25 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli [Terlengkap]

Posted on

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli – Informasi yakni ialah pesan atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau suatu makna yang bisa ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas Materi makalah Pengertian Informasi Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian Informasi

Informasi yakni ialah pesan atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau suatu makna yang bisa ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi ini dapat direkam atau ditransmisikan. Hal  darsebut bisa dicatat sebagai tanda-tanda, maupun sinyal berdasarkan gelombang.

Pengertian Informasi

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah pendapat para ahli mengenai pengertian dari informasi, adapun para ahli tersebut diantaranya :

1. Azhar Susanto

Azhar Susanto mendefinisikan informasi yakni sebagai hasil pengolahan data. Dimana data yang dihasilkan tersebut dapat memberikan arti & manfaat bagi otang yang menerimanya.

2. Abdul Kadir, McFadden, dkk

Informasi merupakan data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga data yang sudah diproses tersebut bisa meningkatkan pengetahuan orang yang menerima dan menggunakannya.

3. Burch & Strater

Informasi merupakan proses pengumpulan dan pengolahan data yang ditujukan untuk memberikan keterangan atau pengetahuan tertentu mengenai suatu hal kepada banyak orang.

4. Anton M. Moeliono

Informasi yakni sebagai data yang sebelumnya sudah diproses dan pemrosesannya dilakukan untuk suatu tujuan tertentu. Selain itu Anton M. Moeliono juga mengemukakan pendapat lain bahwa informasi merupakan keterangan, pemberitahuan, penerangan, kabar berita, atau bahan nyata lainnya yang bisa digunakan sebagai bahan kajian analisis untuk mengambil kesimpulan atau mengambil keputusan.

5. Barry E. Cushing

Menurut Barry, infromasi adalah suatu hal yang menunjukkan hasil suatu proses pengolahan data. Dan hasil pengolahan data tersebut terorganisir dan memiliki manfaat atau berguna bagi penerimanya.

6. George R. Terry, D.

Informasi yakni ialah data penting, yang bisa memberikan pengetahuan yang berguna atau bermanfaat bagi penerimanya.

7. Davis

Informasi merupakan data yang telah diolah sehingga mempunyai bentuk yang berarti dan bermanfaat bagi penerimanya. Yakni dapat digunakan dalam mengambil kesimpulan dan pengambilan keputusan, baik untuk saat indi maupuni masa yang akan datang.

8. Gordon B. Davis

Informasi adalah sebuah data yang telah diolah. Pengolahan tersebut dilakukan supaya data itu menjadi bentuk yang mempunyai arti dan bermanfaat bagi penerimanya, baik untuk pengambilan keputusan di masa ini atau di masa yang akan datang.

9. Firmanzah

Informasi yakni sebagai data dan angka yang telah diberi makna dan nilai.

10. George H. Bodnar

Informasi didefinisikan sebagai data yang telah diolah, yang mana data tersebut bisa dijadikan sebagai dasar atau bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah kesimpulan dan sebuah keputusan yang tepat mengenai suatu hal.

11. Jogianto HM.

Informasi yakni ialah data yang telah diolah kedalam bentuk yang lebih bermakna dan memiliki arti, dan bermanfaat bagi penerimanya. Hasil dari pengolahan data tersebut menggambarkan kejadia yang nyata yang bisa digunakan dalam membuat atau mengambil keputusan

12. Gelinas & Dull

Informasi ialah data yang disajikan dalam bentuk formulir, yang mana data tersebut mempunyai kegunaan untuk pembuatan atau pengambilan keputusan.

13. Joner Hasugian

Informasi merupakan sebuah konsep, yang sifatnya universal dan dalam jumlah muatan yang besar. Konsep ini mencangkup banyak hal dalam masing-masing ruang lingkup yang berkaitan.

14. Lani Sidharta

Informasi yakni ialah data yang disajikan dalam bentuk yang lebih berguna, dengan tujuan membuat sebuah keputusan.

15. Kenneth C. Laudon

Informasi merupakan data yang telah dibentuk menjadi sebuah bentuk yang bermanfaat yang bisa digunakan oleh banyak orang.

16. Tata Sutabri, S.Kom., MM.

Informasi didefinisikan sebagai data yang telah diklasifikasi, diolah dan diinterpretasikan yang mana tujuannya ialah agar bisa digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

17. Kusrini

Informasi yakni adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi orang yang menggunakannya. Yang mana hasil dari pengolahan data tersebut memiliki manfaat dalam mengambil sebuah keputusan atau manfaat untuk mendukung sumber informasi.

18. Mc Leod

Infomasi yakni sebagai data yang telah diproses menjadi data sehingga memiliki arti bagi penerimanya.

19. Raymond Mc.leod

Informasi didefinisikan sebagai data yang sudah di proses, sehingga mempunyai arti, manfaat, atau berguna bagi penerimanya dalam pengambilan keputusan pada saat ini atau masa akan datang.

20. Drs, The Liang Gie

Informasi didefinisikan sebagai keterangan, kalimat, rangkaian perkataan, gambar, atau tanda tulis lainnya yang di dalamnya terkandung sebuah pengertian, buah pikir, pengetahuan dan sebgaiannya. Sehingga pemimpin organisasi bisa menggunakannya untuk membuat suatu keputusan yang tepat berdasarkan kenyataan yang ada.

21. Romney dan Steinbart

Informasi yakni sebagai data yang telah diolah dan diorganisasikan, sehingga bisa memberikan arti atau manfaat bagi orang yang menggunakannya.

22. Robert G. Murdick

Informasi terdiri dari data yang telah didapat yang kemudian diolah atau diproses agar bisa digunakan untuk menerangkan, menguraikan, menjelaskan atau menjadi dasar pertimbangan dalam membuat kesimpulan atau pengambilan keputusan.

23. Robert N. Anthony & John Dearden

Informasi yakni sebagai suatu hal yang sifatnya nyata, berupa data yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi penerimanya.

24. Stephen A. Moscove & Mark G. Simkin

Informasi yakni ialah suatu bentuk yang nyata, yang mempunyai nilai manfaat, sehingga bisa digunakan untuk mengambil keputusan.

25. McFadden et al (1999)

Informasi di definisiskan sebagai data yang telah diolah sedemikian rupa yang bisa menambah pengetahuan seseorang yang menggunakannya.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Informasi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :