ialah Sarana tempat tinggal untuk wisatawan umum dengan memberikan pelayanan jasa kamar, menyediakan  makanan, minuman dan akomodasi dengan syarat pembayaran.

  •  American Hotel and Association

Hotel adalah suatu tempat yang sengaja dibuat dengan tujuan pelayanan pengianapan, makan, minum, dan pelayanan lainnya.

  • Hotel Oroprietors et all dalam Sulastiyono (2001- 5)

Hotel merupakan suatu perusahaan yang olah pemiliknya dengan cara menyediakan makanan, minuman dan kamar tidur dan fasilitas lainnya kepada pengunjung dan mampu membayar dengan jumlah yang sesuai dengan pelayanan yang digunakan.

  • Sulastiyono (2001 : 6)

Hotel adalah sebuah usaha komersial yang menyediakan tempat menginap, makanan dan pelayanan-pelayanan umum lainnya untuk para pengunjung.

Baca Juga :  Pengertian Organisasi - Tujuan, Ciri, Unsur, dan Manfaat

Karakteristik Hotel

  • Hotel yakni adalah industri yang menggunakan banyak modal dan memilki banyak karya.
  • Keadaan dan perubahan budaya, ekonomi, sosial, politik, dan keamanan dapat mempengaruhi industri hotel.
  • Hotel mendapatkan dan memasarkan produk-produknya bersamaan dengan tempat jasa dihasilkan pelayananya.
  • Hotel beroperasi satu hari penuh tanpa ada hari libur dalam melayani jasa terhadap para pengunjung.
  • Hotel memberikan pelayanan kepada pengunjung seperti raja, selain itu mengganggap pengunjung seperti partner dalam usaha karena jasa pelayanan hotel sangat bergantung kepada  banyaknya pengunjung yang menggunakan fasilitas hotel.

Jenis – Jenis Hotel

Menurut Tarmoezi (2000) jenis hotel terlepas dari kebutuhan dan sifat para pengunjung. dari pernyataan tersebut, jadi hotel dilihat dari lokasi dibangun , sehingga hotel dikelompokkan menjadi 4 kelompok yakni:

  • Resort Hotel

Resort Hotel

Resort Hotel adalah tempat menginap yang berlokasi di daerah pegunungan atau di tepi danau, ditepi aliran, di tepi pantai, tepi sungai. Hotel ini dipergunakan untuk keluarga yang mau beristirahat pada hari-hari libur atau bagi mereka yang ingin berrekreasi.

  • Residential Hotel

Residential Hotel

Hotel Residen adalah hotel yang terletak pada daerah pinggiran kota-kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah untuk mencapai lokasi kegiatan usaha. Biasanya residen hotel berlokasi di daerah yang tenang, karena dipergunakan untuk masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu lama. Hotel residen terdapat fasilitas yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.

  • City Hotel

City Hotel

City hotel yaitu hotel yang terletak di perkotaan, yang biasanya City hotel ini dipergunakan masyarakat untuk menginap dalam jangka waktu pendek. City hotel sering disebut juga sebagai transit hotel karena biasanya city hotel ditempati oleh para pembisnis yang memanfaatkan pelayanan bisnis dan fasilitas yang telah disediakan oleh hotel itu.

  • Motel (Motor Hotel)

Motel (Motor Hotel)

Motel (Motor Hotel) ini biasanya berada dipinggir jalan atau sepanjang jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota besar lainnya atau berada di pinggiran jalan yang dekat pintu gerbang atau perbatasan kota-kota besar. Motel biasanya dipergunakan untuk tempat istirahat sementara bagi masyarakat yang melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sendiri.

Baca Juga :  Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Hotel Menurut Para Ahli, Semoga bermanfaat..

Artikel lainnya :

 

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli – Karakteristik dan Jenis-Jenis
5 (100%) 1 vote[s]