Pengertian Hubungan Internasional

Posted on
Pengertian Hubungan Internasional

Artikel makalah tentang Pengertian Hubungan Internasional secara umum, meliputi dari funsi, keunaan, manfaat, metode, faktor, klarifikasi, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Apa itu hubungan internasional,,, hal ini merupakan salah satu bentuk interaksi atau hubungan antar negara-negara yang merdeka dan berdaulat dari dua negara atau lebih, sehingga dapat mencakup dari berbagai aspek politik dan ekonomi dengann menjaga keamanan budaya sosial antar kelompok atau antar individu.

Nak di bawah ini akan kemi ulas secara terperinci, langsung saja simak pembahasannya:

Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional adalah interaksi secara global antar negara atau dari berbagai interaksi antar manusia yang akan mewakili suatu negara yang melintasi dari batasan negara.

Dengan demikian Interaksi yang terjadi sebenarnya adalah interaksi antar manusia tetapi hal ini sering terjadi dalam hubungan formal antar negara.

Maka dapat di sini terdapat beberapa definisikan menurut dari para ahli adalah sebagai berikut :

  • Trevor Taylor pada tahun 1979 telah mengatakan hubungan internasional adalah sebuah tindakan yang disiplin dari berbagai ilmu dengan aktivitas politik.
  • Seymon Brown pada tahun 1988 telah berpendapat hubungan internasional adalah sebagai studi dan tindakan antara negara-negara yang berdaulat.
  • Joseph Ola pada tahun 1999 telah mendefinisikan hubungan internasional adalah sebagai bentuk interaksi antar bangsa dalam sistem internasional.

Dari ketiga pendapat tersebut sudah sangat jelas bahwa hubungan internasional adalah sebuah aspek yang mempelajari pola dan hubungan antar bangsa atau antar manusia.

Baca Juga: Pengertian Toleransi

Manfaat Hubungan Internasional 

Dari ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa manfaat yang terdapat pada hubungan internasional.

Brikut Manfaat hubungan internasional adalah:

Bidang Ideologi
Adalah suatu manfaat yang akan diperoleh supaya dapat melindungi dalam mempertahankan untuk kelangsungan hidup pada suatu negara.

Bidang Politik
Adalah suatu manfaat politik yang akan diperoleh untuk melakukan dukungan utnuk melaksanakan kebijakan sebagai pembangunan atau kepentingan secara nasional.

Bidang Ekonomi
Adalah suatu manfaat ekonomi sebagai salah satu dukungan untuk meningkatkan pembangunan secara nasional.

Bidang Sosial Budaya
Adalah suatu manfaat sosial budaya yang akan mendapatkan dukungan dari berbagai antar bangsa untuk peningkatan nilai-nilai budaya bangsa.

Bidang Pertahanan dan Keamanan
Adalah suatu manfaat dalam bidang yang akan memberikan dukungan untuk untuk memelihara keamanan dan perdamaian bangsa.

Adapun manfaat yang lain juga adalah sebagai berikut :

  • Lebih banyak perdamaian di antara negara-negara di dunia
  • Melindungi dan menjaga independensi suatu negara
  • Realisasi tujuan pembangunan di bidang sosial ekonomi
  • Hasilkan koordinasi ekonomi yang ditargetkan
  • Perluasan jaringan dan penggunaan suatu area
  • Tingkatkan pendapatan pemerintah
  • Meningkatkan daya saing negara di bidang ekonomi
  • Memberikan devisa tambahan untuk negara
  • Menciptakan organisasi internasional bersama

Sarana hubungan internasional

Dari beberapa ulasan yang sudah kami sampaikan di atas, maka kami juga akan memeberikan beberapa sarana yang terdapat pada sarana hubungan internasional.

Berikut beberapa sarana yang sering di gunanakan adalah sebagai berikut:

A. Sarana Diplomasi

Sarana Diplomasi adalah salah satu hubungan untuk memperjuangkan kebijakan nasional dalam konteks hubungan internasional sehingga dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan nasional yang saling berhubungan dengan negara lain.

B. Sarana Propaganda

Sarana Propaganda adalah salah satu sarana yang dapat di lakukan secara sistematis sehingga dapat dilakukan untuk mempengaruhi pemikiran pada tindakan untuk melayani kepentingan masyarakat dari pada pemerintah.

C. Sarana Perdagangan

Sarana Perdagangan adalah salah satu sarana dengan hubungan yang akan diperlukan untuk memperoleh manfaat ekonomi antar pihak-pihak yang berkepentingan, sehingga suatu negara dapat memproduksi dan mengkonsumsi semua kebutuhan negaranya sendiri.

D. Sarana Militer

Sarana Militer adalah salah satu sarana yang berhubungan melalui dalam pelatihan militer untuk memperkuat pertahanan negara-negara yang terlibat dalam diplomasi.sehingga dapat mengantisipasi serangan yang mungkin dilakukan salah satu pihak.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi

Faktor Terjadinya Hubungan Internasional

Dari ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa faktor dalam pembentukan hubungan internasional dengan negara yang mengadakan kemerdekaan dan kedaulatan.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan negara dapat membangun hubungan internasional :

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor dari suatu negara yang dapat menjalin hubungan internasional untuk menjaga kelangsungan hidup dengan intervensi dari kuddutaan negara lain.

2. Faktor Ekternal

Faktor eksternal adalah sebuah faktor dengan ketentuan hak alam di mana tidak ada satu negara pun yang bisa hidup sendiri sehingga setiap negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa kerja sama dengan negara lain.

Ruang Lingkup Hubungan Internasional

Ruag lingkup hubungan internasional dibagi menjadi dua bidang. Pertama, sektor publik, yang meliputi kebijakan luar negeri, pertahanan dan keamanan, diplomasi, organisasi internasional, politik internasional, hukum internasional, kejahatan internasional, dan organisasi internasional.

Dengan demikian Ruang Lingkup Hubungan Internasional dapat juga menjalin dalam bentuk kerja sama yang kuat untuk menjalin persatuan antar negara dan hubungan antar manusia, untuk kedaulatan bersama

Nah sobat demikianlah yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang hubungan internasional serta fungsinya, semoga artikel yang singkat ini dapat berguna, dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Produksi