18 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Posted on

Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli – Kepuasan kerja merupakan perasaan mendukung atau tidak mendukung yang dialami oleh pekerja dalam menjalani pekerjaannya. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi makalah Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasanya di bawah ini.

Pengertian Kepuasan Kerja

Pengertian Kepuasan Kerja

Kepuasan Kerja merupakan Kondisi psikis yang menyenangkan yang dapat dirasakan oleh karyawan atau pegawai (Pekerja) dalam suatu lingkungan pekerjaan atas peranannya dalam organisasi dan kebutuhannya terpenuhi secara baik.

Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pengertian kepuasan kerja menurut pendapat beberapa ahli, adapun para ahli tersebut diantaranya :

  • Moch. As’ad ( 1995 : 104 )

Kepuasan kerja yakni ialah sikap umum yang merupakan hasil dari beberapa sikap khusus terhadap berbagai faktor pekerjaan, penyesuaian diri dan juga hubungan sosial individu diluar kerja.

  • Hasibuan (2001: 202)

Kepuasan kerja yakni merupakan sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaan yang ia jalani . Sikap ini akan terlihat oleh moral kerja, kedisiplinan dan prestasi kerja. Kepuasan kerja dapat dinikmati dalam pekerjaan, maupun luar pekerjaan, dan kombinasi antar keduanya.

  • Tiffin (1958)

Kepuasan kerja yakni berhubungan erat dengan sikap dari karyawan terhadap pekerjaannya sendiri, situasi kerja, kerjasama antara pemimpin dengan karyawan dalam sebuah perusahaan maupun perkantoran.

  • Susilo Martoyo (1992: 115)

Kepuasan kerja yakni merupakan salah satu aspek psikologis yang mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaan yang ia jalani atau ia krjakan,pekerja tersebut akan merasa puas dengan kesesuaian antara kemampuan, keterampilan dan harapannya dengan pekerjaan yang dihadapinya.

  • Robbins (1996: 179)

Kepuasan kerja merupakan suatu sikap umum seorang terhadap pekerjaannya. Pekerjaan mengharuskan adanya interaksi dengan rekan kerja, atasan, standar kinerja, peraturan dan kebijakan organisasi, kondisi kerja dan lain-lain. Seorang dengan tingkat kepuasan kerja tinggi akan menunjukkan sikap positif terhadap pekerjaan yang ia jalani atau lakukan, Sedangkan apabila seorang pekerja tidak puas dengan pekerjaanya ia akan menunjukkan sikap negatif terhadap pekerjaanya tersebut.

  • Stephen P. Robbins (1996: 26)

Kepuasan kerja merupakan suatu bentuk sikap terhadap pekerjaan seseorang, selisih antara banyaknya ganjaran yang diterima seorang pekerja dan banyaknya yang mereka yakini atas apa yang seharusnya mereka dapatkan.

  • Blum (1956) dalam Moch. As’ad (1995: 104)

Kepuasan kerja ialah sikap umum yang merupakan hasil dari beberapa sikap khusus terhadap berbagai faktor pekerjaan penyesuaian diri dan hubungan sosial individu ketika diluar kerja.

  • Handoko (2001: 193)

Kepuasan kerja aykni ialah keadaan emosional yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan yang mana para karyawan memandang pekerjaan mereka. Kepuasan kerja mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaan yang pekerja jalani.

  • Robbins & Judge (2008: 107)

Menurut Mereka, Kepuasan kerja yakni ialah suatu perasaan positif mengenai pekerjaan seseorang yang merupakan hasil dari evaluasi karakteristiknya.

  • Davis (1995: 105)

Kepuasan kerja yakni ialah kepuasan pegawai terhadap pekerjaannya antara apa yang diharapkan pegawai dari pekerjaannya.

  • Luthans (2006: 243)

Kepuasan kerja yakni merupakan hasil dari persepsi karyawan mengenai seberapa baik pekerjaan mereka memberikan hal yang dinilai mereka penting.

  • T. Hani Handoko (2000: 193-194)

Kepuasan kerja yakni merupakan keadaan emosional yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan dengan para pekerja melihat pekerjaan mereka. Jangka waktu penyelesaian merupakan pencerminan perasaan seseorang terhadap pekerjaan yang jalani. Hal ini bisa dinilai dari sikap positif karyawan terhadap pekerjaan dan segala sesuatu di lingkungannya.

  • Brayfield dan Rothe (1951) dalam Istijanto (2006: 254)

Menurut mereka, Kepuasan kerja yakni merupakan tingkat ketika karyawan memiliki perasaan positif terhadap pekerjaan yang ditawarkan perusahaan pada tempatnya bekerja.

  • Setiawan dan Ghozali (2006: 159)

Menurur mereka, Kepuasan kerja yakni ialah kondisi yang menyenangkan atau secara emosional positif yang berasal dari penilaian seseorang atas pekerjaannya atau pengalaman atas pekerjaannya.

  • Newstrom

Kepuasan kerja merupakan perasaan mendukung atau tidak mendukung yang dialami oleh pekerja dalam menjalani pekerjaannya.

  • Mila Badriyah (2015)

Kepuasan kerja merupakan sikap atau perasaan karyawan terhadap aspek-aspek yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan tentang pekerjaan yang sesuai dengan penilaian dari masing-masing pekerja.

  • Wexley & Yuki (2003)

Menurut mereka, Kepuasan kerja yakni sebagai cara seseorang pekerja merasakan pekerjaannya.

  • Robert Hopped Newhope Pensyuania dalam Panji Anoraga (2001)

Kepuasan kerja menurut ialah penilaian dari pekerja yakni seberapa jauh pekerjaannya secara keseluruhan memuaskan kebutuhan seseorang pekerja.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :