Pengertian Industri

Posted on
Pengertian Industri

Artikel makalah membahas tentang Pengertian Industri secara umum, jenis, tujuan, manfaat, syarat, fungsi, contoh dan gambarnya supaya mudah di pahami,

Apa itu Industri,,, Hal ini merupakan salah satu bentuk dalam meningkatkan kegiatan ekonomi dalam mengolah bahan baku dan dapat dimemanfaatkan sebagai sumber daya industri yanbg dapat menghasilkan barang dan jasa untuk keperluan bersama.

Untuk lebih jelasnya lagi langsung saja simak pembahasn di bawah ini:

Pengertian Industri

Industri adalah saah satu kegiatan dalam memproses pengolahan bahan baku atau produk setengah jadi sehingga hak ini memiliki nilai jual yang tinggi untuk di jadikan barang yang berharga.

Pengertian Industri juga sebagai salah satu usaha atau kegiatan dalam pengolahan bahan mentah dan barang setengah jadi sehingga yang dimemiliki memiliki nilai jual yang tinggi untuk mendapatkan keuntungan

Maka perusahaan industri dapat juga melakukan kegiatan komersial di wilayah Indonesia yang akan menghasilkan produk yang memiliki karakteristik dalam pengembangan dan pertumbuhan perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Kreativitas

Syarat Syarat Membanguan Industri

Dari ulsan singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa syarat dalam membangun industri yang baik,

Berikut beberapa syarat untuk membangun industri adalah:

  • Memiliki modal yang cukup
  • Ketersediaan bahan baku dan produk setengah jadi yang melimpah
  • Ketersediaan pekerja terampil dan pekerja terampil
  • Ada permintaan dari pasar
  • Pengerjaan dan pemasaran yang baik
  • Transportasi lancar dan tepat
  • Dukungan untuk situasi politik dan keamanan terjamin

Contoh Industri Berkembang di Indonesia

Setelah mengetahui pengertian dan syarat dalam membangun industri, maka kami juga akan memberikan beberapa contoh industri yang berkembang.

Berikut adalah contoh industri yang berkembang adalah:

A. Industri Jasa transportasi

Industri transportasi adalah salah satu contoh industri yang berkembang pesat dalam memberikan pelayanan terhadap tumpangan transortasi kepada masyarakat untuk menciptakan tujuannya.

Contohnya:

Seperti jasa tranportasi kereta api, ojek online, busway, taxi online, dan lain-lain.

B. Industri Mabel

Industri mebel adalah salah satu contoh industri yang dapat mengolah bahan setengah jadi atau mentah seperti kayu yang akan di jadikan barang jadi bernilai tambah tinggi.

Contohnya:

Meja, lemari, kursi dan sebagainya.

C. Industri Fashion

Industri fashion adalah salah satu contoh industri yag sangat banyak sekali orang menekuninya sehingga hakl ini dapat berkembang dari waktu kewaktu.

Baca Juga: Pengertian Kualitatif

Jenis Jenis Industri 

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa jenis industri berdasarkan bahan baku.

Berikut beberapa jenis industri adalah:

1. Industri Berdasarkan Produk yang Dihasilkan

Industri yang di hasulkan berdasarkan produk adalah.

Industri tersier – Adalah sebuah industri yang akan menghasilkan dalam bentuk barang atau benda sehingga dapat dinikmati atau digunakan sebagai bentuk layanan dalam mempromosikan pada kebutuhan Komunitas.

Industri sekunder – Adalah sebuah industri yang memiliki barang yang harus diproses dan di promosikan sebelum dikonsumsi atau digunakan.

Industri primer – Adalah sebuah industri yang memiliki barang yang tidak memerlukan proses lebih lanjut sehinga barang-barang dapat dinikmati secara langsung.

2. Industri Berdasarkan Bahan Baku 

Industri yang di hasulkan berdasarkan bahan baku adalah.

  • Industri komoditas adalah salah satu jenis industri yang bahan bakunya diperoleh langsung dari alam.
  • Industri nonekstraktif adalah salah satu jenis industri yang memproses produk dari industri lain.
  • Industri tersier adalah salah satu jenis industri yang kegiatan industrinya dapat menjual jasa untuk kebutuhan orang lain.

3. Tujuan Membangun Industri di Indonesia

  • Menciptakan dan memperluas lapangan kerja
  • Memperkuat struktur ekonomi
  • Membuka dan memperluas peluang kerja dan bisnis
  • Pengurangan ketergantungan pada barang impor
  • Menghasilkan valuta asing yan di simpan
  • Memuaskan kebutuhan masyarakat pada bahan-bahan yang berasal dari barang manufaktur seperti makanan atau bahan bangunan.

4. Industri Berdasarkan Tenaga Kerja 

Industri yang di hasulkan berdasarkan tenaga kerja adalah.

  • Industri skala besar adalahsalah satu jenis industri yang memiliki lebih dari 100 karyawan sehingga hal ini memiliki sebagaian besar modal yang dihimpun dalam bentuk pemegang saham.
  • Industri menengah adalah salah satu jenis industri yang memiliki modal yang memadai sehingga dapat menghasulkan dalam keterampilan yang tertentu.
  • Industri kecil adalah salah satu jenis industri kecil yang memiliki modal yang relatif kecil sehingga pekerja dapat memperoleh nya dengan mudah.
  • Industri rumahan adalah salah satu jenis ndustri yang memperkerjakan orang dan memiliki modal yang sangat terbatas sehingga udaha tersebut dapat di lakukan di rumah sesuai dengan modal yang ada.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang Pengertian Industri dan beberapa faktor yang dapat mengembangkan dari berbagai induetri, semoga artikel yang singjat ini dapat beruna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Arti Solidaritas