Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli, Secara Bahasa, Istilah, dan Umum

Posted on

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli – Ilmu merupakan pengetahuan yang sifatnya umum dan sistematis, yang mana pengetahuan dari mana dapat disimpulkan keterangan tertentu menurut kaidah-kaidah umum.  Untuk lebih jelasnya lagi kami kan mengulas secara lengkap Materi makalah definisi Pengertian Ilmu mulai dari Pengertian Ilmu Secara Umum, Secara Bahasa, Secara Istilah dan Menurut Para Ahli. Maka simaklah pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu

Sebelum kita melihat penjelasan dari para ahli, terlwbih dahulu kita simak pengertian ilmu secara bahasa, secara istilah, dan secar umum, berikut penjelasannya ;

Secara Bahasa

Kata Ilmu ini berasal dari kata arab yakni ‘alima yang memiliki makna mengetahui atau perbuatan yang bertujuan untuk mengetahui segala sesuatu. Dan juga kata ilmu ini berasal dari bahasa latin yakni science yang bermakna pengetahuan, mengetahui atau memahami.

Secara Istilah

Ilmu adalah bentuk pengetahuan tentang sesuatu yang datang dari Allah, yang mana ilmu tersebut diturunkan kepada para nabi dan rasul serta alam yang diciptakan-Nya termasuk manusia dan apa saja yang ada pada diantara langit dan bumi ini, Atau pengetahuan yang sistematis dan bersifat ilmiah.

Secara umum

Sedangkan secara umum, Ilmu memiliki arti kepandaian atau pengetahuan yang berkenaan dengan bidang yang tersusun secara sistematis menurut kaidah dan metode yang bisa digunakan untuk menjelaskan serta memahami hal yang terkait dengan bidang ilmu tersebut.

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

Be beberapa rikut ini adalah pwendapat para ahli mengenai pengertian “ilmu”, diantaranya ;

1. The Liang Gie

Ilmu yakni adalah rangkaian kegiatan manusia yang rasional dan kognitif dengan metode berupa macam-macam prosedur dan susunan langkah yang kemudian akan menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai berbagai gejala kealaman, kemasyarakatan atau individu untuk tujuan mencapai kebenaran yang sebar-benarnya, mendapatkan pemahaman dan memberikan penjelasan atau melakukan penerapan.

2. Mohammad Hatta

Ilmu yakni merupakan sebuah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum secara kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, yang mana menurut kedudukannya yang tampak dari luar, maupun dalam.

3. Minto Rahayu

Ilmu merupakan pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku secara umum.

4. Harold H.titus

Ilmu di definisikan sebagai common science yang diatur dan diorganisasikan, mengadakan pendekatan terhadap benda atau peristiwa dengan menggunakan cara atau metode observasi yang teliti serta kritis.

5. NS. Asmadi

Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahuai melalui penyeledikan yang sistematis dan terkendali.

6. Dr. H. Ali As’ad

Ilmu yakni merupakan suatu sifat yang jika dimiliki seseorang maka menjadi jelaslah apa yang terlintas di dalam pengertiannya

7. Nazir

Ilmu merupakan pengetahuan yang sifatnya umum dan sistematis, yang mana pengetahuan dari mana dapat disimpulkan keterangan tertentu menurut kaidah-kaidah umum.

8. Popper

Ilmu yakni ialah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.

9. Prof. DR. A. Baiquni

Ilmu (Science) merupakan general consensus dari masyarakat yang terdiri dari scientist.

10. Ralph Ross & Ernest Van Den Haag

Ilmu yakni bentuk  yang empiris, rasional, umum dan sistematik, dan yang dimana keempanya itu serentak

11. DR. H.M. Gade

Iilmu falsafah yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan pada manusia.

12. D. Bernal 1977

Ilmu merupakan suatu pranata atau metode yang membentuk keyakinan mengenai alam semesta maupun manusia.

13. Dr. Maurice Bucaille

Ilmu merupakan kunci untuk mengungkapkan banyak hal dalam bentuk apapun, baik dalam jangka waktu panjang maupun jangka pendek.

14. E. Cantote 1977

Ilmu merupakan suatu hasil aktivitas manusia yang memiliki makna dan metode.

15. Shapere

Shapere menjelaskan, pada dasarkan konsep ilmu mencakup 3 hal yakni adanya rasionalitasm dapat disistematisas dan dapat digeneralisasi

16. Schulz

Ilmu mencakup logika, adanya interpretasi subjektif serta konsistensi dengan realitas sosial

17. J. Haberer 1972

Ilmu merupakan suatu hasil kegiatan manusia yang menjadi kumpulan teori, metode dan praktek dan menjadi pranata dalam masyarakat.

18. John G.Kemeny

Ilmu yakni adalah bentuk pengetahuan yang dikumpulkan dengan metode ilmiah sebagai prosedur.

19. Harsojo

Ilmu merupakan sekumpulan akumulasi pengetahuan yang telah disistematiskan.

20. Prof. Dr Syed Naquib Alattas

Ilmu merupakan ketibaan makna dalam diri seseorang yang bisa menyebabkan perubahan berdasarkan ilmu yang dicapai atau didapat oleh nya.

21. Ashely Montagu

Ilmu merupakan pengetahuan dalam satu sistem yang berasal dari studi(Pembelajaran), pengamatan dan percobaan dalam menentukan dasar prinsip tentang hal yang sedang dikaji.

22. Izuddin Taufiq

Ilmu adalah penelusuran atau pencarian informasi atau data melalui pengamatan, pengkajian dan juga eksperimen, yang memiliki tujuan yakni menetapkan hakikat, landasan dasar dan juga asal usulnya.

23. John G.K.

Ilmu yakni adalah bentuk dari segala pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan metode ilmiah yang merupakan hasil dari suatu proses yang dibuat dengan menggunakan metode ilmiah tersebut.

24. Ralp Ross & Ernest Van Den Haag

Menurut mereka ilmu yakni merupakan sesuatu yang empiris, rasional , umum dan sistematik, yang mana dari keempat aspek tersebut terjadi secara serentak

25. Karl Pearson

Ilmu yakni keterangan yang stabil serta komprehensif mengenai suatu fakta dari pengalaman dengan istilah yang cukup sederhana.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli, Semoga menambah waawasan kita.

Artikel lainnya :

 

5.0
01