Pengertian Ilmu Ekonomi

Posted on
Pengertian Ilmu Ekonomi

Artikel makalah tentang Pengertian Ilmu Ekonomi secara umum, meliputi dari fungsi, manfaat, tujuan, klarifikasi, ruang lingkup, sejarah, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu Ilmu Ekonomi,,, Hal ini merupakan satu ilmu yang saling berhubungan pada suatu kegiatan terhadap manusia yang dapat memenuhi kebutuhannya, sehingga hal ini juga berbagai sumber yang baik dalam perkembangan perekonomian secara umum maupun menurut para ahli.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi adalah salah satu bidang studi yang penggunaan sumber daya secara individu dari berbagai kelompok masyarakat pada suatu negara untuk mencapai kekayaan dan perkembangan nya.

Secara etimologis kata “ekonomi” berasal dari bahasa Yunani “oikos” yang berarti “keluarga atau sebagai kata lain adalah pemerintahan yang berkembang dari lembaga hukum.

Dengan demikian ilmu ekonomi dapat mewakili aturan pemerintah yang di atur dari manajemen sebagai tahap penyelidikan perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga: Pengertian Administrasi

Manfaat Ilmu Ekonomi

Dari ulasan singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa menfaat yang mengacu pada ilmu ekonomi sehingga dapat di gunakan sebagai kebutuhan manusia

Berikut beberapa kegunaan manfaat ilmu ekonomi adaah:

  • Mampu memberikan masukan dan suap mengambil keputusan dengan tindakan-tindakan yang memajukan ekonomi
  • Membantu kehidupan manusia dengan memahami pola dan perilaku ekonomi pada perkembangan masyarakat
  • Membantu memberikan ide dan gagasan secara potensi dan keterbatasan dengan kebijakan perkembangan ekonomi
  • Dapat meningkatkan kemajuan manusia terhadap masalah ekonomi yang terjadi pada masyrakat.

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Seteleh mengetahui pengertian dan manfaat dari ilmi ekonomi di sini juga kami akan memberikan beberapa konsep yang terdapat pada ilmu ekonomi.

Berikut beberapa konsep pada ilmu ekonomi dan penjelasan yang singkkat:

1. Kegiatan Ekonomi

  • Produksi adalah salah satu kegiatan yang terkait dengan berbagai perusahaan untuk menambah nilai barang dan jasa sehingga suatu kegiatan dapat dengan mudah untuk pengumpulan sumber daya dengan keahlian yang ada.
  • Konsumsi adalah salah satu kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan barang dan jasa untuk menentukan tingkat pendapatan dengan nilai-nilai budaya pada masyarakat.

2. Tindakan Ekonomi

Tindakan Ekonomi ini supaya manusia dapat memilih hal-hal yang terbaik dalam mempromosikan kemampuan mereka diantaranya

  • Tindakan Rasional adalah sebuah tindakan prilaku manusia untuk menentukan pilihan terbaik yang menguntungkan sesuai dengan kenyataan.
  • Tindakan Irasional adalah sebuah tindakan supaya manusia dapat menentukan pilihan yang terbaik tetapi tidak sesuai dengan kenyataan.

3. Motif Ekonomi

  • Motif Intrinsik hal ini merupakan salah satu alasan supaya dapat mencapai tujuan yang berasal dari diri nya sendiri untuk mengambil langkah dengan kemajuan ekonomi.
  • Motif Ekstrinsik hal ini merupakan salah satu alasan supaya mudah mencapai tujuan yang bersumber dari orang lain untuk melakukan tindakan ekonomi.

4. Metodologi Ilmu Ekonomi

  • Metode Induksi hal ini sebagai metode yang dapat di lakukan dilakukan yang berdasarkan dari berbagai peristiwa tentang ekonomi yang dapat diatur secara sistematis.
  • Metode Deduksi Hal ini merupakan sebagai metode yang didasari dari teori ekonomi yang dapat dipelajari untuk menarik kesimpulan secara tertentu.

Baca Juga: Definisi Adalah

Tujuan Ilmu Ekonomi

Dari beberapa ulasan yang sudah kami bahas di atas maka kami juga akan memberikan beberapa tujuan yang terdapat pada ilmu ekonomi di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dapat dijadikan sebuah acuan yang dapat mengambil keputusan dalam betindak
  • Membantu pembentukan ekonomi yang lebih maju dan mudah untuk berkembang.
  • Memberikan potensi yang luas denan keterbatasan dari suatu kebijakan ekonomi
  • Menumbuhkan ekonomi yang bersifat global terhadap masyarakat

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Ilmu yang meliputi dari eknomoi dengan pembagian berdasarkan bentuk dan tugasnya masing-masing, maka kami juga akan memberikan dua macam batasan rung lingkup ilmu ekonomi.

Berikut dua ruang lingkup ilmu ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Ekonomi Mikro 

Ekonomi Mikro adalah sebagai bentuk dari industri yang berhubungan pada aspek kehidupan dengan individu dari suatu kegiatan ekonomi yang berhungan dengan analisis konsumen dan produsen.

2. Ekonomi Makro 

Ekonomi Makro adalah sebagai kegiatan dengan pertumbuhan ekonomi yang mampu memperlakukan ekonomi secara efisien dengan menggunakan berbagai faktor produksi sehingga dapat memaksimalkan kesejahteraan sosial.

Sejarah Ilmu Ekonomi

Sejarah Ilmu Ekonomi penemuan ekonomi pada tahun 1967 dengan abad ke ke-18 sebagai acuan ilmu pengetahuan yang independen sehingga terus berkembang dari beberapa negara dengan kemajuan nya.

Hal ini temukan oleh Nations dan Smith yang terdapat pada negara Eropa sebagai perekonomian yang pesat dengan perkembangan yang sangat baik, dalam bidang nya masing-masing.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan tentang pengertian ilmu ekonomi dan tujuannya, semoga dengan adanya artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Arti Ekspektasi