Pengertian Interaksi Antar Ruang, Bentuk, Syarat, Dampak dan Contohnya

Posted on

MateriBelajar.co.id – Sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian Aksioma berserta contohnya, kali ini kita akan membahas tentang Interaksi Antar Ruang, mulai dari pengertian, bentuk, syarat, dampak beserta dengan beberapa contohnya. Interaksi Antar Ruang akan dibahas secara lengkap dan detil, simaklah ulasannya berikut ini.

interaksi antar ruang

Pengertian

Interaksi antar ruang adalah cara untuk mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan masalahnya yang berkaitan dengan ruang-ruang yang ada disekitarnya. Berdasarkan cara melihatnya, interaksi antar ruang dibagi menjadi 2, yaitu fisik dan non fisik.

Jika secara fisik, setiap ruang pasti mempunyai karakteristik fisik yang sesuai dengan perannya pada wilayah tertentu. Misalnya pada tempat untuk pusat perdagangan. Sedangkan secara non fisik, interaksi antar ruang dapat dilihat dari adanya kesenjangan sosial dan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dan kegiatan sosial, akan selalu terpusat pada lokasi yang mempunyai pelayanan publik yang baik. Inilah menjadi faktor yang mempengaruhi pada perkembangan dilokasi tertentu.

Bentuk-Bentuk

Ada beberapa bentuk interaksi antar ruang, antara lain :

  • Mobilitas Penduduk
    Mobilitas penduduk merupakan suatu interaksi dalam bentuk pergerakan atau perpindahan manusia, contohnya adalah emigrasi, imigrasi, transmigrasi, urbanisasi dll.
  • Komunikasi
    Komunikasi merupakan suatu bentuk interaksi melalui perpindahan suatu ide atau gagasan dan informasi, contohnya adalah pengiriman informasi baik secara langsung maupun tidak langsung seperti membaca berita, melihat tayangan televisi, internet dll.
  • Transportasi
    Transportasi merupakan suatu interaksi melalui perpindahan barang atau energi, contohnya pengakutan barang, pergadangan dll.

Syarat-Syarat

Ada beberapa syarat-syarat terjadinya interaksi antar ruang, antara lain adalah :

  • Saling melengkapi (complementarity)
    Syarat terjadinya interaksi antar ruang salah satunya adalah saling melengkapi. Kondisi saling melengkapi terjadi apabila ada suatu wilayah yang memiliki perbedaan dalam komoditas yang dihasilkannya.
  • Kesempatan antara (intervening opportunity)
    Kesempatan antara merupakan sebuah lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuannya.
  • Keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability)
    Kemudahan dalam bertransaksi adalah hal yang sangat penting agar tercipta interaksi antar ruang. Misalanya pengangkutan barang atau juga orang memerlukan biaya yang harus lebih rendah dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh.

Dampak

Ada beberapa dampak dari interaksi antar ruang, antara lain :
1. Berkembangnya Pusat-pusat Pertumbuhan
2. Perubahan Penggunaan Lahan
3. Perubahan Orientasi Mata Pencaharian
4. Berkembangnya Sarana dan Prasarana
5. Perubahan Komposisi Penduduk
6. Perubahan Sosial Budaya

Contoh Interaksi Antar Ruang

Berikut ini adalah beberapa contoh interaksi antar ruang dalam kehidupan sehari-sehari :
1. Interaksi antar ruang dalam bentuk perubahan iklim, contohnya hujan di Indonesia disebabkan oleh angin muson barat yang terjadi di samudera pasifik.
2. Adanya bencana banjir bandang di kawasan A, banyak orang-orang dari kawasan lainnya mengumpulkan dana untuk membantu korban di kawasan A.
3. Penggunaan media telpon. Dengan adanya media telepon, orang-orang bisa saling berinteraksi dengan oralin lain meskipun tidak secara langsung bertatapan muka.

Demikian Pengertian Interaksi Antar Ruang, Bentuk, Syarat, Dampak dan Contohnya yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel tentang interaksi antar ruang ini dapat memberikan manfaat bagi kita.

Baca Juga :